Program Studi S1 Ilmu Ekonomi didirikan untuk memenuhi kebutuhan pemerintah dan swasta akan tenaga analis ekonomi baik untuk kajian makroekonomi maupun mikroekonomi. Lulusan Program Studi Ilmu Ekonomi dapat bekerja sebagai analis ekonomi di perusahaan ataupun institusi penelitian, bankir, pegawai pemerintahan, tenaga advokasi lembaga swadaya masyrakat (LSM), ataupun melanjutkan studi untuk menjadi akademisi.

Program Studi Sarjana Reguler Imu Ekonomi Islam memiliki Akreditasi Tertinggi A dengan No. SK BANPT SK No: 6715/SK/BAN-PT/AKRED/S/X/2020.

Visi

Menjadi pusat pembelajaran ekonomi Islam yang bereputasi baik di Asia sehingga berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia dan masyarakat global.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan Ekonomi Islam yang berkualitas tinggi, kontekstual, dan sejalan dengan perkembangan ilmu ekonomi Islam di dunia
  • Menghasilkan sarjana Ekonomi Islam yang berdaya saing dalam hal penguasaan teori dasar ekonomi konvensional dan ekonomi Islam, analisis empiris, dan keterampilan komunikasi
  • Menghasilkan lulusan yang memahami nilai-nilai Islam, serta memiliki tanggung jawab sosial dan mampu menghadapi perubahan lingkungan global

Profil Lulusan

Profil lulusan program studi ilmu ekonomi Islam adalah menjadi sarjana ekonomi yang memiliki kemampuan dalam menganalisa kebijakan ekonomi dan fenomena di masyarakat sesuai dengan moral dan hukum Islam (shari’ah compliance) dalam konteks Indonesia dan kekinian dengan mengutamakan sikap, karakter unggul, serta sensitivitas dan empati sosial guna meningkatkan kualitas hidup dan daya saing di dunia internasional. Oleh karena itu, diharapkan sarjana dari program studi ini memiliki kemampuan-kemampuan sebagai berikut:

    1. Mampu mengikuti perkembangan terkini dalam bidang ilmu ekonomi Islam serta keterampilan di bidang keahliannya.
    2. Mampu menggunakan konsep, teori, dan variabel/indikator ekonomi yang relevan dalam perspektif ekonomi Islam untuk memahami dan menjelaskan fenomena ekonomi di masyarakat.
    3. Mampu melakukan riset yang terintegrasi antara ilmu ekonomi konvensional dan ekonomi Islam untuk membantu merumuskan cara penyelesaian masalah ekonomi masyarakat dengan ketentuan syariah.
    4. Mampu bekerja sama di dalam masyarakat dan mampu menerapkan ilmu ekonomi Islam untuk kegiatan-kegiatan bersifat produktif dan kontributif kepada masyarakat, dengan tetap mengedepankan sifat religius dan humanis, etika dan moral yang universal dan integritas yang tinggi.

Tiga kompetensi utama profil lulusan program studi ilmu ekonomi Islam adalah sebagai berikut:

    1. Kemampuan Bidang Kerja
      1. Mampu memahami konsep dan aplikasi ekonomi dan keuangan Islam dan dapat menggunakannya untuk memformulasi solusi untuk masalah yang terjadi dalam masyarakat dalam tataran prosedural
    2. Pengetahuan yang Dikuasai
      1. Mampu memahami konsep dan aplikasi ekonomi dan keuangan Islam dan dapat menggunakannya untuk memformulasi solusi untuk masalah yang terjadi dalam masyarakat dalam tataran prosedural
    3. Kewenangan dan Tanggung Jawab
      1. Mampu memahami arah perekonomian dan perkembangan ekonomi Islam baik di tingkat nasional, regional, maupun global dan mampu mengungkapkan secara baik dan benar dalam rangka memberikan solusi atau masukan terhadap kasus tertentu yang terjadi di masyarakat
      2. Dapat mempertanggung jawabkan pekerjaan sendiri dan mampu diberikan tanggung jawab dalam mencapai tujuan organisasi

Kurikulum

Dimulai dari angkatan 2020, Prodi Ilmu Ekonomi Islam FEB UI menerapkan kurikulum kampus merdeka dengan struktur matakuliah sebagai berikut:

No

Kelompok Mata Kuliah

Kurikulum Merdeka

1.

Wajib Universitas

9

2.

Wajib Rumpun

0

3.

Wajib Fakultas

32

4.

Wajib Prodi

63

5.

Pilihan

34

6.

Tugas Akhir **)

– Skripsi, atau

– Magang, atau

– Studi Mandiri + 1 MK Pengganti Tugas Akhir

6

Jumlah SKS

144

Dengan struktur persemester dengan tujuan sebagai berikut:

Detail matakuliah persemester adalah sebagai berikut:

Informasi :

Gedung B Lt 1 FEB UI
Kampus UI Depok
Kota Depok, Jawa Barat 16424

Telepon : (021) 7863424,72722425, ext : 701
Fax.        : (021) 7863423

Website : https://islamicecon.feb.ui.ac.id

Informasi

Humas Media Center FEB UI

Gedung Dekanat Lt. 3
Kampus UI Depok

+6221 – 727 2425 & 727 2646 ext : 180
mediacenter.feb@ui.ac.id

Senin – Jumat 09:00 – 15:00 WIB

Hubungi Kami

pENERIMAAN MAHASISWA BARU

Informasi jalur penerimaan dan jadwal penerimaan mahasiswa, serta pendaftaran online calon mahasiswa baru selengkapnya dapat diakses melalui tautan-tautan berikut.

Informasi Pendaftaran


Informasi Jalur Penerimaan