Dwi Nastiti Danarsari Uji Dampak Tambahan Capital Buffer Terhadap Perubahan Stabilitas dan Efisiensi Bank Umum Konvensional

Dwi Nastiti Danarsari Uji Dampak Tambahan Capital Buffer Terhadap Perubahan Stabilitas dan Efisiensi Bank Umum Konvensional

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia selenggarakan sidang terbuka Promosi Doktor Dwi Nastiti Danarsari (1306435575) yang diadakan di Auditorium Pascasarjana, pada Kamis (20/12/2018).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Ine Minara S. Ruky, Ph.D., dengan pembimbing, Viverita, Ph.D. (Promotor), Rofikoh Rokhim, Ph.D. (Ko-Promotor). Selaku tim penguji, Prof. Dr. Kresnohadi Ariyoto Karnen (Ketua Penguji), Dony Abdul Chalid, Ph.D., Sigit Sulistiyo Wibowo, Ph.D., Dr. Wahyoe Soedarmono, dan Zaafri Ananto Husodo, Ph.D.

Penulisan disertasi yang diangkat oleh Promovendus, berjudul “Keterkaitan Capital Buffer, Stabilitas dan Efisiensi Bank: Studi Empiris pada Bank Umum Konvensional di Indonesia”. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak dari tambahan capital buffer terhadap perubahan stabilitas dan perubahan efisiensi bank, serta menguji hubungan kausalitas antara stabilitas dan efisiensi bank.

Periode penelitian mencakup tahun 2001 sampai dengan 2015 yang menangkap efek dari krisis keuangan 2007-2008 serta implementasi beberapa regulasi modal. Sampel yang digunakan sebanyak 68 bank umum konvensional yang meliputi 973 observasi. Penelitian ini menggunakan model regresi dynamic panel dan model Granger Causality dengan GMM estimator.

Stabilitas bank diproksikan dengan Z-Score, dan efisiensi diestimasi dengan pendekatan parametric Stochastic Frontier Analysis (SFA). Hasil penelitian menunjukan bahwa tambahan capital buffer berdampak positif signifikan terhadap penguatan stabilitas bank namun memiliki potensi trade-off pada sisi efisiensi bank.

Selain itu, ditemukan hubungan non-linieritas antara tambahan capital buffer dengan perubahan stabilitas bank serta perubahan efisiensi bank. Lebih lanjut, penelitian ini menemukan bahwa peningkatan efisiensi bank Granger Cause penguatan stabilitas bank, atau dengan kata lain bank yang efisiensi akan cenderung stabil. Temuan dari penelitian ini diekspetasikan memberikan gambaran atas kondisi stabilitas dan efisiensi pada bank umum di Indonesia.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan Dwi Nastiti Danarsari dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-269 Bidang Ilmu Manajemen dengan Kekhususan Keuangan & Perbankan. Selamat kepada Dr. Dwi Nastiti Danarsari! (Des)

 

 

 

 

Leave a Reply