Kuliah Ekonomi Islam di FEB UI Lebih Seru dengan Credit Earning Progam

Kuliah Ekonomi Islam di FEB UI Lebih Seru dengan Credit Earning Progam

 

Tika Arundina Aswin ~ Ketua Program Studi Ilmu Ekonomi Islam FEB UI

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Program Sarjana Ilmu Ekonomi Islam (IEI) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia membuka Program Perolehan Kredit atau mini Credit Earning Program (CEP) di tahun ajaran 2019. CEP bisa ditempuh minimal satu semester. Apabila sudah lulus dari Program CEP, mahasiswa memperoleh Transkrip Nilai dan Sertifikat dari UI.

IEI FEB UI merupakan Program Studi Jenjang Sarjana (S-1) dibawah naungan Departemen Ilmu Ekonomi. Program IEI FEB UI berdiri sejak November 2012 dan dirancang untuk menghasilkan Sarjana Ekonomi yang memiliki daya saing dalam hal penguasaan teori dasar ekonomi konvensional dan ekonomi Islam, dengan kemampuan analisis yang empiris, serta memiliki keterampilan komunikasi yang baik.

Program Credit Earning Program (CEP) adalah Program di mana mahasiswa dapat mengambil satu atau lebih mata kuliah yang ditawarkan oleh IEI dan dapat ditransfer kreditkan. Jumlah pertemuan dalam satu masa perkuliahan sebanyak 14 kali dan ditambah dengan 1 kali UTS dan UAS. Selain itu, nantinya mahasiswa juga mendapatkan fasilitas seperti akses jurnal dan referensi, keanggotaan Pusat Studi Belajar (PSB), dan akses terhadap sarana-prasarana UI mapun FEB UI.

Beberapa mata kuliah yang ditawarkan melalui CEP adalah Fiqh Riba dan Gharar (3 SKS) yang bertujuan untuk memberi mahasiswa landasan syariah yang kokoh terkait hukum riba dan gharar dan Islam. Mata kuliah ini membahas aspek fiqh dari dua fitur utama sistem keuangan islam, yaitu pelarangan riba dan pelarangan gharar.

Mata kuliah Pengantar Keuangan dan Perbankan Islam (PKPI- dengan 3 SKS) yang bertujuan memperkenalkan aplikasi fiqh klasik di industri keuangan dan perbankan kontemporer. Pembahasan praktek kontemporer di industri keuangan dan perbankan dari kontrak-kontrak pembiayaan Islam klasik, mecakup analisis kontrak dari produk-produk keuangan dan perbankan islam, inovasi-inovasi dan evaluasi. Dalam Mata kuliah ini juga akan dilakukan komparasi antara produk keuangan konvensional dan produk keuangan islam.

Sedangkan mata kuliah Sejarah Peradaban & Pemikiran Ekonomi Islam (3 SKS) bertujuan mengenalkan mahasiswa pada peradaban dan kontribusi ekonomi Islam pada peradaban modern dan ekonomi konvensional yang membahas sejarah perdaban dan pemikiran ekonomi Islam dari fase pembentukan awal, translasi pemikiran Yunani, retranslasi dan transmisi ke Barat dan dibahas secara khusus pemikiran ekonomi dari Al Qur’an dan Sunnah serta pmikiran ekonomi cendikiawan besar Islam.

Tujuan dari Program CEP ialah untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat (termasuk mahasiswa dari perguruan tinggi lain) dalam mengikuti kegiatan akademik di UI. Peserta yang mengikuti kegiatan akademik secara penuh akan memperoleh pengakuan dalam bentuk perolehan satuan kredit semester. Jumlah kredit yang diperoleh dapat diajukan untuk ditransfer apabila peserta yang bersangkutan suatu saat diterima sebagai mahasiswa UI.

Program CEP ini dibuka sampai 30 Januari 2019 yang mana perkuliahan akan dimulai pada 4 Februari 2019. Formulir pendaftaran dapat dikirim melalui email iei.febui@gmail.com. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi CP: Ibu Risna (087887106183) atau Ibu Khonsa (081310750539).

Prosedur pendaftaran CEP di antaranya minimal lulusan SMA/SMK/MA, bukan mahasiswa S-1 di IEI FEB UI, mengajukan pendaftaran (secara manual) di IEI FEB UI dan memilih mata kuliah yang diminati, mengisi formulir pendaftaran CEP dengan melampirkan fotocopy ijazah & transkrip nilai akhir, mengirimkan CV, mengambil mata kuliah yang dibuka di CEP maksimal 6 SKS (untuk lulusan SMA), dan 9 SKS (untuk jenjang S-1), serta melakukan pembayaran biaya pendidikan melalui ATM atau Teller menggunakan NPM yang nanti diberikan Prodi IEI FEB UI. Terakhir, biaya perkuliahan CEP sebesar Rp1.000.000 per SKS. (Des)