Mahasiswa Ilmu Ekonomi FEB UI Jadi Delegasi 5th Youth Finance International Summit and Global Inclusion Awards Ceremony

Mahasiswa Ilmu Ekonomi FEB UI Jadi Delegasi 5th Youth Finance International Summit and Global Inclusion Awards Ceremony

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Mahasiswa Ilmu Ekonomi 2016 FEB UI, Cania Adinda Sinaga menjadi delegasi UI sebagai perwakilan komunitas sosial penerima beasiswa Bank Indonesia yang berada di lingkungan UI (GENBI UI) dalam The 5th Child Youth Finance International Summit and Global Inclusion Awards Ceremony di Johannesburg, Afrika Selatan, pada (19ā€“20/6/2019).

Generasi Baru Indonesia UI (GENBI UI) mendapat undangan khusus di forum global, sebagai salah satu perwakilan organisasi sosial kategori anak muda yang fokus terhadap dunia literasi dan inklusi keuangan. GENBI UI berkesempatan mempresentasikan kegiatan literasi dan inklusi keuangan yang ada di Indonesia, sejalan dengan tema summit tahun ini ā€œEconomic Citizenship and Employment: A Future for Allā€.

Berkat kerjasama tim GENBI UI pada tahun 2018 hingga 2019 dalam proyek sosial yang dibuat dengan nama ā€œInkubasi Literasi Keuangan Anak dan Ibuā€ (ILKAI) di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Akasia, Tebet Barat mendapat perhatian di sekala Internasional oleh NGO Child Youth Finance International (CYFI).

Menurut Cania Adinda Sinaga, sebagai perwakilan komunitas sosial penerima beasiswa bank Indonesia bernama GENBI UI, diberikan tanggung jawab untuk menjadi pioneer literasi keuangan untuk masyarakat. Program social project tentang ILKAI yang digagas oleh GENBI UI mempunyai 3 goals besar sesuai anjuran CYFI, di antaranya learn, save, earn.

Bagaimana audiens ILKAI bisa belajar tentang mengolah uang dan mengenal produk keuangan (learn). Kemudian, bagaimana audiens bisa belajar menyimpan uangnya (save). Dan bisa menjadikan uangnya sebagai penghasilan lagi (earn).

ā€œKegiatan besar ILKAI ialah seminar keuangan untuk ibu dan anak, jalan-jalan edukasi keuangan ke museum Bank Indonesia, dan pembukaan gratis rekening baru untuk anak. Secara bersamaan di ruang terbuka anak-anak yang notabene nya duduk di bangku SD kelas 3ā€“6, kami kenalkan perihal perencanaan keuangan dan produk keuangan dari tingkat sederhana, yaitu menabung yang dibalut dengan permainan interaktif,ā€ jelasnya.

Selain itu, juga berkesempatan mengenalkan ā€˜program inklusi juniorā€™ dimana GENBI UI bekerjasama dengan BNI 46 Tebet Barat untuk membukakan rekening gratis tabungan BNI Taplus Anak di akhir periode bagi 35 audiens. Di sela-sela kegiatan tersebut, kami perkenalkan juga satu kurikulum/program menabung di celengan dengan pencatatan yang baik, bertujuan jika kelak mereka melanjutkan program menabung di bank, mereka tidak kehilangan arah bagaimana cara menabung.

ā€œHal ini juga menjadi daya tarik tersendiri dari peserta yang hadir karena program kami dianggap sustainable dan punya rangkaian dengan akhir yang bermakna untuk mencapai tujuan keuangan yang inklusif,ā€ tutupnya. (Des)

 

Ā