Departemen Akuntansi FEB UI Gandeng CIMA Selenggarakan Lokakarya Analisis Studi Kasus

Departemen Akuntansi FEB UI Gandeng CIMA Selenggarakan Lokakarya Analisis Studi Kasus

 

 

Melva Costanty – Humas UI

DEPOK- Departemen Akuntansi bekerjasama dengan Center of Excelence of The Chatered Institute of Manajement Accountants (CIMA) Indonesia mengadakan “Case Study Analysis Workshop” bagi dosen Departemen Akuntansi du Ruang Interaksi, Gedung Departemen Akuntansi, Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia Kampus Depok.

 

 

 

 

 

Prof. Dr. Saravanan Muthaiyah mengatakan untuk pembelajaran kognitif, studi kasus merupakan metode yang efektif. “Walaupun dapat diajarkan dengan penambahan metode pengajaran yang lain, tapi tidak bisa mengukur seberapa banyak mahasiswa kita berpikir, sedalam berpikir kritis mereka. Pemberian pertanyaan dan mahasiswa menulis jawabannya bisa saja dilakukan tapi tidak maksimal.”

Untuk memulai menulis studi kasus, Prof. Dr. Saravanan membagikan tipsnya. “Untuk memulai, bisa dilakukan dnegns memilih tujuan pembelajaran dan mengembangkan rencana ajar (teaching plan). Dqlam satu rencana studi pilih topik-topik yang kompleks yang biss dikembangkan menjadi studi kasus. Untuk awal, mungkin hisa memakai studi kasus orang lain, tapi tahun depan bisa mulai menulis studi kasus sendiri dlam topif yang sama.”

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Workshop yang diikuti oleh 30 dosen jurusan akuntansi ini merupakan bagian dari program untuk akademisi yang diinisiasi oleh Center of Excelence, CIMA Indonesia. Dwi Putra Widiyanto, Country Manajer CIMA Indonesia mengatakan pemilihan fakultas atau universitas untuk bekerjasama berkaitan dengan reputasi dan relasi alumni. “Kami menjalin hubungan baik dengan profesor, dosen-dosen di UI. Beberapa diantara mereka merupakan member CIMA.”