Mau Dapat 2 Gelar Sarjana Hanya dalam 4 Tahun? Gabung di KKI FEB UI

Mau Dapat 2 Gelar Sarjana Hanya dalam 4 Tahun? Gabung di KKI FEB UI

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Program Studi Kelas Khusus Internasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (KKI FEB UI) adalah program pendidikan Jenjang Sarjana (S-1) dengan orientasi dan standar internasional yang dikhususkan bagi mereka yang ingin memperoleh pendidikan terbaik di FEB UI dan juga pada universitas-universitas berkelas dunia.

Program ini memang ditujukan untuk mempersiapkan para lulusannya agar memiliki wawasan dan daya saing global serta mampu bekerja pada lingkungan internasional, baik di dalam maupun di luar negeri. Melalui program ini, para lulusan akan memiliki dua keuntungan, yaitu UI networking yang kuat dan international networking yang diperoleh dari pengalaman belajar di luar negeri.

Pada dasarnya, ada 2 jalur (track) yang ditawarkan oleh KKI FEB UI, yaitu single degree (gelar tunggal) dan dual degree (gelar ganda) untuk ketiga Jurusan, di antaranya Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi.

Mahasiswa yang mengikuti track single degree akan menempuh perkuliahan pada universitas ternama di luar negeri selama minimal 1 semester dan kemudian memperoleh gelar S.E. (Sarjana Ekonomi) dari UI. Untuk mengikuti perkuliahan di luar negeri, mahasiswa dapat mengambil study abroad program dengan membayar penuh ke universitas mitra atau melalui exchange program dengan membayar penuh ke UI namun menempuh perkuliahan di luar negeri. Lulusan track ini akan memperoleh 2 transkrip, yaitu dari UI dan dari universitas mitra di luar negeri.

Sedangkan pada track dual degree, mahasiswa akan menyelesaikan minimal 72 SKS di UI dan selebihnya diselesaikan di universitas mitra di luar negeri, kemudian memperoleh 2 gelar sarjana, yaitu Sarjana Ekonomi (S.E.) yang diberikan oleh UI dan gelar Bachelor (B.Sc., B.Com., B.Econ., B.Fin., dan B.Bus.Mgt.) dari universitas mitra di luar negeri yang semuanya merupakan universitas berkelas dunia.

KKI FEB UI telah menjalin kemitraan atau kerja sama dengan 9 universitas terkemuka di Australia dan Eropa seperti 4 universitas terbaik di Australia (University of Melbourne, University of Queensland, University of New South Wales, dan University of Adelaide), 1 universitas terbaik di Selandia Baru (Victoria University of Wellington), dan 3 universitas terbaik di Belanda (University of Amsterdam, University of Groningen, dan Tilburg University), serta salah satu universitas di Inggris yang memiliki reputasi sangat baik (University of Birmingham).

Dalam waktu dekat, KKI FEB UI akan menjalin kemitraan dengan universitas lainnya di Australia (Australia National University) dan universitas di Inggris (Essex University) yang keduanya juga merupakan universitas dengan reputasi internasional sangat kuat.

Berbicara mengenai prestasi yang pernah ditorehkan oleh KKI FEB UI tentu harus dilihat pada kualitas pencapaian para mahasiswa KKI FEB UI. Pencapaian akademik mahasiswa KKI FEB UI pada track dual degree umumnya terlihat di luar negeri dengan ditunjukkan oleh kemampuan sebagian lulusan untuk memperoleh beasiswa prestasi. Di antaranya pembebasan uang kuliah baik sebagian atau seluruhnya (tuition waiver), Dean’s Commendation atau Dean’s List (penghargaan khusus yang diberikan bagi mahasiswa berprestasi berupa acknowledgement khusus), undangan-undangan khusus yang sangat selektif untuk mewakili universitas pada berbagai ajang internasional bergengsi, serta kemampuan menyelesaikan studi lebih cepat dengan nilai akademik yang tinggi.

Selain itu, sejumlah mahasiswa bahkan berhasil memperoleh beasiswa penuh dari universitas di luar negeri untuk melanjutkan studi pada jenjang master atau S-2 pada universitas tersebut. Sementara beberapa mahasiswa bahkan memperoleh beasiswa penuh dari universitas mitra untuk melanjutkan pendidikan hingga jenjang doktoral atau S-3 dan sekaligus menjadi staf pengajar atau faculty member pada universitas tersebut.

Kemudian, pencapaian akademik mahasiswa KKI FEB UI pada track single degree umumnya lebih terlihat selama mengikuti perkuliahan di dalam negeri, yaitu mampu menyelesaikan studi lebih cepat dengan nilai sangat tinggi. Sementara sejumlah mahasiswa mampu memperoleh hibah penelitian (bersama dosen pembimbing skripsinya) dan berhasil mengunggahkan tulisannya (joint research bersama dosen pembimbing) di jurnal internasional.

Prospek kerja dari lulusan KKI FEB UI secara umum 65% lulusannya memilih untuk langsung bekerja dan 35% memilih untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Mereka yang memilih melanjutkan studi, umumnya juga memilih untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Sementara itu, lulusan yang memilih untuk langsung bekerja, sebagian besar bekerja pada perusahaan multinasional dan perusahaan-perusahaan swasta nasional terkemuka. Sebagian lagi bekerja pada BUMN dan hanya sedikit sekali yang langsung memilih untuk memulai bisnis sendiri atau melanjutkan bisnis keluarga. Serta lebih sedikit lagi yang memilih profesi sebagai pengajar atau bekerja di lingkungan kampus.

Jika dibandingkan dengan KKI di universitas lain, KKI FEB UI memiliki beberapa keunggulan. Antara lain UI academic quality yang tinggi dan sangat ketat sehingga lulusannya memiliki daya saing yang sangat tinggi pada labor market maupun ketika hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Selain itu, reputasi internasional atau international networking dengan universitas mitra sangat kuat yang didukung oleh kurikulum pendidikan tinggi yang sangat mumpuni.

Manfaat lain yang diperoleh jika menjadi mahasiswa KKI FEB UI adalah mahasiswa memperoleh the best education di Indonesia dan luar negeri serta networking kuat yang dimiliki oleh UI maupun universitas mitra di luar negeri. Mahasiswa juga diajarkan oleh dosen yang berkualitas, profesional, dan bereputasi sangat baik dengan kualitas kurikulum pendidikan yang telah memenuhi standar yang diberlakukan pada berbagai universitas ternama di KKI FEB UI maupun luar negeri, serta didukung oleh berbagai fasilitas belajar-mengajar yang ada di KKI FEB UI.

Tak hanya itu, mahasiswa juga memperoleh pengalaman berorganisasi terbaik di Indonesia dari berbagai kegiatan kemahasiswaan yang dapat mereka ikuti, baik tingkat nasional maupun internasional yang sekaligus mengasah pula pendalaman mereka atas Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Hal serupa juga mereka rasakan ketika menempuh perkuliahan pada universitas mitra di luar negeri. Dapat dikatakan bahwa bukan hanya hard-skill mereka yang terasah, tapi potensi soft-skill mereka juga dapat dioptimalkan.

Apabila sudah lulus atau menjadi alumni dari KKI FEB UI, maka otomatis tergabung dalam wadah ILUNI FEB UI dan ILUNI UI yang memberikan potensi networking yang sangat luas dan berpengaruh yang tentunya merupakan asset penting pada dunia kerja. Lulusan track dual degree juga akan sekaligus memperoleh pula international networking yang dimiliki oleh universitas mitra di luar negeri.

Saat ini, Kelas Khusus Internasional FEB UI sedang melakukan sejumlah proses diskusi lebih lanjut mengenai bentuk kerja sama dual degree dengan Essex University di Inggris pada mekanisme 3+1. Artinya, mahasiswa menempuh studi di UI selama 3 tahun dan kemudian melakukan transfer studi ke universitas mitra selama 1 tahun untuk memperoleh gelar master.

Apabila program kerja sama antara KKI FEB UI dengan Essex University di Inggris sudah memperoleh MoU dan mendapat persetujuan secara resmi, maka suatu terobosan baru yang sangat menguntungkan bagi mahasiswa track dual degree di KKI FEB UI, karena dapat memperoleh gelar S.E. yang diberikan oleh UI dan M.Sc., yang diberikan oleh Essex University hanya dalam waktu 4 tahun (fast track). Namun, pilihan ini nantinya hanya akan diberikan bagi mahasiswa-mahasiswa yang menunjukkan kinerja akademik yang sangat tinggi.

Daftarkan diri Anda untuk menjadi calon mahasiswa Kelas Internasional FEB UI tahun ajaran 2019/2020 melalui jalur undangan Talent Scouting atau seleksi tertulis Simak Kelas Internasional melalui web www.penerimaan.ui.ac.id. Informasi lebih lengkap dapat diakses melalui simak.ui.ac.id. (Des)