Kerjasama Executive Education MPKP FEB UI dengan Department of Spatial Economics VU Amsterdam

Kerjasama Executive Education MPKP FEB UI dengan Department of Spatial Economics VU Amsterdam

 

Delli Asterina ~ Humas FEB UI

Jakarta – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) dengan Vrije Universiteit (VU) Amsterdam meningkatkan kerjasamanya, khususnya pada Departement of Spatial Economics. Inisiasi executive education tersebut telah berlangsung pada Senin, 04 Februari 2019 di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Dihadiri oleh Prof. Ari Kuncoro, Ph.D selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Dr. Beta Yulianita Gitaharie selaku Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan, Teguh Dartanto, S.E., M.Ec, Ph.D selaku Ketua Departemen Ilmu Ekonomi, Vid Adrison, M.A., Ph.D. selaku Ketua Program Studi Magister Perencanaan Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan (MPKP), Isfandiarni, S.E.,M.A. Kemudian Prof. Dr. Henri de Groot, Dr. Peter Mulder dari Department of Spatial Economics VU Amsterdam mengunjungi Kementerian PPN/ Bappenas RI dan Kementerian Keuangan RI.

Pada kunjungan pertama, Pimpinan FEB UI bersama pimpinan Department of Spatial Economics VU Amsterdam mendatangi Kementerian PPN/Bappenas RI dengan disambut oleh Menteri PPN/ Kepala Bappenas RI Prof. Bambang P.S. Brodjonegoro, Ph.D. Dalam inisiasi executive education tersebut membahas pengembangan sumber daya manusia dan penelitian yang terkait kebijakan di bidang spatial economics yang mencakup smart cities, connectivity, housing, climate change, dan lainya. Selanjutnya membahas pengembangan cakupan program S2 double degree termasuk bidang spatial economics.

Kemudian pada kunjungan kedua ke Kementerian Keuangan RI, Pimpinan FEB UI bersama Pimpinan Department of Spatial Economics VU Amsterdam disambut oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan Marwanto Harjowiryono, M.A. Dalam pembahasan inisiasi executive education membahas pengembangan sumber daya manusia dalam bentuk intensive course tentang spatial dan urban economics. Selanjutntya membahas pengembangan program untuk meningkatkan daya saing dan inovasi daerah menuju era Indonesia 4.0.

“Departemen Ilmu Ekonomi ingin melakukan terobosan baru terkait dunia pendidikan. Karena perubahan akan semakin cepat dan dinamis sehingga pengetahuan mengenai pendidikan perlu ditingkatkan dan di-update. Executive Education ini adalah suatu program yang mencoba menjawab perubahan tantangan dan perubahan skill dengan keterampilan baru. Program re-training kepada yang sudah bekerja untuk meng-upgrade keterampilan barunya,” ungkap Teguh Dartanto, S.E., M.Ec, Ph.D selaku Ketua Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI.

Executive Education program di Departemen Ilmu Ekonomi ini, ditempatkan di Magister Perencanaan dan Kebijakan Pembangunan (MPKP), karena memang fokusnya untuk para pengambil kebijakan di level pemerintah pusat maupun daerah. Agar pengetahuannya semakin meningkat. uniknya dari Executuve Education ini yang akan kami tawarkan ialah kombinasi antara dalam negeri dan luar negeri. Kombinasi ini harus dilakukan karena kita harus belajar dari konteks lokal dan juga belajar dari pengalaman luar negeri. Sehingga ada program 3 +1, 3 minggu di Indonesia dan 1 Minggu di luar negeri. Departemen Ilmu Ekonomi sudah ada kerjasama antara FEB UI dengan dengan Department of Spatial Economics VU Amsterdam,” tambahnya

“Paling menarik pada program ini yaitu yang akan lulus apabila ingin melanjutkansekolah master di MPKP akan ada 2 matakuliah yang bisa di transfer. Bisa mengurangi beban kuliah diawal mata kuliah. Target pesertanya adalah para pengambil kebijakan di daerah dan pusat. Kemudian syarat lainya minimum program S1. Inisiasi ini sudah kita sampaikan di Kementerian PPN/Bappenas dan Kementerian Keuangan RI,”

“Setelah audiensi ini, akan dilaksanakannya diskusi mengenai teknis pelaksanaannya. Optimisnya akhir tahun ini bisa dilakukan pada akhir tahun 2019/2020,”

“Kedepannya kami ingin membuat join/ double degree, ingin ada join Ph.D program untuk melakukan progam inovasi. Intinya ialah Departemen Ilmu Ekonomi akan selalu berusaha mencari celah untuk bekerjasama dengan Internasional University lainya dalam meningkatkan kapasitas pendidikan. Selain itu juga dengan Vrije Universiteit (VU) Amsterdam, kami juga berharap selain intensive course dosen, kami juga berharap akan banyak mahasiswa dari belanda ke FEB UI, begitu juga mahasiswa FEB UI ke belanda” tutupnya.