Mahasiswa FEB UI Juara 2 Kompetisi Akuntansi AAEW

Mahasiswa FEB UI Juara 2 Kompetisi Akuntansi AAEW

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Tim mahasiswa S-1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia berhasil meraih Juara 2 dalam Ajang ASEAN Accounting Education Workgroup (AAEW) yang berlangsung di FEB Universitas Trisakti, pada Kamis (6/12/2018).

AAEW ini merupakan bagian dari acara ASEAN Sustainability Accounting and Business Student Competition yang diselenggarakan oleh ASEAN Accounting Education Workgroup (AAEW) bekerjasama dengan FEB Universitas Trisakti. Ajang ini diadakan sebagai perayaan dari AAEW untuk melakukan update informasi mengenai isu terbaru akuntansi dalam lingkup ASEAN salah satunya diadakan dengan kompetisi mahasiswa.

Syarat mengikuti kompetisi ini ialah mengirimkan surat rekomendasi dari universitas untuk menjadi peserta dalam kompetisi ini. Peserta yang berkontribusi mengikuti AAEW ini sebanyak 22 pesaing yang berasal dari Universitas dengan ruang lingkup ASEAN seperti Universiti Malaysia Trengganu (Malaysia), University of Santo Tomas (Filipina), dan dari Indonesia yaitu Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, dan masih banyak lagi.

Salah satu peserta dalam AAEW ini ialah tim dari S-1 Akuntansi FEB UI terdiri dari Maura Bellarmia Alexandrina, Angela Monalisa Kurniawan, dan Stefanny Christina. Tim ini layak menjadi Juara 2 karena berdasarkan hasil penilaian dewan juri dari Malaysia, Filipina, dan Indonesia yang memiliki latar belakang di Bidang environmental accounting, sektor manufaktur, dan akademisi terkait. Penilaiannya pun dilihat dari paper analisis case dan presentasi pada saat kompetisi berlangsung.

“Kami membahas mengenai penerapan Material Flow Cost Accounting. Sampai saat ini, masih minim penerapannya di negara ASEAN sehingga memang tantangannya adalah kami harus mengerjakan kasus terhadap materi yang benar-benar asing. Data yang diperoleh berasal dari riset-riset orang yang tersedia secara publik di internet dan juga dari pemaparan yang terdapat dalam website konsultan Jepang. Mengingat Jepang memang salah satu pengimplementasi MFCA yang paling signifikan. Selain itu, kami diberikan bimbingan dari beberapa dosen FEB UI yang membantu dalam memahami materi MFCA yang masih cukup asing di Indonesia,” ucap Maura Bellarmia Alexandrina sebagai perwakilan tim.

Selain itu, AAEW ini memberikan hadiah bagi tim yang mendapatkan Juara berupa sertifikat, uang tunai, dan piala serta mereka berkesempatan untuk berkenalan dengan perwakilan dari berbagai universitas di ASEAN.

 

Berikut tanggapan dari masing-masing tim mahasiswa S-1 Akuntansi FEB UI atas kemenangan ini

“Saya bersyukur karena diberi kesempatan untuk menjadi bagian dari kompetisi ini. Harapan saya ini bisa menjadi permulaan untuk dapat meraih prestasi-prestasi lain demi mengharumkan almamater FEB UI,” kata Maura Bellarmia Alexandrina.

“Saya merasa sangat puas dapat memenangkan kompetisi ini karena bisa merasakan bagaimana bertanding dengan mahasiswa dari universitas ternama negara tetangga seperti Malaysia dan Filipina. Tak hanya mengenai kompetisi, ajang ini juga menjadi sarana networking dan pastinya memiliki relasi dengan mahasiswa ASEAN,” tutur Angela Monalisa Kurniawan.

“Saya sangat bersyukur bahwa tim saya bisa menjadi juara 2. Mengingat, konsep MFCA yang menjadi tema besar di acara ini masih sangat baru bagi kami, bahkan Indonesia masih belum mengimplementasikan konsep ini. Sehingga dengan keterbatasan informasi yang tersedia tersebut, saya tidak menyangka bahwa kami bisa menjadi juara,” tutup Stefanny Christina. (Des)