Mahasiswa Akuntansi FEB UI Juara 1 Lomba Esai Perdana PPI Tunisia

Mahasiswa Akuntansi FEB UI Juara 1 Lomba Esai Perdana PPI Tunisia

Delli Asterina ~ Humas FEB UI

Rio Ferdinand, mahasiswa akuntansi angkatan 2017 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia berhasil membawa esainya menjadi juara pertama dalam kompetisi lomba esai perdana PPI Tunisia, dengan judul “Wirausahawan Digital: Tulang Punggung Indonesia Emas 2045”

PPI Tunisia bekerja sama dengan KBRI Tunis sukses menyelenggarakan lomba esai nasional 2019. Lomba yang bertemakan “Perubahan Dunia Dalam Genggaman Pemuda Bangsa” ini dimulai dari tgl 18 Februari hingga 2 April 2019 sukses menarik perhatian mahasiswa Indonesia di seluruh dunia.

Dalam rangka meningkatkan peran pemuda dan diaspora Indonesia melalui lomba esai 2019 ini para peserta yang mendaftarkan dirinya dalam perlombaan tercatat sebanyak 717 peserta namun hanya 241 esai yang terkumpul dari 115 perguruan tinggi baik di dalam maupun di luar negeri.

Adapun juri dalam perlombaan ini yang pertama Prof. Dr. Ikrar Nusa Bhakti selaku Duta Besar RI untuk Tunisia dan Muammar Kadafi, Lc., MA selaku Konsultan Web di Puslitbang Pendidikan Agama & Keagamaan Kemenag RI.
Durasi waktu penilaian juri berlangsung selama kurang lebih 20 hari dan menghasilkan 3 pemenang dengan esai terbaik berdasarkan penilaian dari kedua juri.

Kriteria penilaian telah ditentukan oleh panitia yang mencakup kesesuaian tema 20%, ide gagasan 30%, argumentasi 30% dan penulisan 20%.

Dubes RI untuk Tunisia menyampaikan, Kegiatan ini sangat bagus untuk memacu anak-anak muda dan mahasiswa untuk menulis dan memikirkam masa depan negara dan bangsanya di kancah pertarungan ekonomi internasional yang semakin dahsyat.

“Senang dan bangga bisa memenangkan lomba esai mengenai peran millenial untuk mendukung Indonesia Emas 2045,” ungkap Rio.

“ Kedepannya tetap mengembangkan potensi diri dan terus rendah hati untuk memiliki semangat belajar,” tutupnya.