Kuliah di FEB UI

SEKILAS TENTANG FEB UI

FEB UI adalah kampus yang modern, dinamis, dan bersahabat sebagai tempat menempa ilmu bagi calon-calon pemimpin bangsa. FEB UI berlokasi di dua tempat, yakni kampus Widjojo Nitisastro Depok dan Kampus Sumitro Djojohadikusumo Salemba. FEB UI berkomitmen penuh dalam memberikan pelayanan prima bagi setiap proses pengajaran pendidikan tinggi yang didukung fasilitas lengkap dan memadai serta pengajar yang kompeten di bidangnya.

FEB UI berdiri sejak 18 September 1950 dan menjadikan FEB UI sebagai salah satu Fakultas Ekonomi tertua di Indonesia. FEB UI memiliki 3 program utama perkuliahan, yaitu Program Sarjana (S1), Program Magister dan Program Pascasarjana S2, serta Program Pascasarjana Doktoral (S3). Terdapat 3 Departemen di FEB UI, yaitu Departemen Ilmu Ekonomi, Departemen Manajemen dan Departemen Akuntansi. Departemen Ilmu Ekonomi membawahi program studi S1 Ilmu Ekonomi, Program Studi Pascasarjana Ilmu Ekonomi, dan Program Studi Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik. Departemen Manajemen membawahi Program Studi S1 Manajemen, Program Studi S1 Manajemen Ekstensi, Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen, dan Program Studi Magister Manajemen.

Departemen Akuntansi membawahi Program Studi S1 Akuntansi, Program Studi S1 Akuntansi Ekstensi, Program Studi Magister Akuntansi, Program Profesi Akuntansi, dan Program Studi Pascasarjana Ilmu Akuntansi. Selain itu FEB UI juga memiliki Program Studi S1 Kelas Khusus Internasional, Program studi S1 Ilmu Ekonomi Islam dan Program Studi Bisnis Islam.

Dengan pengalaman lebih dari 60 tahun, saat ini FEB UI telah tumbuh dan berkembang menjadi salah satu institusi pendidikan terkemuka dan ternama di Indonesia. FEB UI selalu berhasil menjaring para mahasiswa terbaik dari seluruh Indonesia dan secara konsisten mampu menghasilkan lulusan-lulusan pendidikan tinggi terbaik di Indonesia.

Para mahasiswa FEB UI telah membuktikan keunggulannya dalam berbagai kompetisi dengan secara konsisten berhasil meraih berbagai gelar juara tingkat nasional dan dunia, diantaranya adalah juara nasional dan dunia Kompetisi Bisnis Trust by Danone, juara nasional dan dunia Kompetisi L’Oreal Brandstorm, juara nasional CFA Indonesia Investment Research Challenge.

Alumni FEB UI yang tersebar di berbagai bidang dikenal luas memiliki kompetensi yang tinggi dan telah terbukti berhasil mencapai posisi tinggi pada berbagai institusi swasta, lembaga dan badan negara serta di pemerintah, FEB UI juga senantiasa turut memberikan sumbangan pemikiran bagi kemajuan bangsa, khususnya dalam bidang ekonomi, akuntansi, dan manajemen.

Keberhasilan FEB UI di tataran nasional menjadi pemicu untuk terus meningkatkan kualitas dan prestasinya di tataran internasional. Bertambahnya jumlah riset dan publikasi ilmiah dalam jurnal internasional, membuktikan kapasitas FEB UI sebagai fakultas riset Sebagai bagian dari Universitas Indonesia yang memiliki visi menjadi World Class University, FEB UI juga telah melakukan berbagai langkah untuk menjadi world class economic and business faculty.

S1 Reguler Ilmu Ekonomi

Dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dan keahlian analisis ekonomi, baik makro maupun mikro, untuk memenuhi kebutuhan analitis maupun penelitian pada institusi pemerintahan, lembaga penelitian, perbankan dan pasar modal, sektor swasta, industri, dan lembaga swadaya masyarakat.

Karir :

Akademisi, analis ekonomi, bankir, pegawai pemerintah, LSM, institusi penelitian, institusi pendidikan, sektor swasta.

website : http://econ.fe.ui.ac.id/

S1 Reguler Manajemen

Dirancang untuk membekali para lulusan dengan seperangkat kemampuan dan keahlian bidang keuangan, pemasaran, sumber daya manusia dan organisasi, serta operasi, sehingga memiliki kualikasi untuk menempati beragam jenjang karir di bidang manajemen, baik sektor swasta maupun sektor lainnya.

Karir :

Bidang Keuangan dan Investasi :

Analisis pasar, arus kas dan investasi, penganggaran dan pasar modal.

Bidang Pemasaran :

Riset pemasaran, iklan dan promosi, perencanaan merk, sales dan distribusi, konsultan pemasaran.

Bidang Sumber Daya Manusia ( SDM ):

Pengaturan rekrutmen dan seleksi pegawai, pelatihan dan pengembangan, hubungan dengan serikat pekerja, konsultan SDM.

Bidang Operasi :

Bidang yang terkait supply chain, manajemen proyek, proses produksi, penjaminan kualitas, konsultan manajemen operasi.

website : http://management.fe.ui.ac.id/

S1 Reguler/Paralel Akuntansi

Dirancang untuk menghasilkan akuntan profesional yang mempunyai keahlian dan pengetahuan umum di bidang akuntansi dan bisnis terkait. Namun kurikulum member pilihan kepada mahasiswa untuk mengambil mata kuliah pilihan sesuai spesialisasi karir yang akan ditekuninya setelah lulus.

Karir :

Akuntan publik, akuntan manajemen, konsultan manajemen/pajak, internal auditor/ management control, perpajakan, information system user, akuntan sektor publik, akuntan syariah, akuntan pendidik.

website :  http://accounting.fe.ui.ac.id/

 

S1 Ekstensi

Program Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (PE-FEU) menyelenggarakan pendidikan lanjutan S1 di bidang Manajemen dan Akuntansi bagi lulusan Diploma-III, Diploma-IV, Sarjana (S1).

 

S1 Kelas Khusus Internasional (KKI)

Program ini dimaksudkan untuk mencetak lulusan dengan kompetensi internasional di bidang ekonomi, manajemen, dan akuntansi yang berwawasan internasional dan memiliki pengalaman dan pengetahuan lintas budaya.

Ada 2 pilihan program, yaitu:

1. Program Dual Degree

Menyelesaikan 2 tahun perkuliahan di FEB UI dan 2 tahun di universitas partner. Lulusan program ini akan memperoleh gelar ganda, yaitu SE dari FEB UI dan B.Comm (Bachelor of Commerse) dari universitas partner.

2. Program Single Degree

Menyelesaikan 3 tahun perkuliahan di FEB UI dan 1 tahun di universitas di luar negeri yang mempunyai reputasi yang baik. Lulusan program ini akan memperoleh gelar SE dari FEB UI.

S1 Reguler Program Studi Ilmu Ekonomi Islam (IEI)

Dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan analisis ekonomi yang berlandaskan pada religious worldview and vision, yang diderivasikan dari Al-Qur’an dan Hadits. Lulusan program IEI akan memiliki kompetensi dalam memahami dan menjelaskan fenomena ekonomi di masyarakat dengan menggunakan konsep, teori, dan instrument ekonomi Islam, mampu memahami arah perekonomian dan perkembangan ekonomi Islam baik ditingkat nasional, regional maupun global, melakukan riset terintegrasi antara ilmu ekonomi konvensional dan ilmu ekonomi Islam serta mampu mengikuti perkembangan baru dalam bidang ekonomi Islam.

website : http://islamicecon.fe.ui.ac.id/

S1 Reguler Program Studi Bisnis Islam (BI)

Dirancang untuk menghasilkan lulusan dengan seperangkat kemampuan dan keahlian bisnis, baik di bidang keuangan, pemasaran, dan sumber daya manusia yang berlandaskan pada religious worldview and vision yang diderivasikan dari Al-Qur’an dan Hadits dan sekaligus rasionalitas bisnis.

Lulusan program studi BI akan memiliki kompetensi dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajemen di lini pertama perusahaan/organisasi sesuai dengan etika dan aturan Islam, mampu menerapkan bisnis dan keuangan Islam, dan mampu memahami dan menjelaskan fenomena bisnis dan keuangan dengan menggunakan konsep, teori dan instrumen bisnis dan keuangan Islam.

Karir :

Industri keuangan dan perbankan syariah, asuransi syariah (takaful), pasar modal syariah serta industri syariah di sektor riil, seperti industri halal dan sektor ketiga, yaitu organisasi pengelola zakat dan wakaf. Lulusan program studi IEI juga dapat berkarir di sektor publik seperti Kementerian, Bank Indonesia, OJK serta sebagai akademisi, peneliti dan konsultan.

website : http://islamicecon.fe.ui.ac.id/

Tempat Perkuliahan :

1. S1 Reguler/Paralel dan KKI

Perkuliahan dilaksanakan di Kampus Widjojo Nitisastro, Depok

2. Ekstensi

Perkuliahan dilaksanakan di Kampus Widjojo Nitisastro – Depok dan Kampus Sumitro Djojohadikusumo – Salemba.

Leave a Reply