FEB UI Berhasil Juara 1 Dosen Berprestasi dan Juara 2 Humas Berinovasi pada Diktendik Award 2019

FEB UI Berhasil Juara 1 Dosen Berprestasi dan Juara 2 Humas Berinovasi pada Diktendik Award 2019

Depok – (06/07/2019) Universitas Indonesia kembali menggelar DIKTENDIK Award. Tahun ini FEB UI mengirimkan satu dosen dan dua orang tenaga kependidikan terbaiknya untuk berkompetisi di ajang penghargaan bagi insan berprestasi itu.

Acara yang diselenggarakan di Balai Sidang UI, kampus UI Depok ini dihadiri oleh rektor UI, para wakil rektor, para pimpinan organ, para pimpinan fakultas, pimpinan program pendidikan vokasi, pimpinan PAU, para juri serta seluruh perwakilan dosen dan tenaga kependidikan dari PAU dan berbagai fakultas di Universitas Indonesia. Acara ini diawali dengan pembacaan Laporan Direktur Pengembangan Akademik UI, Dr. Risnowati Martin dan Direktur Sumber Daya Manusia UI, Riani Rachmawati, S.E, M.A, Ph.D. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Rektor Universitas Indonesia, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met.

“Pemilihan dosen berprestasi tingkat Universitas Indonesia merupakan salah satu program kerja direktorat pengembangan akademi UI yang bertujuan untuk memfasilitasi dan memotivasi sivitas akademik agar terpacu untuk selalu produktif dan melahirkan karya inovasi bagi yang bermanfaat bagi kehidupan bernegara dan berbangsa Indonesia. Di sisi lain pemilihan dosen berprestasi juga merupakan sistem penghargaan aspirasi dan motivasi di kalangan dosen. Pelaksanaan pemilihan dosen berprestasi terbagi ke dalam 2 kategori yaitu kategori rumpun sains dan teknologi dan kesehatan serta kategori rumpun sosial humaniora,” kata Direktur Pengembangan Akademik UI, Dr. Risnowati Martin.

“Unsur penunjang pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi yang sangat penting dalam mendukung tercapainya visi dan misi Universitas Indonesia karena itu tidak hanya dosen, tenaga kependidikan pun terus di dorong untuk berinovasi dan menghasilkan karya prestasi dalam rangka meningkatkan profesionalisme dalam melayani berbagai pemangku kepentingan. Inovasi sekecil apapun akan menjadikan organisasi terus berkembang dan maju. Diajang diktendik award ini katagori individu yang di lombakan adalah sebagai berikut pengadministrasi akademik, pengelola keuangan, pustakawan, laboran, dan arsiparis. Selain itu inovasi tidak terbatas pada individu tetapi juga kelompok dan tim kerja lintas fakultas untuk itu UI juga memberikan penghargaan bagi kelompok yang melakukan inovasi untuk kategori Humas, SDM dan Umum, K3L dan PLK. Pada tahun ini kami juga akan memberikan piala bergilir sebagai juara umum untuk unit kerja yang paling banyak memperoleh gelar juara bagi dosen dan tenaga kependidikan.” Kata Direktur Sumber Daya Manusia UI, Riani Rachmawati, S.E, M.A, Ph.D.

Total peserta kategori individu adalah 14 peserta dan total kategori kelompok adalah 27 kelompok dari PAU dan berbagai fakultas. Pemenang pertama dalam kategori ini akan mewakili UI di tingkat nasional dalam ajang pemilihan dosen dan tenaga kependidikan berprestasi di tingkat nasional.

Dalam sambutannya, Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met, mengatakan bahwa budaya apresiasi perlu dikembangkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, terutama di Universitas Indonesia. “Diktendik Award ini merupakan bentuk apresiasi Universitas Indonesia kepada pendidik dan tenaga kependidikan berprestasi. Ajang ini diharapkan mampu memacu individu untuk selalu berinovasi,” ujarnya.

Rektor UI juga menyampaikan apresiasinya kepada para peserta dan juri yang telah mengikuti ajang diktendik award 2019. “Tentu ada kabar gembira yang ingin kami sampaikan, untuk mahasiswa yang kita kirim di tingkat nasional dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis berhasil mendapatkan juara 1 tingkat nasional,” jelasnya.

Dalam katagori individu yang dilombakan kontigen FEB UI berhasil meraih beragam penghargaan. Diantaranya Dr. Ir. Mahjus Ekananda sebagai juara 1 kategori dosen berinovasi rumpun sosial humaniora, sedangkan untuk kategori kelompok FEB UI meraih juara 2 humas berinovasi yang diraih Delli Asterina dan Hana Fajria.