Tingkatkan Akreditasi Internasional, FEB UI hadirkan Presiden dan CEO AACSB

Tingkatkan Akreditasi Internasional, FEB UI hadirkan Presiden dan CEO AACSB

Hana Fajriyah ~ Humas FEB UI
Delli Asterina ~ Humas FEB UI

Depok – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia mengadakan acara Sharing Session dan Executive Meeting terkait akreditasi internasional Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) dalam rangka akselerasi pencapaian akreditasi internasional AACSB dengan narasumber langsung dari Presiden dan CEO AACSB, Prof. Thomas R. Robinson, yang berlangsung di Ruang Rapat MR. Djokosoetono Gedung Dekanat dan Ruang Auditorium KKI FEB UI, pada Senin (11/11/19).

Sebagai perguruan tinggi ekonomi dan bisnis berstrandar internasional, FEB UI telah mengantongi akreditasi internasional seperti AMBA, ABEST21 dan 3 Palmes of Excellence Eduniversal. Sehingga untuk lebih meningkatkan kualitasnya, FEB UI juga menargetkan akreditasi dari Association to Advance Collegiate School of Business (AACSB) International yang berpusat di Amerika Serikat.

Berkaitan dengan tiga nilai untuk mempertahankan kualitas yang telah diterapkan FEB UI diantaranya engagement, innovation dan impact.  Ari kuncoro Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI, Guru Besar sekaligus Rektor Terpilih UI 2019-2024 memaparkan capaian, reputasi alumni dan prestasi mahasiswa FEB UI di kancah nasional dan internasional serta perkembangan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia dalam meraih akreditasi AACSB.

Hal tersebut disambut baik oleh Prof. Tom Robinson PhD, CPA, CFA, sebagai presiden dan kepala eksekutif (CEO) AACSB International (akreditasi global utama dan organisasi keanggotaan sekolah bisnis di seluruh dunia).

Dalam paparannya Tom Robinson menjelaskan mengenai AACSB dalam peningkatan kualitas akreditasi internasional bagi sekolah bisnis yang berkelanjutan dengan misi meningkatkan kualitas pendidikan sekolah bisnis di seluruh dunia.

“Nilai keanggotaan AACSB untuk sekolah bisnis diantaranya untuk peningkatan kualitas berkelanjutan: jaringan global kolaborasi dan pertukaran (faculty, thought leadership, students),” kata Tom Robinson

Tom Robinson juga menjelaskan mengenai nilai Akreditasi AACSB yaitu menumbuhkan interaksi antara mahasiswa dan fakultas yang berkualitas dan menghasilkan lulusan yang berprestasi dan pengajaran yang berkualitas serta membuat pernyataan kepada komunitas eksternal tentang komitmen terhadap kualitas dan perbaikan pendidikan secara berkelanjutan.

“Jaminan Kualitas dan Peningkatan Kualitas proses Akreditasi AACSB memperoleh sertifikasi ISO 90001: 2015 diantaranya Pengakuan global, Fokus pada kepuasan pelanggan dan peningkatan berkelanjutan berlaku untuk proses akreditasi dan sertifikasi ulang setiap tiga tahun,” ungkapnya.

“Salah satu perubahan paling penting dalam standar yang diusulkan tahun 2020 adalah penekanan pada dampak masyarakat dengan cara yang memajukan kami menuju visi kami untuk mentransformasikan pendidikan bisnis untuk kemakmuran global. Ini secara eksplisit ditulis ke dalam 3 bagian dari standar baru, yaitu Within Strategic Management, Within Learner Success, Within Thought Leadership,” tambahnya.

“Tom Robinson mengunjungi FEB UI ini untuk memberikan pesan kepada kita semua. Menurut saya, paparannya tidak hanya untuk sekolah bisnis tetapi juga dapat dipelajari secara universal dalam meraih akreditasi pendidikan internasional yang lebih tinggi lagi,” tutup Ari Kuncoro.