Erna Sofriana Kaji Pengaruh Orientasi Nilai sosial Terhadap Loyalitas Konsumen

Erna Sofriana Kaji Pengaruh Orientasi Nilai sosial Terhadap Loyalitas Konsumen

 

Melva Costanty ~ Humas FEB UI

DEPOK – Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia mengadakan sidang terbuka Promosi Doktor Erna Sofriana Imaningsih (1406590753) di R. 410, Gd. Pascasarjana, FEB UI, Kampus Depok (21/08/2019).

Sidang promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, Ph. D., dengan pembimbing Prof. Prijono Tjiptoherijanto, Ph. D. (Promotor), Dr. Ignatius Heruwasto (Ko-Promotor 1), dan Daniel Tumpal H. Aruan, Ph.D (Ko-Promotor 2). Selaku tim dewan penguji Prof. Dr. Adi Zakaria Afiff (Ketua Sidang), Prof. IGN Agung, Ph.D, Dr. Gunawan Alif, Gita Gayatri, Ph.D, dan Sri Rahayu Hijrah Hati, Ph.D.

Topik yang diangkat dalam disertasi berjudul “Pengaruh Values Orientation Terhadap Green Functional Benefit, Green Monetary Cost, Green Satisfaction, dan Green Commitment, serta Implikasi Dalam Membentuk Green Loyalty”. Erna mengaku tertarik untuk memilih topik ini karena kesadaran tentang pentingnya menjaga linkungan hidup dan kelestarian alam semesta itu menjadi suatu norma yang mulai tumbuh di masyarakat Indonesia. “Sebagian dari konsumen mulai sadar ketika mereka mengkonsumsi sesuatu, bahwa di balik itu ada tanggung jawab utk lingkungan, sehingga ketika mereka melihat sebuah produk mereka akan melihat apakah perusahaan dibalik produk ini perusahaan yang ramah lingkungan? Produk ini sendiri punya dampak terhadap lingkungan atau tidak? Hal ini yang membuat saya tertarik untuk meneliti bagaimana sebagian pertumbuhan green consumer behaviour di Indonesia.”

Erna mengatakan menggabungkan norma sosial dengan pemasaran brand menjadi tantangan tersendiri dalam penelitiannya. “Tantangan saya menjelaskan green brand. Green brand ini konteksnya dalam sisi faktor market, ekonomik, sedangkan altruistik sendiri adalah social norm.” Untuk menghadapinya, Erna sering berkonsultasi dengan promotor dan co-promotornya. Dukungan motivasi dari promotor dan keluarga juga menjadi penyemangat yang membuatnya mampu menghadapi kesulitan dalam mengerjakan disertasi ini.

Penelitian dalam disertasi ini membahas loyalitas konsumen green brand keterkaitan value orientation terhadap green functional benefit, green monetary cost, dan green satisfaction, sehingga terbentuklah green commitment dan green loyalty. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh egoistic dan biospheric values terhadap green functional benefit dan green monetary cost.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan Sidang Terbuka Promosi Doktor memutuskan, Erna Sofriana Imaningsih dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan berhasil mendapakan gelar Doktor Bidang Ilmu Manajemen. Selamat kepada Dr. Erna Sofriana! (Des)