Roadmap Pengembangan Riset FEB UI

Roadmap Riset dan Pengabdian Masyarakat (RPM) FEB UI dibagi menjadi 3 periode besar yang dinamis sebagaimana dapat dilihat pada gambar berikut :

Gambar 1. Roadmap Penelitian FEB UI

Periode 1 (2014-2019)

Pada periode 1, kegiatan-kegiatan riset telah dilakukan dengan fokus pada upaya untuk meningkatkan jumlah publikasi dosen baik pada tingkat nasional maupun internasional. Kegiatan penelitian yang dilakukan oleh dosen FEB UI sesungguhnya sudah cukup memadai. Hanya saja, penelitian-penelitian tersebut tidak selalu tampil dalam bentuk artikel untuk publikasi di jurnal ilmiah nasional maupun internasional, sehingga untuk meningkatkan publikasi tersebut perlu dilakukan upaya diantaranya penguatan pendanaan, pengembangan kompetensi penelitian, pengembangan jejaring penelitian kolaborasi dan perluasan akses publikasi terhadap jurnal-jurnal unggulan yang menjadi sasaran bagi para peneliti untuk dapat mempublikasikan hasil risetnya. Hal ini telah dilakukan pada peride 1 dan dampaknya sangat terasa dalam peningkatan publikasi penelitian pada beberapa tahun ini sebagaimana terlihat pada grafik capaian hasil penelitian FEB UI. Meskipun demikian langkah-langkah strategis selanjutnya perlu dilakukan untuk semakin meningkatkan dan memperkuat hasil publikasi penelitian FEB UI di kancah nasional maupun internasional.

Periode 2 (2020-2025)

Setelah mengalami perkembangan publikasi yang menggembirakan, langkah strategis berikutnya yang perlu dilakukan oleh FEB UI adalah semakin meningkatkan dan memperkuat hasil publikasi penelitian FEB UI di kancah nasional maupun internasional. Sebagai upaya untuk mengimplementasikan langkah strategis tersebut, pada tahun 2020 FEB UI mulai membentuk klaster-klaster riset yang dapat menjadi wadah kolaborasi bagi para dosen di dalam melakukan penelitian yang mendukung terciptanya knowledge sharing, pengembangan jejaring baik di dalam maupun di luar negeri, serta penyatuan seluruh potensi dan kekuatan, sehingga terbentuklah research culture yang dinamis dan terus berkembang dilingkungan FEB UI.

Pada tahun 2021 telah terbentuk 19 klaster riset di 3 departemen yang terdiri dari XX anggota, dan secara aktif melakukan kegiatan riset, pengembangan kompetensi riset, publikasi ilmiah dan diseminasi hasil riset. Tidak hanya bergerak dilingkungan internal, klaster-klaster riset ini juga didorong untuk dapat melakukan berbagai kolaborasi dengan pihak luar negeri, khususnya Asia yang menjadi fokus pada saat ini (tahun 2021).    

Periode 3 (2020-2025)

Dengan berkembangnya 19 klaster riset yang telah terbentuk di FEB UI, diharapkan pada periode 3 research culture yang dinamis telah berkembang FEB UI, kompetensi penelitian dan kepakaran bidang ilmu pun turut berkembang, merata dan semakin dalam.  Pada periode ini diharapkan semakin banyak periset-periset unggul yang tampil dari FEB UI, tidak hanya pada skala nasional, namun juga regional dan internasional yang dapat memberikan kontribusi signifikan pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu meningkatkan kesejahteraan dan daya saing bangsa.

Informasi

Unit RPM dibuka setiap hari Senin ‚Äď Jumat pukul jam 07:00 dan 20:00, kecuali hari libur.

Divisi Riset dan Pengabdian Masyarat

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Kampus UI Depok
Depok, Jawa Barat, Indonesia, 16424

Phone: +62 21 - 727 2425, 727 2646 Fax     : +62 21 - 727 0024
Email : mediacenter.feb@ui.ac.id