Universitas Indonesia dan Shopee Indonesia Perkuat Sinergi Tri Dharma Perguruan Tinggi

0

Universitas Indonesia dan Shopee Indonesia Perkuat Sinergi Tri Dharma Perguruan Tinggi

 

Depok, 16 Juni 2021. Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D., dan Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja, menandatangani Nota Kesepakatan Bersama (NKB) yang dilakukan secara daring pada Rabu 16 Juni 2021. Hal ini menandai kerja sama awal di antara kedua institusi tersebut untuk lebih intensif lagi dalam berkolaborasi melaksanakan tri dharma perguruan tinggi.

Acara penandatanganan naskah NKB tersebut dihadiri oleh Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB (Dekan Fakultas Kedokteran), Prof. Dr. Riri Fitri Sari, M.Sc., MM. (Ketua UI GreenMetric), Andri Syahreza, M.H (Kasubdit Kerjasama Bisnis, Direktorat Kerja Sama UI), Eko Sakapurnama, S.Psi., MBA (Kasubdit Kerjasama Akademik Dan Pemerintah, DKS UI), dan Radityo Triatmojo (Kepala Kebijakan Publik Shopee Indonesia).

Kerja sama yang akan dilakukan UI dan Shopee Indonesia meliputi penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dan pelatihan; penyelenggaraan kegiatan ilmiah, seminar, dan lokakarya; penyelenggaraan program magang dan beasiswa untuk mahasiswa UI; peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia; penyelenggaraan pembayaran tagihan biaya Pendidikan untuk mahasiswa UI; serta kegiatan lain yang disepakati oleh kedua kedua institusi tersebut.

Dalam pidato sambutannya, Prof. Ari mengatakan bahwa kerjasama UI dengan mitra di bidang e-commerce terus dikembangkan dan ditingkatkan. Menurutnya, UMKM merupakan salah satu barometer perekonomian nasional. Pemberdayaan UMKM merupakan langkah yang strategis dalam meningkatkan dan memperkuat dasar kehidupan perekonomian dari sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya melalui penyediaan lapangan kerja dan pengentasan kemiskinan.

“Shopee sebagai salah satu marketplace di Indonesia diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM dalam meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan era digitalisasi saat ini sebagai media promosi yang sangat masif. Untuk itu, kami harapkan kerjasama dengan Shopee Indonesia dapat dibangun sinergitas dalam pengembangan dan pembangunan ekonomi kerakyatan lokal/nasional UMKM di kampus UI guna menunjang target bersama dalam pemberdayaan UMKM di era digital. Semua itu, sejalan dengan kerjasama yang dikembangkan oleh UI dalam bentuk pentahelix yakni sinergitas antara perguruan tinggi, industri, pemerintah, masyarakat, dan media massa,” ujar Prof. Ari.

Senada dengan yang disampaikan oleh Rektor UI, Handhika Jahja selaku Direktur Shopee Indonesia dalam sambutannya juga menyampaikan, “Shopee memiliki komitmen dalam meningkatkan ekosistem teknologi Indonesia dengan mempercepat pengembangan digital dan menutup kesenjangan talenta-talenta muda, baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Merealisasikan komitmen ini, kami bangga dapat berkolaborasi bersama salah satu kampus terbaik di Indonesia, Universitas Indonesia, dalam memperluas dan memperdalam kompetensi talenta muda lokal yang kita miliki agar kedepannya dapat berkontribusi ke dalam pengembangan industri teknologi yang bermanfaat untuk masyarakat luas. Kami berharap kerja sama ini dapat menjadi langkah awal yang sukses dan membuka kesempatan kolaborasi lainnya dalam pengembangan talenta muda tanah air.”

Setelah seremoni penandatangan naskah NKB, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan short webinar bertajuk “Membangun ekonomi kerakyatan lokal/nasional UMKM di era digital” yang merupakan salah satu bentuk kontribusi UI dan Shopee sebagai knowledge transfer bagi sivitas akademika UI pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Webinar tersebut menghadirkan dua narasumber Radityo Triatmojo (Kepala Kebijakan Publik Shopee Indonesia) dan Dewi Meisari Haryanti, S.E., M.Sc. (Chief Editor, ukmindonesia.id – LPEM FEB UI), dan dipandu oleh Dony Abdul Chalid, S.E., M.M., Ph.D. (Dosen FEB UI).

Shopee Indonesia merupakan perusahaan e-commerce yang telah menghubungkan konsumen, penjual, dan bisnis sejak diluncurkan pada tahun 2015. Shopee menghadirkan pengalaman yang mudah, aman, dan menarik untuk dinikmati jutaan pengguna setiap harinya. Shopee menawarkan beragam pilihan produk yang luas, didukung oleh sistem pembayaran dan logistik yang terintegrasi, serta fitur hiburan populer yang disesuaikan untuk kebutuhan pengguna kami. Shopee ikut membantu perkembangan ekonomi digital di Indonesia dengan komitmen kuat untuk membantu usaha mikro, kecil dan menengah lokal sukses di dunia e-commerce.

 

Dra. Amelita Lusia, M.Si. CPR

Kepala Biro Humas dan KIP UI

Media contact: Mariana Sumanti, S.Hum, Wanda Ayu Agustin, S.IP

(Media Relations UI, humas@ui.ac.id ; 08151500-0002)