Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi (PPIE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyelenggarakan Program Magister pada bidang Ilmu Ekonomi, berdasarkan ijin operasional SK Dirjen Dikti No. 577/DIKTI/Kep/1993 tentang Pengesahan Penyelenggaraan Program Studi Magister dan Doktor di Universitas Indonesia. Program Magister pada bidang Ilmu Ekonomi ini berhasil mempertahankan status akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang berlaku hingga 26 September 2022.

Visi

Menjadi pusat pembelajaran Ilmu Ekonomi jenjang magister yang bereputasi baik di tingkat nasional dan di Asia sehingga berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia dan masyarakat global.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan Ilmu Ekonomi yang berkualitas tinggi, kontekstual, dan sejalan dengan perkembangan Ilmu Ekonomi di dunia;
  • Berkontribusi dalam menghasilkan penelitian bidang ekonomi yang berkualitas dengan landasan kerangka teoretis dan metode empiris yang tepat dan terkini;
  • Menghasilkan lulusan yang berdaya saing dalam penelitian bidang ekonomi dengan memperhatikan aspek perubahan global, etika dan tanggung jawab sosial.

Peminatan

Ekonomi Moneter dan Keuangan

Bidang kekhususan ini mengkaji secara khusus kinerja sektor moneter dan pasar uang dalam kaitannya dengan sistem perekonomian secara keseluruhan untuk mempengaruhi kesempatan kerja, output, inflasi dan neraca pembayaran, dengan fokus umumnya pada penentuan tingkat suka bunga dan nilai tukar. Mata kuliah peminatan wajib: Ekonomi Moneter dan Ekonomi Keuangan.

Ekonomi Internasional

Bidang kekhususan ini mengkaji pengaruh perbedaan sumber daya dan preferensi konsumen antar negara dan peran kelembagaan internasional terhadap kegiatan ekonomi di suatu negara dan mencoba menjelaskan pola dan konsekuensi dari transaksi dan interaksi di bidang perdagangan dan investasi antar negara yang mempengaruhi aliran barang dan jasa keluar atau masuk ke suatu negara. Mata kuliah peminatan wajib: Perdagangan Internasional dan Keuangan Internasional

Ekonomi Regional dan Perkotaan

Bidang kekhususan ini mengkaji permasalahan di suatu wilayah khususnya perkotaan, sepertiĀ  masalah kepadatan, lokasi, transportation, migrasi, penggunaan tanah, lingkungan, dengan menggunakan ilmu ekonomi yang memperhatikan dimensi spasial untuk memahami proses ekonomi yang melatarbelakangi perkembangan wilayah perkotaan dan daerah sekitarnya. Mata kuliah peminatan wajib: Ekonomi Regional dan Ekonomi Perkotaan.

Ekonomi Publik

Bidang kekhususan ini mengkaji peranan sektor publik untuk meningkatkan pertumbuhan, kesejahteraan sosial, efisiensi dan pemerataan dalam perekonomian melalui kebijakan anggaran penerimaan dan pengeluaran dan kebijakan publik lainnya. Mata kuliah peminatan wajib: Ekonomi Publik dan Keuangan Publik.

Ekonomi Industri

Bidang kekhususan ini mengkaji perilaku perusahaan, industri, dan pasar untuk memahami topik seperti penentuan tingkat kapasitas berproduksi, output dan harga, keputusan terhadap diferensiasi produk, investasi dalam kegiatan penelitian dan pengembangan, perilaku industri yang ditunjukkan misalnya dengan tingkat kompetisi pasar, dan pengaruh kebijakan dan regulasi terhadap tingkat kompetisi pasar. Mata kuliah peminatan wajib: Organisasi Industri 1 dan Organisasi Industri 2.

Ekonomi Tenaga Kerja

Bidang kekhususan ini mengkaji fungsi dan dinamika pasar tenaga kerja, utamanya tenaga kerja yang menerima upah, dengan menganalisis interaksi antara pekerja dan pemberi kerja dan memahami keterkaitannya dengan kondisi upah, kesempatan kerja, dan pendapatan yang terjadi. Mata kuliah peminatan wajib: Ekonomi Tenaga Kerja 1 dan Ekonomi Tenaga Kerja 2.

Ekonomi Pembangunan

Bidang kekhususan ini mengkaji berbagai aspek ekonomi dalam proses pembangunan di negara berpendapatan rendah yang dapat mendorong pembangunan ekonomi, pertumbuhan, perubahan struktural, dan pengembangan kualitas penduduk dalam hal kesehatan dan pendidikan, untuk tujuan menentukan kebijakan dan strategi pembangunan pada tingkat domestik atau internasional. Mata kuliah peminatan wajib: Ekonomi Pembangunan dan Analisis Kuantitatif untuk Ekonomi Pembangunan.

Tujuan Profil Lulusan

Program S2 Ilmu Ekonomi bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu memilih teori ekonomi, metode empiris terkini, dan menggunakan teknologi berbasis IPTEK untuk digunakan dalam mengevaluasi permasalahan sosial dan ekonomi secara ilmiah melalui pendekatan inter atau multidisipliner dan mengelola riset ilmu ekonomi sehingga mampu menghasilkan karya ilmiah yang inovatif dan teruji dan mampu berdaya saing dalam penelitian bidang ekonomi dengan memperhatikan aspek perubahan global, etika dan tanggung jawab sosial sehingga bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan serta mampu mendapatkan pengakuan nasional dan/atau internasional.

Beban Studi

Penyelenggaraan program studi mengikuti Peraturan Rektor UI Nomor 2 Tahun 2021. Kurikulum Program Studi Magister Ilmu Ekonomi memiliki beban studi 40 SKS, terdiri dari 34 SKS perkuliahan dan 6 SKS penelitian yang dirancang untuk 4 semester secara penuh waktu. Masa studi maksimal adalah 6 semester.

Kredit perkuliahan

Pada program dalam negeri, perkuliahan terdiri dari mata kuliah wajib program studi dan fakultas sebanyak 31 SKS dan mata kuliah pilihan/peminatan 9 SKS. Mata kuliah wajib program studi ditujukan untuk membentuk kompetensi utama, terdiri dari mata kuliah Teori Ekonomi Makro, Teori Ekonomi Mikro, Matematika Ekonomi, Ekonometrika, Metodologi Penelitian, Proposal Penelitian dan Penulisan Naskah Akademik. Mata kuliah pilihan/peminatan dikelompokkan ke dalam 7 bidang peminatan. Setiap mahasiswa harus memilih 3 matakuliah pilihan yang terdapat di dalam 7 bidang peminatan, salah satunya harus diambil dari program studi magister PPIE. Sedangkan pada programĀ joint degree, perkuliahan terdiri dari mata kuliah wajib program studi 24 SKS dan mata kuliah pilihan/peminatan 6 SKS. Seluruh mata kuliah diambil pada kelas berbahasa Inggris.

Program Dalam Negeri dan Program Joint Degree

Mahasiswa program dalam negeri mengambil semua kredit di Universitas Indonesia. Mahasiswa programĀ joint degreeĀ mengambil sebagian kredit di Universitas Indonesia dan sebagian di universitas mitra. Program dalam negeri dirancang untuk 4 semester di UI, sedangkan programĀ joint degreeĀ dirancang untuk 2 semester di UI dan 2 semester di universitas mitra asing (overseas).

Mahasiswa programĀ joint degreeĀ akan berstatus aktif di UI pada semester 1 dan 2, kemudian berstatusĀ overseasĀ pada semester 3 dan 4. Karena adanya perbedaan kalender akademik antara UI dan universitas mitra asing, maka beberapa mahasiswa programĀ joint degreeĀ berstatusĀ overseasĀ sampai dengan semester 5.

Info Kerjasama

Informasi :

Gedung Pascasarjana ā€“ FEB UIĀ Kampus UI Depok
Telp Ā : +62 21 7888 0746/47, 727 0164
Fax Ā : +62 21 7888 0745
HPĀ Ā  : +628111990729
Email : graduate.econ.feb@ui.ac.id

Web : http://ppie.feb.ui.ac.id/

Informasi

Humas Media Center FEB UI

Gedung Dekanat Lt. 3
Kampus UI Depok

+6221 ā€“ 727 2425 & 727 2646 ext : 180
mediacenter.feb@ui.ac.id

Senin – Jumat 09:00 – 15:00 WIB

Hubungi Kami

pENERIMAAN MAHASISWA BARU

Informasi jalur penerimaan dan jadwal penerimaan mahasiswa, serta pendaftaran online calon mahasiswa baru selengkapnya dapat diakses melalui tautan-tautan berikut.

Informasi Pendaftaran


Informasi Jalur Penerimaan