Taufik Hidayat Teliti Pengaruh Kualitas Audit dan Tata Kelola Perusahaan Terhadap Relevansi Nilai Wajar Aset Tetap dan Properti Investasi

Taufik Hidayat Teliti Pengaruh Kualitas Audit dan Tata Kelola Perusahaan Terhadap Relevansi Nilai Wajar Aset Tetap dan Properti Investasi

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Program Pascasarjana Ilmu Akuntansi selenggarakan sidang terbuka Promosi Doktor Taufik Hidayat (1106045481) yang berlangsung di Gedung Pascasarjana, pada Jumat (18/1/2019).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Robert A. Simanjuntak, Ph.D., dengan pembimbing, Prof. Sidharta Utama, Ph.D. (Promotor), Dr. Fitriany Amarullah (Ko-Promotor 1), Dr. Vera Diyanty (Ko-Promotor 2). Selaku tim penguji, Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, Ph.D. (Ketua Penguji), Dr. Sylvia Veronica, NPS, Dr. Soemarso Slamet Rahardjo, Etty Retno Wulandari, Ph.D., dan Dr. Ratna Wardhani.

Penulisan disertasi yang diangkat oleh Promovendus, berjudul “Pengaruh Kualitas Audit dan Tata Kelola Perusahaan Terhadap Relevansi Nilai atas Nilai Wajar Aset Tetap dan Properti Investasi: Studi Lintas Negara”.

Studi ini menguji relevansi nilai atas pengakuan dan pengungkapan nilai wajar aset tetap dan properti investasi. Relevansi nilai atas pengakuan diuji dengan membandingkan relevansi nilai atas nilai wajar properti investasi dengan aset tetap.

Untuk aspek pengungkapan, selain menguji relevansi nilai pengungkapan nilai wajar aset tetap dan properti investasi secara umum, juga menguji relevansi nilai atas pengungkapan nilai wajar aset tetap dan properti investasi yang diukur oleh penilai independen dan manajemen. Selain itu, diuji pengaruh kualitas audit, praktik tata kelola perusahaan, dan karakteristik negara terhadap relevansi nilai atas pengakuan dan pengungkapan nilai wajar aset tetap dan properti investasi.

Kualitas audit menggunakan proksi ukuran auditor (Big 10). Sampel penelitian terdiri dari 1.665 observasi firm years pada 18 negara dengan kapitalisasi pasar modal terbesar pada kurun waktu 2011-2014. Pengujian dilakukan dengan metode regresi panel data (balanced panel). Studi ini menemukan bukti bahwa secara umum nilai wajar aset tetap dan properti investasi yang diukur oleh penilai independen memiliki relevansi nilai.

Relevansi nilai atas nilai wajar properti investasi lebih tinggi dibandingkan aset tetap. Pada aspek pengakuan, kualitas audit, praktik tata kelola perusahaan, kualitas dan penegakan hukum terbukti meningkatkan relevansi nilai atas pengakuan nilai wajar aset tetap dan properti investasi.

Berdasarkan hasil uji sensitivitas ditemukan bukti bahwa pengaruh Big 4 dan Second tier tidak berbeda dalam meningkatkan relevansi tersebut. Pada aspek pengungkapan, nilai wajar aset tetap dan properti investasi tidak memiliki relevansi nilai, baik yang diukur oleh penilai independen maupun manajemen.

Selain itu, berdasarkan hasil uji sensitivitas, hanya pengungkapan nilai wajar aset tetap dan properti investasi yang diukur oleh penilai independen serta diaudit oleh Big 4 yang memiliki relevansi nilai.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan Taufik Hidayat dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-63 Bidang Ilmu Akuntansi. Selamat kepada Dr. Taufik Hidayat! (Des)