Struktur Organisasi

Struktur Pusat Administrasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) dipimpin oleh Dekan yang dibantu oleh tim eksekutif pimpinan yang terdiri dari 2 orang Wakil Dekan dan satu Sekretaris Pimpinan. Wakil Dekan 1 bertanggung jawab dalam bidang pendidikan, penelitian dan kemahasiswaan. sedangkan Wakil Dekan 2 bertanggung jawab dalam mengelola sumber daya, ventura dan administrasi umum. Sekretaris pimpinan bertanggung jawab mengelola hubungan masyarakat dan informasi publik, serta perencanaan strategis.

Tim Bidang12 dibentuk untuk membantu Wakil Dekan 1 dalam menjalankan tugasnya sehari-hari.  Tim ini terdiri dari  (1) Unit Pendidikan, (2) Unit Riset dan Pengabdian Masyarakat, (3) Pusat Kesejahteraan Kemahasiswaan, (4) Kantor Internasional, (5) Pusat Sumber Belajar Prof. Soemitro Djodjohadikusumo, (6) Unit Penjaminan Mutu Akademik dan (7) Komite Akreditasi Internasional.

Wakil dekan 2 dalam menjalankan tugasnya didukung oleh tim bidang 2 yang terdiri dari (1) Bidang umum yang mencakup Sub bidang Keuangan, Sumber Daya Manusia, Sistem Informasi, serta Fasilitas dan Infrastruktur, (2) Ventura,  Kerjasama,  Alumni,  (3) Career Development Center dan (4) Koordinator Unit Kerja Khusus (UKK) Pengabdian Masyarakat. Sedangkan Sekretaris Pimpinan dalam menjalankan fungsinya dibantu oleh tim yang terdiri dari Unit Hubungan Masyarakat, Unit Perencanaan dan Pengembangan, serta Unit Kearsipan.

Keseluruhan dari tim bidang 1, bidang 2 dan tim sekretaris pimpinan  yang membantu Dekan, para Wakil Dekan dan Sekretaris Pimpinan dalam menjalankan tugasnya ini dinamakan Pusat Administrasi Fakultas (PAF). Unit-unit di dalam PAF ini dikelola secara professional oleh para manajer, asisten manajer dan dibantu oleh tenaga administrasi kependidikan yang handal.

Departemen dan Program Studi [DF1]

Dalam mewujudkan visi untuk menjadi pusat pembelajaran ekonomi dan bisnis yang unggul di Asia sehingga berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia dan masyarakat global, FEB UI didukung oleh tiga departemen yakni ilmu ekonomi, manajemen dan akuntansi. Masing-masing departemen inilah yang mengkoordinir pelaksanaan kurikulum mulai dari jenjang sarjana, S2 hingga S3.

Departemen Ilmu Ekonomi

Departemen Ilmu Ekonomi membawahi:

  • Program Studi¬†S1 Reguler Ilmu Ekonomi
  • Program Studi¬†S1 Ekonomi Islam
  • Program Studi S2 Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik [MPKP]
  • Program Studi S2 Magister Ekonomi Kependudukan dan Ketenagakerjaan [MEKK]
  • Program Studi S2 Pascasarjana Ilmu Ekonomi [PPIE]
  • Program Studi S3 Pascasarjana Ilmu Ekonomi [PPIE]

Departemen Manajemen

Departemen Manajemen membawahi :

  • Program Studi¬†S1 Reguler Manajemen dan Ekstensi Manajemen
  • Program Studi S1 Bisnis Islam
  • Program Studi S2 Magister Management [MM]
  • Program Studi S2 Pascasarjana Ilmu Manajemen [PPIM]
  • Program Studi S3 Pascasarjana Ilmu Manajemen [PPIM]

Departmen Akuntansi 

Departemen Akuntasi membawahi:

  • Program Studi¬†S1 Reguler, Paralel dan Ekstensi Akuntansi
  • Program Studi S2 Magister Akuntansi/ PPAk
  • Program Studi S2 Pascasarjana Ilmu Akuntansi [PPIA]
  • Program Studi S3 Pascasarjana Ilmu Akuntansi [PPIA]

Selain program studi di bawah tiga Departemen yang sudah diatas, FEB UI juga memiliki Program lintas departemen, yaitu program Sarjana Kelas Khusus Internasional. Program internasional ini didirikan pada tahun 2004 dan telah memiliki beragam mitra Universitas di luar neger, antara lain di Australia, Belanda, Inggris, Jepang dan Korea Selatan.

Unit Kerja Khusus Pengabdian Masyarakat

Melengkapi pilar ke-3 pendidikan tinggi yakni pengabdian masyarakat, FEB UI saat ini memiliki 6 Unit Kerja Khusus di Bidang Pengabdian Masyarakat (UKK Pengmas) yang berfungsi untuk melakukan kajian akademik dan jasa konsultasi di bidang ekonomi, bisnis dan manajemen, serta pelatihan eksekutif yang dapat diakses oleh seluruh  masyarakat. UKK tersebut tersebut adalah (1) Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM), (2) Lembaga Management (LM), (3) Lembaga Demografi (LD), (4) Pusat Pengembangan Akuntansi (PPA), (5)  UKM Center, dan (6) Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah (PEBS).

Leave a Reply