Persiapkan Semester Baru 2018/2019, Departemen Manajemen FEB UI Selenggarakan Rapat Koordinasi Dosen

0

Persiapkan Semester Baru 2018/2019, Departemen Manajemen FEB UI Selenggarakan Rapat Koordinasi Dosen

 

Hana Fajria ~ Humas FEB UI

Depok – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyelenggarakan Rapat Koordinasi Dosen Manajemen bersama Kepala Program Studi FEB UI dengan Narasumber masing-masing Program Studi yakni dari Kepala Program Studi S1 Manajamen, Koordinator Program Studi Kelas Khusus International, Kepala Program Studi Bisnis Ekonomi Islam dan Koordinator Program Studi S1 Ekstensi Manajemen. Acara yang berlangsung dari pukul 10.00 WIB sampai 13.00 WIB ini dilaksanakan di Gedung Pascasarjana Lantai 4, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, pada hari Senin (28/1/2019).

Pada Rapat Koordinasi Dosen ini ada beberapa yang dibahas dari tiap program studi seperti perkembangan terkini dan isu-isu penting dari masing-masing program studi di FEB UI. Pemaparan rapat pertama dibuka oleh Athor Subroto, S.E., M.M., M.Sc, Ph.D selaku Ketua Progran Studi S1 Reguler Manajemen. Beliau memaparkan mengenai learning goals (AACSB) detail learning objectives, mengulas kondisi S1 Manajemen saat ini seperti dimana sudah terakreditasi: BAN-PT (2017)—berakhir 2022; AUN (2018)—berakhir 2023, Acceptance rate (2017): SBMPTN(3,37%), SNMPTN (3,55%), Rata-rata IPK Lulusan, tingkat drop out. Menjelaskan pula mengenai permasalahan seperti variasi yang tinggi tentang soal ujian dan komunikasi antara dosen dan asisten. Dan mengagendakan pembuatan BRP versi 2018 untuk seluruh mata kuliah BRP versi baru akan menjadi dasar revisi kurikulum 2020, dimana BRP versi baru akan menjadi dasar revisi kurikulum 2020 serta medorong pembuatan coworking space di FEB-UI.

Pemaparan kedua oleh Isfandiary Djafaar, S.E., M.Soc.Sc. selaku Koordinator Kelas Khusus S1 Internasional (KKI), menjelaskan mengenai laporan dari kalender akademik, kinerja akademik, kinerja di universitas mitra, tingkat putus studi & mengundurkan diri, jumlah mahasiswa exchange, universitas mitra baru, tantangan, isu terkait pelaksanaan akademik, isu terkait tugas akhir dan hasil EDOM dari program studi di kelas khusus internasional.

Pemaparan ketiga oleh Helman Arif, MM selaku Koordinator Program Studi S1 Ekstensi Manajemen. Informasi terkini mengenai Program Studi Ekstensi, Program Ekstensi sudah setara dengan kelas-kelas jenjang sarjana di kelas internasional dan kelas paralel yang juga menginduk pada Program Studi S1 Reguler. Ditambah lagi, hal yang krusial terkait jumlah penerimaan mahasiswa pun menyusut dari semula pada tahun sebelumnya bisa mencapai diatas 100 orang mahasiswa, menjadi hanya 50 orang saja di tahun 2017/2018. Hal ini terkait ketentuan bahwa jumlah mahasiswa kelas paralel, ekstensi dan internasional tidak boleh melebihi 60% dari jumlah mahasiswa reguler. Dengan demikian, penerimaan mahasiswa Ekstensi pun diturunkan sejumlah tersebut.

Pemaparan keempat oleh Sri Rahayu Hijrah Hati, Ph.D selaku Ketua Program Studi Bisnis Islam. Informasi terkini dari Program Studi Bisnis Islam adanya mata kuliah yang sudah achieved seperti Assessment Plan dari mata kuliah Fiqh Muamalah dan Islamic Banking Management, informasi Students Publication di tahun 2018, issues yang terjadi seperti Keterlibatan Komunitas Siswa, Akreditasi (AACSB & Nasional) dan Pendanaan Mahasiswa.
Setelah penjelasan dari masing-masing program studi, para Kepala Program Studi melakukan diskusi mengenai masalah-masalah yang ada tersebut dan diakhiri dengan makan bersama. (Des)