Kuliah Perekonomian Indonesia di FEB UI Kini Dibuat dalam Format Massive Open Online Course

Kuliah Perekonomian Indonesia di FEB UI Kini Dibuat dalam Format Massive Open Online Course

 

Hana Fajria ~ Humas FEB UI

DEPOK – Dosen Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia kembali melakukan perekaman video untuk MOOC (Massive Open Online Course) pada mata kuliah Perekonomian Indonesia dengan membahas Konsep Dasar Terkait Transformasi Perekonomian untuk yang berlangsung di Ruang Studio 1, KSDP UI, pada Rabu (19/12/2018).

Dr. Maddaremmeng A. Panennungi selaku Dosen Ilmu Ekonomi memaparkan beberapa outline terkait teori perekonomian Indonesia seperti dimulai dengan mengulas kembali terkait PDB (Produk Domestik Bruto) yang merupakan penjumlahan dari nilai tambah keseluruhan sektor dalam perekonomian, “Untuk menghitung pertumbuhan ekonomi, digunakan PDB dengan harga konstan yang dipilih berdasarkan tahun tertentu. Hal ini dimaksudkan agar pertumbuhan yang dihitung adalah output riil dan dalam menghitung kontribusi atau peranan sektoral atau variabel tertentu terhadap PDB biasanya digunakan harga berlaku”, ungkapnya.

Poin kedua dijelaskan mengenai konsep dasar terkait transformasi perekonomian, terdapat 3 teori pendukung transformasi yakni, Teori Pertumbuhan Ekonomi, Model HD dan Model Dua Sektor. Untuk sumber utama pertumbuhan ekonomi disebutkan seperti model fisik, sumber daya manusia dan teknologi. “Selanjutnya untuk konsep dasar dan empiris transformasi struktural dengan menggunakan data statistik untuk menunjukkan perubahan struktural dalam perekonomian. Dan dengan data cross section (antar banyak negara) dan dalam dalam jangka yang cukup panjang (time series) pada berbagai tingkat pendapatan perkapita, mereka menunjukkan pola transformasi struktural yang terjadi artinya the facts (data) yang berbicara, bukan hanya teori belaka”, tambahnya.

Transformasi Struktural yaitu seiring meningkatnya pendapatan masyarakat menunjukkan terjadinya 4 proses yakni proses akumulasi, proses alokasi, proses distribusi demografi dan proses distribusi pendapatan. Perubahan struktural terjadi ketika pendapatan perkapita masyarakat meningkat yang perubahannya melibatkan banyak fungsi-fungsi ekonomi seperti transformasi dalam produksi, permintaan konsumen domestik, perdagangan internasional (permintaan internasional), dan penggunaan sumber daya serta juga perubahan sosioekonomi seperti urbanisasi. Secara formal, transformasi struktural dapat dibagi ke dalam proses akumulasi, proses alokasi, dan proses distribusi (baik distribusi pendapatan maupun demografi). Dengan catatan, tentunya ada dua arah, selain pendapatan perkapita yang mempengaruhi transformasi, tentunya transformasi akan berpengaruh juga ke pendapatan perkapita. Tapi dalam hal ini fokus ke satu arah saja.

Dengan demikian, Diharapkan dengan adanya perekaman video perkuliahan ini dapat mendukung MOOC (Massive Open Online Course) yang dapat membantu para mahasiswa belajar lebih baik lagi untuk penambahan materi di semester berikutnya. (Des)

 

 

Leave a Reply