FEB UI Terima Penganugerahan Penghargaan Pengelolaan Sampah Kategori Platinum di Lingkungan UI Tahun 2021

0

FEB UI Terima Penganugerahan Penghargaan Pengelolaan Sampah Kategori Platinum di Lingkungan UI Tahun 2021

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – (31/3/2021) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia memperoleh Penganugerahan Penghargaan Pengelolaan Sampah Tingkat Fakultas/Sekolah/Program Pendidikan Vokasi di Lingkungan UI Tahun 2021 kategori Platinum yang diberikan secara langsung di Lobi Gedung Dekanat, pada Rabu (31/3/2021).

Menurut Asisten Project dari Kerjasama UI-PT Dow Indonesia, Wulan Kusma Wardani, mengatakan FEB UI telah berhasil mendapat penghargaan pengelolaan sampah kategori Platinum berdasarkan penilaian berupa forum discussion group setiap Fakultas secara bergantian. Tim juri berasal dari internal dan eksternal UI (tim ahli kelola sampah UI, PT. Dow Indonesia, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pemerintah Kota Depok), dan siklus PDCA (plan, do, check, action).

“PDCA mempunyai maksud, pertama plan artinya bagaimana Fakultas melakukan perencanaan pengelolaan sampahnya mulai dari prosedur, surat kebijakan dari Pimpinan. Kedua, do artinya di setiap tempat ada atau tidaknya pemilahan sampah, inovasi pemilahan sampah, dan perlengkapan petugas kebersihan. Ketiga, check artinya Fakultas harus mengevaluasi apa saja yang belum dan sudah dilakukan. Keempat, action artinya Fakultas harus mensosialisasikan kepada seluruh warganya untuk membuang sampah berdasarkan kriteria sampah di tempat yang sudah disediakan,” jelas Wulan.

Di satu sisi, Unit Perawatan dan Kebersihan Fasilitas FEB UI, Trusti Lurainisita menjelaskan bahwa FEB UI sudah lama mengkampanyekan atau edukasi kepada seluruh warga FEB UI tentang bagaimana caranya bisa mengelola sampah dengan baik melalui penerapan sistem pemilahan sampah walaupun masih sederhana sesuai dengan aturan, mulai dari organik, anorganik, residu, dan B3 (beracun). Terutama juga kepada seluruh petugas kebersihan untuk menjaga komitmen kebersihan lingkungan demi menciptakan lingkungan bebas dari sampah.

Sementara, upaya yang kita lakukan selama penilaian dengan tim juri ialah sharing terhadap apa yang sudah dilakukan selama ini, baik pemilahan, pengelolaan sampah, merawat tempat sampah sementara, mengelola kembali sampah plastik dan daun-daunan. Hal ini merupakan kerja keras dan komitmen seluruh tim lapangan di bawah naungan unit Fastur FEB UI dalam menjaga lingkungan FEB UI tetap bersih dan nyaman.

“Ke depannya, apabila sudah memasuki new normal perkuliahan dan beraktivitas seperti biasa, yang ingin ditingkatkan, yaitu awereness bagi para mahasiswa karena sampah terbesar di FEB UI berasal dari sampah bekas konsumsi, dan menambah jumlah tempat pemilahan sampah. Maka dari itu, lingkungan yang bersih pasti membawa atmosfer positif bagi seluruh penghuninya,” tutup Ira saat diwawancara.