Center for Research and Community Service

Tentang Riset FEB UI

Kegiatan Riset merupakan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang perlu dikelola secara profesional, agar dapat memberikan dampak yang signifikan bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan dan daya saing bangsa. Hal ini selaras pula dengan visi dan misi Universitas Indonesia yang berupaya untuk menjadi salah satu universitas riset kelas dunia. Pada tingkat universitas kegiatan riset dikelola oleh Direktorat Riset dan Pengembangan Universitas Indonesia (Risbang UI). Sedangkan pada tingkat Fakultas Ekonomi dan Bisnis kegiatan riset dikelola oleh Unit Riset dan Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (Unit RPM FEB UI).

Universitas Indonesia memiliki 10 fokus bidang riset unggulan, yaitu (1) Teknologi Informasi dan Komunikasi (2) Pengentasan Kemiskinan, Anak-anak, Keluarga dan Komunitas (3) Genome (4) Tata Kelola, Demokratisasi dan Kebijakan Publik/Sosial Governance, Democratization & Public/sosial Policy, (5) Energi, (6) Pengembalian Daya Dukung Alami Bumi (7) Nano and Advanced Technology  (8) Budaya, (9) Indigenous Studies, (10) Urban Planning dan Transportasi.

Gambar: Fokus Bidang Riset Unggulan UI

Sumber: Dokumen Rencana Induk Penelitian UI

Keberadaan unit RPM FEB UI diharapkan dapat dirasakan manfaatnya oleh para dosen, mahasiswa, unit, lembaga maupun ketiga departemen yang berada dilingkungan FEB UI. Dari tahun-tahun capaian hasil penelitian FEB UI menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Berikut ini adalah grafik yang menggambarkan perkembangan capaian hasil penelitian FEB UI dari tahun 2018-2020.

Roadmap Pengembangan Riset FEB UI

Roadmap Riset dan Pengabdian Masyarakat (RPM) FEB UI dibagi menjadi 3 periode besar yang dinamis sebagaimana dapat dilihat pada gambar berikut :

Gambar 1. Roadmap Penelitian FEB UI

Periode 1 (2014-2019)

Pada periode 1, kegiatan-kegiatan riset telah dilakukan dengan fokus pada upaya untuk meningkatkan jumlah publikasi dosen baik pada tingkat nasional maupun internasional. Kegiatan penelitian yang dilakukan oleh dosen FEB UI sesungguhnya sudah cukup memadai. Hanya saja, penelitian-penelitian tersebut tidak selalu tampil dalam bentuk artikel untuk publikasi di jurnal ilmiah nasional maupun internasional, sehingga untuk meningkatkan publikasi tersebut perlu dilakukan upaya diantaranya penguatan pendanaan, pengembangan kompetensi penelitian, pengembangan jejaring penelitian kolaborasi dan perluasan akses publikasi terhadap jurnal-jurnal unggulan yang menjadi sasaran bagi para peneliti untuk dapat mempublikasikan hasil risetnya. Hal ini telah dilakukan pada peride 1 dan dampaknya sangat terasa dalam peningkatan publikasi penelitian pada beberapa tahun ini sebagaimana terlihat pada grafik capaian hasil penelitian FEB UI. Meskipun demikian langkah-langkah strategis selanjutnya perlu dilakukan untuk semakin meningkatkan dan memperkuat hasil publikasi penelitian FEB UI di kancah nasional maupun internasional.

Periode 2 (2020-2025)

Setelah mengalami perkembangan publikasi yang menggembirakan, langkah strategis berikutnya yang perlu dilakukan oleh FEB UI adalah semakin meningkatkan dan memperkuat hasil publikasi penelitian FEB UI di kancah nasional maupun internasional. Sebagai upaya untuk mengimplementasikan langkah strategis tersebut, pada tahun 2020 FEB UI mulai membentuk klaster-klaster riset yang dapat menjadi wadah kolaborasi bagi para dosen di dalam melakukan penelitian yang mendukung terciptanya knowledge sharing, pengembangan jejaring baik di dalam maupun di luar negeri, serta penyatuan seluruh potensi dan kekuatan, sehingga terbentuklah research culture yang dinamis dan terus berkembang dilingkungan FEB UI. Pada tahun 2021 telah terbentuk 19 klaster riset di 3 departemen yang terdiri dari XX anggota, dan secara aktif melakukan kegiatan riset, pengembangan kompetensi riset, publikasi ilmiah dan diseminasi hasil riset. Tidak hanya bergerak dilingkungan internal, klaster-klaster riset ini juga didorong untuk dapat melakukan berbagai kolaborasi dengan pihak luar negeri, khususnya Asia yang menjadi fokus pada saat ini (tahun 2021).    

Periode 3 (2020-2025)

Dengan berkembangnya 19 klaster riset yang telah terbentuk di FEB UI, diharapkan pada periode 3 research culture yang dinamis telah berkembang FEB UI, kompetensi penelitian dan kepakaran bidang ilmu pun turut berkembang, merata dan semakin dalam.  Pada periode ini diharapkan semakin banyak periset-periset unggul yang tampil dari FEB UI, tidak hanya pada skala nasional, namun juga regional dan internasional yang dapat memberikan kontribusi signifikan pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu meningkatkan kesejahteraan dan daya saing bangsa.

Pada awal tahun 2021 secara resmi melalui SK Dekan No. SK-098/UN2.F6.D/HKP.02.04/2021 telah terbentuk 19 klaster riset dari 3 departemen yang ada di FEB UI. 

Selain kegiatan riset, pengabdian masyarakat juga merupakan bagian penting yang dilakukan oleh dosen FEB UI sebagai bentuk pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.