FEB UI Selenggarakan Pelatihan Pendidikan Jarak Jauh bagi Dosen

FEB UI Selenggarakan Pelatihan Pendidikan Jarak Jauh bagi Dosen

 

Melva Costanty – Humas FEB

 

DEPOK – Penggunan metode belajar dejgan memanfaatkan teknologi informasi sedang berkembang pesat. Universitas Indonesia sedang mengambangkan hal yang sama melalui program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). PJJ merupakan salah satu bentuk inovasi model pembelajaran alternatif yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

 

 

 

 

 

 

Untuk mengenal mengenal lebih jauh serta merancang metode pembelajaran PJJ dalam pengajaran mata kuliah, dosen-dosen FEB UI mendapatkan pelatihan PJJ yang diselenggarakn oleh Biro Pendidikan bekerjasama dengan Kantor Sumber Daya dan Pembelajaran (KSDP) UI. Pelatihan dilakukan di ruang komputer KSDP, Kampus UI, Depok.

Dalam sambutannya, Betha Yulianita Gitaharie, Wakil Dekan Bidang Pendidikan Penelitian dan Kemahasiswaan, mengatakan PJJ merupakan salah satu bentuk perluasan dari aksesibikitas pembelajaran. “Kita harus catch-up dengan perubahan diluar. Saya yakin hal ini juga merupakan upgrade dari teaching method yang kita lakukan.”

Beta juga menambahkan jika PJJ merupakan salah satu target Universitas yang pelaksanaanya diarahkan kepada fakultas. “Karena memang ada mata kuliah yang ingin ditargetkan supaya bisa menggunakan metode daring ini.”

 

 

 

 

 

 

Dalam pelatihan ini, 25 orang dosen FEB UI menjadi peserta pelatihan. Dalam pelatihan ini diberikan pengetahuan mengenai manfaat PJJ, variasi program yang dapat diberikan, cara merancang metode pembelsjaran hingga memperkenalkan alat yang akan digunakan. Dosen-dosen FEB juga melakukan simulasi pengajaran jarak jauh dari 3 ruangan yang berbeda menggunakan teknologi dan peralatan yang difasilitasi oleh KSDP UI. (Des)