FEB UI Sapu Bersih Juara di Ajang Deloitte Tax Challenge 2019

FEB UI Sapu Bersih Juara di Ajang Deloitte Tax Challenge 2019

Delli Asterina ~ Humas FEB UI

Deloitte Tax Challenge (DTC) adalah lomba kasus perpajakan yang diadakan Deloitte untuk mahasiswa S1 di seluruh Indonesia yang bertujuan menguji pengetahuan mengenai perpajakan.

Tahapan lomba terdiri dari 3: submission video tentang “Taxation in Digital Era“, Semifinal yang diikuti 12 tim, dan Final yang diikuti 6 tim. 3 tim yang terpilih ialah dari FEB UI.

Peserta DTC berasal dari beberapa universitas di Indonesia, beberapa di antaranya adalah UI, ITB, Universitas Muhamadiyah Yogyakarta, Universitas Brawijaya dan Universitas lainnya.

Deloitte Tax Challenge juga merupakan kompetisi tahunan yang mengambil topik perpajakan internasional dan manajemen pajak yang diadakan oleh Deloitte Indonesia. Tahun ini mengusung tema digitalisasi perpajakan.

Acaranya diselenggarakan pada tanggal 16 Januari 2019 (Semifinal) dan 30 Januari 2019 (Final) di kantor Deloitte yang berada di The Plaza, Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta.

Dalam babak semifinal dan final, peserta DTC diberi kasus perpajakan untuk diselesaikan dalam waktu 2 jam (semifinal) dan 1,5 jam (final) dan lalu dipresentasikan di depan Director dan Partner Deloitte. Kasus perpajakan yang diberikan secara umum mengenai OECD BEPS Action Plans.

Tim FEB UI ‘The Four Horsemen’ yang terdiri dari Muhammad Farhan Riansyah Putra (Akuntansi 2015), Michelle Priscilla (Akuntansi 2015),Namira Suniaprita (Akuntansi 2015), Nathanael Abednego (Akuntansi 2015) meraih juara 1 DTC dan mendapatkan hadiah 20 juta rupiah serta akan mewakili Indonesia dalam babak Southeast Asia di Thailand pada awal Maret nanti.

“Kami berharap diberikan kelancaran dalam menghadapi babak selanjutnya. Dan kami juga berharap hal ini dapat mendorong teman-teman di FEB UI untuk terus mencoba hal baru,” ungkap Farhan

Juara kedua diraih oleh tim Kadek Sanjaya (Akuntansi 2016), Angga Fahmi Dirga (Akuntansi 2016), Ramadhania Deninta Sismi (Akuntansi 2016), I Gede Sthitaprajna Virananda (Ilmu Ekonomi 2016). Kemudian, kategori Best Individual Performance diraih atas nama I Gede Sthitaprajna Virananda (Ilmu Ekonomi 2016).

Juara ketiga diraih oleh Tim Mars FEB UI yang beranggotakan Maura Bellarmia Alexandrina (Akuntansi 2016), Stefanny Christina (Akuntansi) 2016, Andito Danisworo (Akuntansi) 2016, Randy Raharja Lidian, (Akuntansi 2015).

“Kami mengerjakan case yang diberikan pada hari itu dan mempresentasikan hasilnya kepada dewan juri. Topik yg dibahas di case meliputi hal-hal terbaru di perpajakan internasional Tim kami memperoleh juara 3,” kata Maura

“Semoga tahun depan FEB UI dapat menjuarai lomba ini lagi,” ungkap Maura

“Pesan kami untuk mahasiswa yg ingin mengikuti Deloitte Tax Challenge ialah jangan takut untuk mencoba, persiapkan diri dengan baik, dan jangan lupa berdoa,” tutup Kadek.