Tentang Riset FEB UI

Unit Riset dan Pengabdian Masyarakat (RPM) FEB UI didirikan untuk  memenuhi peran serta dunia pendidikan tinggi dalam mendorong pembangunan. Salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi selain pendidikan dan penelitian adalah kegiatan Pengabdian dan Pelayanan kepada Masyarakat.

Sesuai dengan visi dan misi Universitas Indonesia (UI) untuk menjadi universitas riset kelas dunia, maka UI harus terus meningkatkan kegiatan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat. FEB UI sebagai salah satu fakultas di UI yang menyandang nama bangsanya, dituntut untuk senantiasa turut memikirkan dan membantu meningkatkan derajat kehidupan dan kesejahteraan masyarakat. Sejak mulai terbentuknya RPM di FEB UI telah banyak menjalankan kegiatan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat. Adanya berbagai perangkat keahlian dan bidang keilmuan yang di FEB UI diharapkan dapat berperan besar dalam melakukan berbagai kegiatan nyata sebagai pengamalan ilmu guna memenuhi kebutuhan Masyarakat.

Keberadaan unit RPM FEB UI diharapkan dapat dirasakan oleh para dosen, mahasiswa, unit, lembaga maupun departeman yang ada di lingkungan FEB UI serta masyarakat luas. Setiap kegiatan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh RPM FEB UI akan memenuhi prosedur standar serta berdasarkan pada manajemen P2M yang berkualitas dengan menjunjung tinggi profesionalisme, integritas, dan transparansi.

Roadmap Riset

Roadmap Riset dan Pengabdian Masyarakat (RPM) FEB UI dibagi menjadi 3 periode besar yang dinamis sebagaimana dapat dilihat pada gambar berikut :

Roadmap Penelitian FEB UI

    Gambar 1. Roadmap Penelitian FEB UI


  1. Periode 1 (2014-2019)

Pada periode 1, RPM FEB UI fokus pada usaha untuk meningkatkan jumlah publikasi dosen baik nasional dan internasional hingga 2 kali lipatnya. Gambar 3, 4 dan 5 menunjukkan bahwa perkembangan publikasi dosen FEB UI masih sangat jauh dari memadai bahkan cenderung fluktuatif. Berangkat dari fakta tersebut, dibutuhkan upaya serius untuk melakukan pembenahan internal. Kegiatan penelitian yang dilakukan oleh staf pengajar dan peneliti FEB UI sesungguhnya sudah cukup memadai. Hanya saja, penelitian-penelitian tersebut seringkali tidak tampil dalam bentuk artikel untuk publikasi di jurnal ilmiah nasional maupun internasional, sehingga untuk meningkatkan publikasi perlu dibuat sistematika sebagai berikut:

 Sistematika Peningkatan Publikasi

Gambar 2. Sistematika Peningkatan Publikasi

Selengkapnya (pdf)…à nama file: Roadmap Riset FEB UI

Leave a Reply