Rhita Simorangkir Kaji Transfer Tunai Bersyarat dan Aksi Kolektif Lokal pada Rumah Tangga di Indonesia

Rhita Simorangkir Kaji Transfer Tunai Bersyarat dan Aksi Kolektif Lokal pada Rumah Tangga di Indonesia

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia mengadakan Seminar Mingguan yang berlangsung di ruang Soenario Kolopaking, Gedung Dekanat, pada Rabu (9/1/2019).

Seminar Mingguan pada kali ini membahas “Transfer Tunai Bersyarat dan Aksi Kolektif Lokal: Bukti dari Indonesia”. Rhita Simorangkir, Ph.D. selaku CERGE, Charles University Postdoctoral Researcher Economics Institute of the Czech Academy of Sciences, mengatakan bahwa program sosial dapat meningkatkan hasil ekonomi karena perubahan dalam struktur hubungan sosial dan bentuk organisasi (Attanasio et al, 2015).

Menggunakan Conditional Cash Transfers (CCT) yang telah dilaksanakan dengan cepat di negara-negara berkembang sebagai sarana untuk mengurangi kemiskinan. “Saya mengevaluasi apakah penerima program tersebut dapat mempengaruhi kemungkinan rumah tangga yang berpartisipasi dalam aksi kolektif lokal,” ucap Rhita Simorangkir.

Lebih khusus lagi menggunakan perbedaan pada partisipasi kegiatan komunitas rumah tangga dengan membandingkan rumah tangga yang terawat mapun tidak terawat pada tingkat kecamatan. Hal ini menunjukkan bahwa ada bukti yang lemah tentang penurunan keanggotaan organisasi dan aksi kolektif lokal karena penerimaan program PKH.

“Dalam Transfer Tunai Bersyarat ini bahwa rumah tangga tampaknya lebih banyak berpartisipasi dalam kegiatan pembersihan atau pemeliharaan dan mengurangi partisipasi dalam kegiatan perbaikan atau konstruksi. Selain itu, tampaknya ada peningkatan pada kegiatan perbaikan/konstruksi sementara partisipasi rumah tangga dalam hal pembersihan dan pemeliharaan tampaknya mengalami penurunan,” tutupnya. (Des)