Seminar Mingguan Departemen Ekonomi Bahas Pengaruh Populasi Yang Menua Terhadap Kebijakan Moneter

0

Seminar Mingguan Departemen Ekonomi Bahas Pengaruh Populasi Yang Menua Terhadap Kebijakan Moneter

 

 

Melva Costanty ~ Humas FEB UI

 

DEPOK – Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI mengadakan Seminar Mingguan dengan topik “How Aging Population Affects Monetary Policy: Evidence From Indonesia Sub-national Data” di Ruang 407, Gedung Pascasarjana, FEB UI, Depok (24/7/2019).

U

Pemberi materi dalam Seminar Mingguan kali ini adalah Alvin Ulido Lumbanraja,Beta Yulianie Githaharie, Dwini Handayani dan Teguh Dartanto membahas penelitian mereka mengenai seberapa kritis perubahan struktur populasi yang dinamis terhadap efektifitas kebijakan moneter.

Penelitian ini mencoba untuk mengetahui hubungan antara struktur umur dalam populasi dan kebijakan moneter menggunakan data kredit konsumer di tingkat provinsi pada tahun 2010-2018.
“Penelitian ini menggunakan data makro sebelumnya untuk melihat age population terhadap kebijakan moneter. Kebijakan moneter disini kita melihatnya dari besaran kredit.” ujar Alvin.

Beta menambahkan penelitian ini belum final. “Penelitian yang dipresentasikan hari ini masih pre-eliminary research. Jadi masih akan bayak perbaikan-perbaikan.” ujar Beta

Hasil yang didapat terdapat 53% kredit konsumer di Indonesia yang disediakan oleh 4 bank Nasional di Indonesia Regions, dan beberapa daerah cukup sensitif terhadap perubahan kebuijakan moneter.

Seminar juga dilanjutkan dengan diskusi dengan peserta seminar yang hadir. Peserta memberikan pertanyaan, saran dan masukan kepada tim peneliti.

Leave a Reply