Dikukuhkan sebagai Guru Besar UI, Budi Frensidy Orasi Pentingnya Matematika Keuangan

Dikukuhkan sebagai Guru Besar UI, Budi Frensidy Orasi Pentingnya Matematika Keuangan

 

DEPOK, iNews.id (13/3/2021)  – Praktisi Pasar Modal, Budi Frensidy dikukuhkan sebagai Guru Besar Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia (UI), Sabtu (13/3/2021). Dalam orasi ilmiahnya, Budy menekankan pentingnya matematika keuangan bagi mahasiswa.

Dia mengatakan, selama ini mahasiswa bisnis dan akuntansi diajarkan matematika selama dua semester, namun tidak bagi matematika keuangan.

“Akan lebih baik jika mahasiswa bisnis dan akuntansi juga diberikan matematika yang dapat mengantarnya memahami manajemen keuangan, akuntansi keuangan, investasi, dan valuasi aset. Matematika untuk tujuan ini adalah matematika keuangan,” katanya, Sabtu.

Budi menjabarkan beberapa alasan mengapa matematika keuangan sangat penting. Pertama, matematika keuangan memberikan keahlian seperti berhitung sehingga nantinya mampu menyusun semua skedul kredit, leasing, amortisasi premium dan diskon obligasi, skedul perencanaan keuangan, dan sinking fraud.

“Karenanya, menghitung saldo terutang dari kredit yang dilunasi dengan angsuran atau nilai buku aktiva leasing, kapasitas berutang, dan melakukan refinancing KPR menjadi sangat mudah,” katanya.

Kedua, kata Budi, matematika keuangan penting untuk menghitung bunga efektif dan yield semua produk keuangan dan investasi yang marak ditawarkan. Penguasaan ilmu ini akan membuat seseorang mampu memilah madu dan racun produk bank.

Ketiga, lanjutnya, matematika keuangan menanamkan pengetahuan dasar yang diperlukan untuk menilai dan menghitung harga wajar semua aset. Jika seseorang mengetahui nilai suatu aset, pengambilan keputusan investasi bisa dilakukan dengan mudah karena prinsip dasar investasi adalah membandingkan nilai (value) dan harga (price).

“Bahwa kita harus selalu mencari aset yang nilainya di atas harganya dan menghindari aset yang nilainya di bawah harganya dalam berinvestasi. Ini berlaku baik untuk aset riil seperti bisnis, rumah, toko, tanah, maupun untuk aset finansial seperti saham dan obligasi,” kata anggota Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) itu.

Keempat, matematika keuangan akan membekali mahasiswa dengan kemampuan melakukan perencanaan keuangan mandiri. Menurut Budi, matematika keuangan adalah inti dari personal finance.

Dia menilai ironis jika mahasiswa diajarkan manajemen keuangan korporasi (corporate finance) tetapi tidak pernah dibekali personal finance. “Bagaimana mungkin seseorang mampu mengelola keuangan korporasi jika dia tidak mampu mengatur keuangan pribadi,” ucapnya.

Terakhir, matematika keuangan mempunyai empat metode penyelesaian yaitu tabel, kalkulator ilmiah, kalkukator financial, dan excel. Selain itu, menurut Budi, belajar matematika keuangan jauh lebih menarik karena membicarakan uang yang aplikasinya sangat banyak dalam kehidupan sehari-hari.

“Jangan sampai mahasiswa dan lulusan akuntansi tidak bisa membedakan antara tingkat bunga dan tingkat diskon sehingga tidak dapat menjawab mana yang lebih menarik antara menaruh uang Rp95 juta untuk menjadi Rp100 juta atau Rp100 juta untuk menjadi Rp105 juta dalam setahun. Yang satu memberikan tingkat diskon 5 persen (ekuivalen dengan tingkat bunga 5,26 persen) dan lainnya tingkat bunga 5 persen,” katanya.

 

Sumber: https://www.inews.id/finance/bisnis/dikukuhkan-sebagai-guru-besar-ui-budi-frensidy-orasi-pentingnya-matematika-keuangan/all

 

Berita juga dimuat di media lainnya:

1. https://amp.kontan.co.id/news/guru-besar-ui-budi-frensidy-5-alasan-matematika-penting-bagi-ekonomi-investasi

2. https://money.kompas.com/read/2021/03/13/200100026/guru-besar-ui-soroti-pentingnya-ilmu-matematika-keuangan-agar-paham-investasi-?fbclid=IwAR3oiM6hN8xSJXndjlb_F6lMWg32W0vhEa9wvvHcO0NpPveAc-7XEm0LfJ0

3. https://investor.id/national/budi-frensidy-matematika-keuangan-penting-untuk-pahami-investasi

4. https://www.beritasatu.com/ekonomi/745205/budi-frensidy-soroti-pentingnya-matematika-keuangan-untuk-pahami-investasi

Leave a Reply