Program Ekstensi FEB UI didirikan pada tahun 1956. Keberadaan program ini sangat diperlukan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dalam rangka pendidikan berkelanjutan (lifetime education), terutama bagi kalangan professional dan eksekutif muda yang penuh dedikasi menyempurnakan studinya pada jenjang strata 1 (S1) bidang Manajemen dan Akuntansi.

 

Saat ini penyelenggaraan Program Ekstensi Manajemen telah diintegrasikan dengan S1 Reguler Manajemen  FEB UI baik berupa standardisasi kurikulum, maupun akademik. Oleh karena itu,  itu, sejalan dengan Program Studi S1 Reguler Manajemen FEB UI, Program Ekstensi juga bertujuan untuk menghasilkan sarjana yang mampu menjalankan proses manajemen pada lini pertama dalam perusahaan/organisasi atau profesi dalam bidang Manajemen, memiliki jiwa kewirausahaan, mampu bekerjasama dan menerapkan nilai-nilai universal (etika) untuk meningkatkan daya saing bangsa di dunia Internasional, sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Program Studi Sarjana Ekstensi Manajemen  memiliki Akreditasi Nasional, dengan Peringkat (Nilai) Akreditasi Terakhir :  A, Skor 374 dari 400 (Sangat Baik) dengan Nomor SK BAN-PT: 0632/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2016.

VISI

Menjadi pusat pembelajaran manajemen dan bisnis jenjang sarjana yang bereputasi baik di Asia sehingga berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia dan masyarakat global.

MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan manajemen dan bisnis yang beretika, bermutu Tinggi, dan Berstandar Internasional.
  • Menghasilkan Lulusan yang Memiliki Landasan Pengetahuan Dasar Manajemen Bisnis Dengan Wawasan Global.
  • Mampu Merealisasikan Konsep Serta Berkontribusi Bagi Tempatnya Berkarya.

Peminatan

Peminatan di Program Ekstensi Manajemen terdiri dari:

1. Manajemen Keuangan

Peminatan Manajemen Keuangan di desain untuk mempersiapkan mahasiswa berkarir di bidang manajemen keuangan dengan mengembangkan penguasaan pengetahuan manajemen keuangan terkini dan mampu mengaplikasikan kompetensinya dalam praktek. Peminatan ini cocok bagi mahasiswa yang berminat menempati posisi yang menangani analisis pasar, arus kas dan investasi, penganggaran dan pasar modal.

2. Manajemen Pemasaran

Peminatan Manajemen Pemasaran di desain untuk memberikan pengetahuan mengenai pengelolaan program-program pemasaran dan peran pemasaran pada aktivitas bisnis serta mempersiapkan mahasiswa berkarir di bidang manajemen pemasaran dengan mengembangkan penguasaan pengetahuan manajemen pemasaran terkini dan mampu mengaplikasikan kompetensinya dalam praktek. Peminatan ini cocok bagi mahasiswa yang berminat menduduki posisi yang menangani riset pemasaran, iklan dan promosi, perencanaan merek, sales dan distribusi dan sebagai konultan pemasaran; memberikan pengetahuan mengenai pengelolaan program pemasaran perusahaan dan peran pemasaran pada aktivitas bisnis.

3. Manajemen Sumber Daya Manasia & Organisasi

Peminatan Manajemen SDM & Organisasi di desain untuk memberikan pengetahuan mengenai pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam organisasi bisnis/perusahaan yang terus berkembang, baik skala lokal maupun global; serta mempersiapkan mahasiswa agar mampu mengimplementasikan ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia dalam kegiatan organisasi bisnis/perusahaan atau berkarir di bidang manajemen SDM & Organisasi dengan mengembangkan penguasaan pengetahuan manajemen SDm & Organisasi terkini dan mampu mengaplikasikan kompetensinya dalam praktek. Peminatan ini cocok bagi mahasiswa yang berminat menempati posisi yang bertanggungjawab atas pengaturan rekrutmen dan seleksi, pelatihan dan pengembangan, jenjang karir dan pengembangan karir, hubungan dengan serikat pekerja dan sebagai konsultan SDM.

4. Manajemen Operasi

Peminatan Manajemen Operasi di desain untuk memberikan pengetahuan mengenai pengelolaan segala aktivitas yang terkait dalam proses transformasi input hingga menjadi output secara optimal serta mempersiapkan mahasiswa berkarir di bidang manajemen operasi dengan mengembangkan penguasaan pengetahuan manajemen operasi terkini dan mampu mengaplikasikan kompetensinya dalam praktek. Peminatan ini cocok bagi mahasiswa yang berminat menduduki posisi yang bertanggungjawab atas supply chain, manajemen proyek, proses produksi, penjaminan kualitas serta sebagai konsultan manajemen operasi.

*) Mahasiswa juga diperbolehkan untuk mengambil jalur umum dengan tidak memilih salah satu dari empat peminatan yang disebutkan di atas.

Lama Studi

Mahasiswa ekstensi dapat menempuh studinya paling cepat selama 5 Semester (2,5 Tahun) hingga maksimal paling lama 10 Semester (5 Tahun). Kemampuan mahasiswa ekstensi dalam menyelesaikan masa studinya ditentukan oleh prestasi akademik masing-masing mahasiswa serta banyaknya jumlah SKS yang diakui dalam Blok Transfer Kredit oleh Program Ekstensi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia.

Kurikulum

Berdasarkan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 mengenai Standar Nasional Pendidikan Tinggi, maka Perguruan Tinggi wajib memfasilitasi hak bagi mahasiswa untuk (1) dapat mengambil SKS di luar Perguruan Tinggi paling lama 2 Semester atau setara dengan 40 SKS dan (2) dapat mengambil SKS di program studi yang berbeda di perguruan tinggi yang sama sebanyak 1 semester atau setara dengan 20 SKS. Hal ini kemudian disebut dengan “Merdeka Belajar”, dimana Universitas Indonesia telah mewajibkan hal ini untuk program S1 Akademik. Dalam kurikulum merdeka belajar ini akan terdiri atas Mata Kuliah Wajib sebagai prasyarat Capaian Pembelajaran minimum Program Studi.

Proses pembelajaran yang diterapkan di Program Ekstensi Manajemen FEB-UI adalah kombinasi antara kuliah dan partisipasi mahasiswa. Partisipasi mahasiswa bisa berbentuk diskusi kelas, penugasan penyusunan makalah/proyek baik individu maupun kelompok dan presentasi kelas. Sesuai dengan KBK maka pendekatan yang dilakukan adalah Student Centered Learning (SCL) dimana penekanan ada pada mahasiswa yang harus lebih aktif di kelas.

Guna menambah wawasan mahasiswa, dosen didorong untuk mengundang dosen tamu yang berasal dari praktisi sebanyak maksimum sebanyak 2 kali sepanjang semester. Pengajuan nama dosen tamu dilakukan oleh dosen mata ajaran dan ditujukan ke pimpinan program untuk disetujui.  Mahasiswa kemudian diminta untuk membuat resume atas apa yang diperoleh dari dosen tamu untuk menjamin kehadiran dan partisipasi mahasiswa.

Selama ini mata ajaran yang bersifat kuantitatif seperti manajemen keuangan, praktikum riset, serta metode riset, dilengkapi dengan kuliah asistensi atau praktek laboratorium komputer dengan jadwal perkuliahan tersendiri.

Profil Lulusan

  • Memiliki Integritas (etika dan moral)
  • Memiliki Keahlian berdasarkan bidang ilmu (profesionalisme)
  • Memiliki keluasan wawasan antar disiplin ilmu
  • Memiliki jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan
  • Memiliki Pengembangan diri yang baik
  • Mampu memahami aspek manajemen fungsional yang menjadi spesialisnya
  • Mampu membuat rencana bisnis ditengah kondisi ekonomi yang berbeda-beda
  • Mampu merumuskan solusi permasalahan aspeksional dalam bisnis sesuai metodologi yang benar
  • Mampu berkomunikasi dan bekerja sama dalam tim

Profil lulusan dilihat dari indeks prestasinya terlihat dalam table. Indeks Prestasi merupakan alat ukur terhadap hasil studi mahasiswa dalam perkuliahan. Indeks Prestasi dihitung setiap akhir semester yang terdiri dari Indeks Prestasi Semester (IPS) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). IPS antara lain digunakan untuk menentukan jumlah SKS yang akan diambil di semester berikut. IPK dan jumlah matakuliah yang ditempuh lulus digunakan untuk evaluasi putus studi. Selain itu IPK juga digunakan untuk menentukan predikat kelulusan pada akhir masa studi. IPK minimum untuk program sarjana adalah 2,00 (dua koma nol).  Berikut datanya:

Informasi :

Program Ekstensi FEB UI
Kampus UI Depok
Kota Depok, Jawa Barat 16424

Telepon : (021) 7863571, 788867387,  7272646
Fax. : (021) 7863559, 7272646

Kampus Salemba
Jl. Salemba Raya No.4 Jakarta 10430
Telepon: 31930260, 31930262, 31935080
Fax : 3103695

Informasi

Humas Media Center FEB UI

Gedung Dekanat Lt. 3
Kampus UI Depok

+6221 – 727 2425 & 727 2646 ext : 180
mediacenter.feb@ui.ac.id

Senin – Jumat 09:00 – 15:00 WIB

Hubungi Kami

pENERIMAAN MAHASISWA BARU

Informasi jalur penerimaan dan jadwal penerimaan mahasiswa, serta pendaftaran online calon mahasiswa baru selengkapnya dapat diakses melalui tautan-tautan berikut.

Informasi Pendaftaran


Informasi Jalur Penerimaan