Perkuat Kognitif, Psikomotorik dan Afektif Mahasiswa Baru, Kelas Internasional FEB UI Selenggarakan Outbound 2019

Perkuat Kognitif, Psikomotorik dan Afektif Mahasiswa Baru, Kelas Internasional FEB UI Selenggarakan Outbound 2019

Delli Asterina – Humas FEB UI

BOGOR – Kelas Khusus Internasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unversitas Indonesia menyelenggarakan kegiatan tahunan berupa outing untuk mahasiswa baru angkatan 2019. Acara ini diselenggarakan selama dua hari, pada 03-04 Oktober 2019 di Eagle Hill Campsite, Mega Mendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Outbound KKI FEB UI merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru KKI berbasis petualangan di alam bebas dengan menunjang tiga aspek, diantaranya kognitif (pengetahuan), afektif (sikap) dan psikomotorik (tindakan) untuk menstimulasi dalam pengembangan pribadi mahasiswa yang efektif dan tangguh dalam meningkatkan keterampilan dan membina kerjasama tim, memecahkan masalah dan pengambilan keputusan serta memberi dan menerima umpan balik sebagai upaya memperkuat kemampuan tim.

Kegiatan ini merupakan kesempatan yang bagus untuk bonding bagi kalian dalam saling mengenal karena yang paling penting dalam outbound ini adalah networking, kedisiplinan, teamwork, kolaborasi dan tetap berkompetisiNikmatilah acara ini secara bersama-sama. Kegiatan ini santai tapi tetap serius, kata Isfandiary Djafaar, S.E., M.Soc.Sc. selaku Koordinator Kelas Khusus S1 Internasional (KKI) FEB UI.

Berbeda dengan tahun lalu, tanda dibuka kegiatan outbound ini dengan cara memotong tali menggunakan kampak yang dilakukan oleh Isfandiary Djafaar sebagai simbol pembukaan kegiatan outbound KKI FEB UI.

Dalam outbound yang berlangsung selama dua hari tersebut mahasiswa baru KKI FEB UI angkatan 2019 diberikan aktivitas kegiatan menarik berupa fun games and training dari panitia Parkia. Seperti kegiatan botani praktis dalam menemukan makanan dari alam, tali-menali, pembuatan api unggun, sheltring, repling untuk menghadapi kondisi alam bebas serta navigasi  dalam menemukan perjalanan. Kegaiatan games tersebut diberikan untuk melatih kepemimpinan, kerjasama, strategi, komunikasi, empati, kecepatan, kecermatan, fokus dan strategi tim bagi mahasiswa baru KKI.

Tidak hanya itu, pada malam harinya mahasiswa KKI FEB UI diberikan aktivitas kegiatan kelompok seperti ball game.

Pada pagi harinya, aktivitas kegiatan mahasiswa KKI FEB UI diawali dengan kegiatan olahraga pagi hingga olahraga panahan maupun aktivitas kelompok panahan.

Acara ditutup dengan penyerahan hadiah bagi juara 1 kategori the most favorite male participant yang dimenangkan oleh  Haikal Ananda Roellyan Siregar (KKI-Manajemen) dan juara 1 kategori the most favorite female participant Mega Permata (KKI-Akuntansi) serta berbagai juara kelompok.

“Pertama-tama kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Is, karena kita lebih bisa saling mengenal satu sama lain,” kata Haikal pemenang juara 1 kategori the most favorite male participant.

“Yang paling jelas bonding di KKI ini terasa sekali, membuat yang jauh semakin dekat dan yang dekat semakin lebih dekat, kita senang bareng-bareng, capek juga bareng-bareng dan kita satu KKI FEB UI ini semakin solid,” kata R mahasiswa baru KKI 2019.

“Senang sekali, banyak kegiatan baru, kami juga jadi bisa lebih mengenal alam,” tambah Andrea.

“Banyak pelajaran yang kita alami. Paling penting dalam kelompok juga kita belajar bahwa kalau kita punya salah harus mau mengakui salah,” ujarnya.

Tidak hanya perolehan prestasi individu. Aktivitas kelompok pun dinilai oleh tim Parkia. Berdasarkan keaktifan dan keikutsertaan kelompok meghadapi rintangan-rintangan kegiatan games tersebut.

“Outbound ini bagus kedepannya hasil outbound ini bisa diimplementasikan saat transfer studi di universitas mitra yang nantinya akan berada pada lingkungan baru,” tambah Andrea.

Di akhir acara terdapat penutupan outbound yang disampaikan oleh Isfandiary Djafaar, dalam paparannya beliau menyampaikan tiga hal yang ia amati dalam outbound ini yang pertama ialah belajar menghadapi rasa takut. Ketika ada tantangan jangan dilawan tetapi tetap hadapi dengan benar dan tetap berfikir jernih. Kedua, belajar untuk tidak meremehkan segala sesuatu. Ketika pengumuman diberikan pasti itu ada concern yang diberikan dan jadilah orang yang best prepare. Ketiga ialah mindset. When you have to do it than do it. Kemudian jadilah orang yang profesional dalam bertanggung jawab sebagai individu dan tim. Terakhir, Isfandiary juga berharap agar mahasiswa KKI FEB UI tetap saling mengenal dan tetap bersatu. (Des)

Leave a Reply