Hibah UI / DIKTI

Hibah UI/DIKTI

Hibah Internal UI

Pada tahun 2016 – 2018 Universitas Indonesia menyelenggarakan skema hibah Publikasi Internasional Terindeks untuk Tugas Akhir Mahasiswa UI (PITTA). Pada tahun 2019, skema Hibah dibedakan berdasarkan rumpun ilmu, untuk Rumpun Sains dan Teknologi terdapat skema PITTA A dan B, untuk Rumpun Sosial Humaniora terdapat skema Publikasi Internasional Terindeks Mahasiswa Doktor (PITMA A) dan Publikasi Internasional Terindeks Mahasiswa Master (PITMA B). Di tahun 2020, skema hibah Publikasi Terindeks Internasional (PUTI) dibuat berdasarkan luaran artikel yaitu:

Panduan lengkap seluruh program Hibah Riset UI dapat dilihat pada https://research.ui.ac.id/research/

Hibah Eksternal UI

a. Hibah Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)

Pendanaan yang berasal dari Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) saat ini dikelola oleh DITLITABMAS (Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat). DITLITABMAS mendorong dan memfasilitasi dosen di seluruh perguruan tinggi di Indonesia untuk melakukan penelitian dan pengabdian terhadap masyarakat baik tingkat nasional maupun tingkat internasional.

Program penelitian yang diselenggarakan oleh Kemenristek-BRIN untuk dosen di perguruan tinggi meliputi 3 kategori yaitu Penelitian Kompetitif Nasional, Penelitian Desentralisasi, dan Penelitian Penugasan. Masing-masing kategori terdiri atas skema penelitian sebagai berikut.

A. Kategori Penelitian Kompetitif Nasional

  1. Skema Penelitian Dasar (PD)
  2. Skema Penelitian Terapan (PT)
  3. Skema Penelitian Pengembangan (PP)
  4. Skema Penelitian Dosen Pemula (PDP)
  5. Skema Penelitian Kerjasama Antar Perguruan Tinggi (PKPT)
  6. Skema Penelitian Pascasarjana (PPS)

 

B.  Kategori Penelitian Desentralisasi

  1. Skema Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi (PDUPT)
  2. Skema Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT)
  3. Skema Penelitian Pengembangan Unggulan Perguruan Tinggi (PPUPT)

 

C. Kategori Penelitian Penugasan

  1. Skema Konsorsium Riset Unggulan Perguruan Tinggi (KRU-PT)
  2. Skema Kajian Kebijakan Strategis (KKS)
  3. Skema World Class Research (WCR)

Panduan lengkap seluruh program Hibah Penelitian Kemenristek-BRIN dapat dilihat pada http://simlitabmas.ristekdikti.go.id/.

 

b. Hibah Riset Inovatif Produktif (RISPRO) LPDP

Pendanaan RISPRO adalah program pendanaan riset baik kompetitif maupun inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan daya saing bangsa melalui komersialisasi produk/teknologi atau implementasi kebijakan/tata kelola atau publikasi. Khusus untuk Pendanaan RISPRO Kompetitif, diklasifikasikan untuk dua skema riset, yaitu:

  1. RISPRO Komersial adalah pendanaan riset yang bersifat kompetisi, memiliki luaran produk/teknologi siap untuk dikomersialisasikan, memiliki mitra pabrikan yang akan mengkomersialisasikan hasil riset, dan diharapkan dapat mengantarkan prototipe menjadi produk/teknologi baru yang sesuai standar industri atau memiliki sertifikasi.
  2. RISPRO Kebijakan atau Tata Kelola adalah pendanaan riset yang bersifat kompetisi, memiliki luaran berupa kebijakan atau model, dan memiliki mitra yang akan mengimplementasikan hasil riset.

Panduan lengkap seluruh program Hibah RISPRO LPDP dapat dilihat pada https://risprolpdp.kemenkeu.go.id/.