Promosi Doktor PPIM FEB UI Teliti Pengaruh Degree of Value Co-creation terhadap Relationship Quality

Promosi Doktor PPIM FEB UI Teliti Pengaruh Degree of Value Co-creation terhadap Relationship Quality

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – (13/1/2022) Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (PPIM FEB UI), mengukuhkan gelar doktor yang ke-304 untuk Dr. Kurnia Endah Riana, Kamis (13/1). Acara dipimpin oleh Ketua Sidang Prof. Dr. Irwan Adi Ekaputra, dengan Prof. Dr. Suroso, sebagai Promotor, Dr. Rizal Edy Halim sebagai Ko-Promotor 1, dan Prof. Dr. Chairy Ko-Promotor 2. Sedangkan, Tim Penguji diketuai oleh Dr. T. Ezni Balqiah dengan anggota terdiri dari Arnold Japutra, Ph.D., Dr. Ignatius Heruwasto, Dr. Rina Astini, dan Dr. Setyo Hari Wijanto.

Pada sidang terbuka yang dilaksanakan secara online ini, Dr. Kurnia Endah Riana berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Pengaruh Degree of Value Co-creation terhadap Relationship Quality.”

Promovenda Kurnia Endah Riana melakukan penelitian bahwa value co-creation dapat digunakan sebagai sebuah pendekatan untuk membangun relationship marketing. Penelitian terdahulu telah mengungkap peran value co-creation dalam relationship marketing, namun sebagian besar penelitian tersebut bersifat konseptual.

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh degree of value co-creation terhadap relationship marketing dengan menggunakan konsep relationship quality, peran moderasi kualitas outcome dan persepsi kemampuan konsumen dalam hubungan ini. Pendekatan eksperimental digunakan untuk mencapai tujuan tersebut.

Terdapat 3 hasil penelitian, yaitu (1) Studi membuktikan pengaruh degree of value co-creation terhadap relationship quality; (2) Studi mengungkapkan bahwa kualitas outcome terbukti memoderasi pengaruh degree of value co-creation terhadap relationship quality–ketika kualitas outcome lebih rendah dari harapan, degree of value co-creation berpengaruh terhadap relationship quality; (3) Studi membuktikan persepsi kemampuan konsumen memoderasi pengaruh degree of value co-creation terhadap relationship quality–ketika konsumen memiliki persepsi kemampuan tinggi dan kualitas outcome yang diterima lebih rendah dari yang diharapkan, dan degree of value co-creation berpengaruh terhadap relationship quality.

Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Kurnia Endah Riana lulus dengan predikat Memuaskan dan berhasil meraih gelar Doktor yang ke-304 Bidang Ilmu Manajemen Pemasaran. Selamat kepada Dr. Kurnia Endah Riana! (hjtp)