Karto Adiwijaya Kaji Pengaruh Marketing Ambidexterity Terhadap Kinerja Perusahaan di Industri FMCG

Karto Adiwijaya Kaji Pengaruh Marketing Ambidexterity Terhadap Kinerja Perusahaan di Industri FMCG

 

 

Melva Costanty ~ Humas FEB UI

 

DEPOK – Program Pascasarjana Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Karto Adiwijaya (1306417061), di Gedung Pascasarjana, FEB UI, Jumat (12/7/2019).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Susijati B. Hirawan, dengan pembimbing Sari Wahyuni, Ph.D. (Promotor), Gita Gayatri, Ph.D. (Ko-Promotor 1), dan Dr. Jacob Silas Mussry (Ko-Promotor 2). Selaku tim penguji Dr. Rizal Edy Halim (Ketua Penguji), Arnold Japutra, Ph.D, Dr. Ignatius Heruwasto, Dr. Nurdin Sobari, Sri Rahayu Hijrah Hati, Ph.D.

Topik yang diangkat dalam disertasi berjudul “Pengaruh Marketing Ambidexterity Terhadap Kinerja Perusahaan di Industri FMCG: Peran Market Knowledge Development, Cross Functional Marketing Capabilities dan Perceived Task Environment”. Karto memilih topik ini karena topik ini masih jarang, masih belum banyak diteliti dalam konteks pemasaran. “Saya mengambil ambidexterity ini dari konteks strategik, kemudian saya tarik ke konteks pemasaran. Dalam konteks strategik disini, dari beberapa bukti empiris, ambidexterity menunjukkan bahwa dia bisa mendorong kinerja perusahaan. Dalam konteks perusahaan diharapkan marketing ambidexterity ini bisa mendorong kinerja perusahaan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang,” ujar Karto.

Dalam mengerjakan disertasinya, Karto juga menghadapi tantangan, salah satunya dalam pengumpulan data, “Karena unit analisis saya adalah perusahaan, perusahaan Fast Moving Consumer Goods. Nah, disitu responden saya adalah manajer, pemegang posisi manajerial di perusahaan. Sangat sulit untuk mendapatkan akses ke mereka dan untuk menjawab kuisioner. Saya mungkin minim pengalaman dalam penulisan artikel untuk publikasi internasional. Namun, promotor dan co-promotor sangat membantu saya,” tambahnya.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor pendorong dan konsekuensi dari ambidexterity pemasaran (eksplorasi dan eksploitasi pemasaran) pada industri Fast Moving Consumer Goods Indonesia. Pendekatan single cross-sectional dengan purposive sampling dirancang untuk mencapai tujuan penelitian. Data dikumpulkan dari 99 perusahaan FMCG Indonesia melalui survei off-line dan on-line dan dianalisis menggunakan SmartPLS 3.

Studi ini menunjukkan bahwa pengembangan pengetahuan pasar, kapabilitas pemasaran lintas-fungsional, dan perceived task environment sangat penting dalam membangun ambidexterity pemasaran. Ambidexterity pemasaran juga telah terbukti menjadi pendorong utama kinerja pemasaran dan pentingnya ambidexterity dalam konteks pemasaran dan dampaknya terhadap kinerja pemasaran.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan Sidang Terbuka Promosi Doktor memutuskan, Karto Adiwijaya dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan berhasil mendapakn gelar Doktor yang ke-267 Bidang Ilmu Manajemen. Selamat kepada Dr. Karto Adiwijaya! (des)