Promosi Doktor PPIM FEB UI Kaji The Strategic Entrepreneurship Process of Indonesia’s State-owned Enterprises

Promosi Doktor PPIM FEB UI Kaji The Strategic Entrepreneurship Process of Indonesia’s State-owned Enterprises

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – (12/1/2022) Program Pascasarjana Ilmu Manajemen (PPIM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, mengadakan sidang terbuka Promosi Doktor Andreas Pardyanto, secara daring, pada Rabu (12/1).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Teguh Dartanto, Ph.D., dengan pembimbing Avanti Fontana, Ph.D. (Promotor), Aryana Satrya, Ph.D. (Ko-Promotor). Selaku tim penguji, Budi W. Soetjipto, DBA (Ketua Penguji), Dr. Harris Turino Kurniawan, Ign. Wiseto P. Agung, Ph.D., Dr. T. Ezni Balqiah, dan Dr. Yasmine Nasution.

Pada sidang terbuka ini, Promovendus Andreas Pardyanto mengangkat disertasinya yang berjudul The Strategic Entrepreneurship Process of Indonesia’s State-owned Enterprises: The Dynamic Interaction of Enacted Environment, Dynamic Capability and Innovation Performance.” Saat ini, perusahaan beroperasi dalam lingkungan yang semakin kompleks dan penuh ketidakpastian akibat globalisasi dan disrupsi teknologi. Situasi ini membuat lingkungan bisnis kurang dapat diprediksi dan menuntut perusahaan untuk beradaptasi.

Kewirausahaan strategis melalui kombinasi kewirausahaan dan tindakan strategis merupakan kunci dasar untuk mempertahankan daya saing dalam lingkungan yang cepat berubah. Perusahaan memerlukan kewirausahaan dalam organisasi, untuk terus-menerus mengembangkan solusi inovatif bersama. Tentunya, bersamaan dengan tindakan strategis dalam mengalokasikan sumber daya yang akan menghasilkan nilai lebih baik dan mempertahankan keunggulan kompetitif serta kecocokan evolusioner.

Proses kewirausahaan strategis adalah bidang studi yang berkembang. Kombinasi berbagai aksi strategis dan kewirausahaan mendorong kemampuan organisasi untuk menciptakan kekayaan dalam upaya beradaptasi dengan lingkungan yang kian berubah menjadi tujuan dari penelitian ini. Kerangka kapabilitas dinamis digunakan untuk menjelaskan tindakan strategis dan kewirausahaan dalam merespon lingkungan yang berubah cepat. Tindakan ini diterjemahkan ke dalam kemampuan organisasi dalam mengembangan inovasi yang diukur menggunakan kinerja inovasi.

Penelitian membahas pengaruh multidimensi manajemen strategis dan teori kewirausahaan terhadap pengembangan proses kewirausahaan strategis melalui kapabilitas inovasi sebagai proksi penciptaan, penyampaian, dan penangkapan nilai efektif. Diwakili oleh kinerja inovasi sistematis dan diterjemahkan ke dalam model penelitian yang diuji secara empiris. Dengan menggunakan metode kuantitatif cross sectional, penelitian ini diterapkan pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

BUMN sebagai organisasi hybrid, memegang peran strategis dalam menggerakkan perekonomian bangsa juga menghadapi perubahan lingkungan yang dinamis. Di sisi lain, BUMN berkewajiban memastikan kekayaan yang dihasilkan harus disebarluaskan ke seluruh pelosok negara untuk memenuhi permintaan layanan publik dan melindungi kepentingan domestik.

BUMN memainkan peran penting dalam pembangunan Indonesia karena konstitusi mengamanatkan peran negara di sektor-sektor kunci dan sumber daya alam. Sebagai lokomotif reformasi ekonomi nasional, BUMN telah menjadi tujuan pembaruan ekonomi Indonesia. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pemahaman proses kewirausahaan strategis di BUMN, konstruksi teori kewirausahaan strategis secara umum, dan implikasi manajerial yang membantu pemangku kepentingan BUMN untuk meningkatkan kinerja BUMN di Indonesia.

Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Andreas Pardyanto lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan berhasil meraih gelar Doktor yang ke-303 Bidang Ilmu Manajemen Stratejik. Selamat kepada Dr. Andreas Pardyanto! (hjtp)