Kaji Dampak Ekonomi dari Industri 4.0, Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI Hadirkan Dosen Tamu dari Tiongkok

Kaji Dampak Ekonomi dari Industri 4.0, Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI Hadirkan Dosen Tamu dari Tiongkok

 

Hana Fajria ~ Humas FEB UI

DEPOK – Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyelenggarakan Guest Lecture mengenai “Economic Impacts of Industry 4.0 on Emerging Economies” dengan dosen tamu Adjunct Professor Lee Chuan Guan (John) dari Renmin University of China di moderator oleh Dr. Alin Halimatussadiah selaku dosen ilmu ekonomi. Acara yang berlangsung dari pukul 14.00 WIB sampai 16.00 WIB ini dilaksanakan di ruang kelas A1.12, Gedung A, lantai 1 pada hari Rabu (13/2/2019).

Professor Lee Chuan Guan memulai pemaparan mengenai negara ekonomi berkembang dan menjelaskan lima karakteristik pasar ekonomi berkembang, seperti penghasilan per kapita yang lebih rendah dari rata-rata, pertumbuhan yang cepat, volatilitas tinggi, pasar modal yang belum matur dan pengembalian modal tinggi. “Sejak revolusi industri, dunia telah mengalami peningkatan pertumbuhan ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya yang dipicu oleh inovasi dan dampak ekonomi pendapatan per kapita dengan mengambil contoh negara Tiongkok sebagai negara yang mengungguli”, ujar Lee.


Industri 4.0 adalah nama yang diberikan untuk tren otomatisasi dan pertukaran data saat ini. Ini termasuk sistem cyber-fisik, Internet hal, komputasi awan dan komputasi kognitif. Industri 4.0 biasanya disebut sebagai revolusi industri keempat. Ragam AI diantaranya Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IOT), Unmanned Vehicles (UAV), Mobile Technology (5G), Shared Platform, Block Chain, Robotics dan Bio-Technology. Industri 4.0 menghasilkan banyak kreativitas dan kebaruan, yaitu kekayaan intelektual yang perlu dilindungi dan ditegakkan.

“Dampak industri 4.0 melampaui ekonomi berkembang dililhat dari kepemimpinan global yang bersandar pada fondasi yang kuat dan ekonomi yang dinamis” tutup Lee, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan foto pemberian plakat. Diharapkan, materi kuliah ini akan bermanfaat bagi mahasiswa Ilmu Ekonomi FEB UI. (Des)

 

 

 

 

Leave a Reply