Sambutan Mahasiswa Baru 2020

Sambutan Mahasiswa Baru 2020

Salam sejahtera untuk kita semua.

Selamat datang di Kampus Perjuangan UI,  Selamat datang di FEB UI.

Selamat kepada mahasiswa FEB UI 2020, you are the chosen ones.  Tidak semua yang melamar ke FEB UI dapat diterima.  Anda telah memenangkan pertarungan-pertarungan– di SNMPTN, SBMPTN, ataupun SIMAK. Dari 31.000 pelamar hanya 789.

Pesan saya, jangan sia-siakan pertarungan yang sudah anda menangkan saat ini. 
Jaga hingga Anda berhasil meraih gelar Sarjana Ekonomi yang Anda impikan. 

You Are Special

Angkatan 2020 adalah angkatan spesial.   Pengulangan angka ini hanya terjadi 101 tahun sekali.

Angkatan 2020 adalah angkatan spesial, karena Anda adalah angkatan pertama yang memulai kuliah di masa pandemic Covid-19.

Angkatan 2020 adalah angkatan spesial, karena Anda adalah angkatan pertama yang memulai kuliahnya secara daring, tatap layar, bukan tatap muka.

Angkatan 2020 adalah angkatan spesial, karena Anda adalah angkatan pertama yang memulai kurikulum baru Kampus Merdeka (K-2020). Anda akan dibekali dengan Mata Kuliah  Literasi dalam Bahasa Inggris, yaitu suatu Mata Kuliah yang mengajarkan Anda  Basic Academic Writing in English; selanjutnya Mata Kuliah Leadership/Entrepreneurship.  Anda juga akan dibekali dengan MK Pengantar Komunikasi Bisnis dan Teknik Penulisan Akademik (PKBTPA).  MK-MK dasar ini diharapkan dapat menjadi media pencapaian misi FEB UI.

Why FEB UI and What Will You Be?

FEB UI adalah salah satu fakultas terbaik di negeri ini.  Alumninya tersebar dan berkontribusi bagi bangsa, negara, dan dunia bisnis dalam berbagai peran yang diambil.  Mereka adalah contoh, role model bagi Anda.  Anda adalah generasi penerus mereka, Anda adalah pemimpin masa depan.  Adalah suatu kebanggaan bagi kami untuk menerima calon pemimpin masa depan. “

Selama Anda berada di FEB UI, FEB UI akan memberikan wawasan lebih luas, lebih dalam, integratif, dan lebih komprehensif ; juga akan membentuk  rasa, cara pikir, dan tindakan kalian sehingga  memberikan dampak dan manfaat positif bagi banyak orang.

Menjadi mahasiswa FEB UI merupakan suatu kesempatan besar dalam hidup kalian, untuk membawa perubahan pada masa depan.

Di sini kalian akan mendapat berbagai kesempatan untuk belajar, berinteraksi dengan peer group Anda, dengan sesama mahasiswa, dengan dosen, dengan para praktisi, para pengambil kebijakan, pemimpin perusahaan; bahkan dengan para Menteri atau jajarannya.  Mereka akan mengisi kelas-kelas kalian.  Sebagai contoh: Ibu Sri Mulyani (Menteri Keuangan),  Bpk. Bambang Brojonegoro (Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN), Ibu Destri Damayanti (Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia), dan Pak Suahasil Nazara (Wakil Menteri Keuangan), Bpk. Kartiko Wirjoatmojo (Wakil Menteri BUMN),  dan Mahendra Siregar (Wakil Mentei Luar Negeri) adalah beberapa contoh para pengambil kebijakan di negeri ini.  Bapak Yahya Setia Atmadja, Presiden Direktur BCA, dan masih banyak yang lain.

Anda akan belajar bekerja sama, berdiskusi aktif, melempar gagasan dan mewujudkan banyak pemikiran menjadi sesuatu yang berguna bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat. Anda akan saling membangun pengertian, menghargai keberagaman dan kebhinekaan, mengasah kreativitas, berkomunikasi, menjalin relasi dan berkolaborasi, mengasah kepemimpinan dan menjunjung tinggi kemartabatan, etika, dan nilai-nilai kebangsaan. Semua adalah bagian dari tujuan pembelajaran di sini.

Ilmu bukan untuk diri sendiri, tapi untuk kemanusiaan dan untuk hidup bersama.

Kegiatan Kemahasiswaan dan Fasilitas

Kehidupan di FEB UI sangat dinamis.  Tidak ada waktu untuk berdiam diri.  Anda bisa memilih kegiatan kemahasiswaan yang luar biasa banyaknya.  Saya yakin pada masa OPK kemarin Anda sudah diperkenalkan dengan berbagai macam organisasi kemahasiswaan.  Pesan saya, get engaged and take part in it.

FEB UI juga dilengkapi dengan fasilitas yang sangat mendukung proses studi Anda di sini.  FEB UI mempunyai Pusat Sumber Belajar  (PSB) Soemitro Djojohadikusumo yang mempunyai ribuan koleksi dan menyediakan layanan online terlebih selama masa pandemic ini. ESAC (English Self Assessment Center), tempat Anda bisa belajar Bahasa Inggris dan meningkatkan listening skill   secara mandiri, dan Pusat Bimbingan dan Konseling untuk Anda bisa mendapatkan professional advise tentang bagaimana mengatasi kesulitan belajar dan problema lainnya.

Akreditasi Internasional dan Dies Natalies FEB UI

Sebagai sekolah bisnis yang berupaya menyejajarkan diri dengan sekolah bisnis di dunia, FEB UI sedang dalam tahap memperoleh akreditasi internasional untuk sekolah bisnis yaitu Association to Advance Collegiate School of  Business (AACSB).  Sejalan dengan pilar AACSB, “Engage, innovate, impact”  Dies Natalis FEB UI yang ke 70 tahun ini mengambil tema “Bersama, Berinovasi, Bermanfaat”.

FEB UI mengangkat AACSB Ambassadors dari kalangan mahasiswa.  Anda bisa berkenalan dan bertanya-tanya tentang AACSB kepada mereka dan kami tentunyaJ.  Anda bisa kunjungi dan lihat Instagram @aacsb_febui.

Pada kesempatan ini, saya mengajak semua Angkatan 2020  dan semua mahasiswa FEB UI untuk berperan dan menginternalisasi “ruh” AACSB,  dan tema Dies Natalis dalam semua kegiatan.

Saya juga mengajak kepada semua mahasiswa Angkatan 2020, untuk menjadi angkatan yang cerdas dan bijaksana dalam mengelola informasi.  Budayakan check dan recheck informasi sebelum meneruskan kepada pihak lain.  Berkomunikasi yang santun dalam “tatap muka” dan komunikasi virtual/pengiriman pesan pendek.

 

Semangat dan Tetap Sehat

Saya juga berpesan untuk tetap semangat dan beraktivitas positif dalam masa pandemic ini dengan memperhatikan protocol kesehatan di manapun Anda berada, yaitu: pakai masker, cuci tangan dengan sabun, jaga jarak, dan jangan berkerumun.

Akhir kata saya mengucapkan Selamat Datang dan Selamat Bergabung di Keluarga Besar FEB UI.  Selamat belajar dan semoga sukses hingga akhirnya kami dengan bangga akan menyematkan gelar Sarjana Ekonomi bagi Anda 4 tahun mendatang.  Semoga Tuhan YME senantiasa menyertai dan melindungi kita semua.

Salam,

Dr. Beta Yulianita Gitaharie

Pj. Dekan

FEB UI

 

 

Leave a Reply