Mahasiswa Program MAKSI-PPAk. FEB UI Bisa Dapat 2 Gelar Sekaligus

Mahasiswa Program MAKSI-PPAk. FEB UI Bisa Dapat 2 Gelar Sekaligus

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

Jakarta – Pendidikan akuntansi dengan orientasi profesi jadi kebutuhan para profesional yang ingin mengembangkan kariernya. Sebagai jawaban, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) menghadirkan Program Studi Magister Akuntansi dan Program Pendidikan Profesi Akuntan (PPAk.) yang bisa menjadi pilihan para profesional.

MAKSI FEB UI merupakan Program Magister Akuntansi dengan orientasi profesi yang pertama di Indonesia. Program ini didirikan berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 393/DIKTI/Kep/1997 pada tanggal 30 September 1997 dan mulai beroperasi pada Januari 1998.MAKSI FEB UI berakreditasi ‘A’ berdasarkan Keputusan BAN-PT No.2682/SK/BAN-PT/Akred/M/IX/2018.

Program ini mempunyai misi untuk menyiapkan tenaga profesional yang memberikan kontribusi pada pengembangan aplikasi teori di Bidang Akuntansi dan cabang ilmunya, bertanggung jawab sosial, serta memperhatikan aspek etika dan perubahan lingkungan global. Sementara visi dari Program ini adalah menjadi Program Magister Akuntansi yang unggul di Asia. Sehingga dapat berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia dan masyarakat global.

Selain itu, FEB UI juga memiliki Program Profesi Akuntan, yaitu Program Pendidikan Profesi Akuntan (PPAk.). PPAk. merupakan Program Profesi untuk mempersiapkan mahasiswanya mengikuti ujian Chartered Accountant (CA) yang diselenggarakan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Berdasarkan waktu pelaksanaan kuliah, PPAk. memiliki dua jenis kelas, yaitu kelas reguler (kelas pagi) dengan durasi 2 semester, dan kelas khusus (kelas malam) dengan durasi 2 semester.

Program MAKSI-PPAk. memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang ingin memperoleh dua gelar sekaligus, yaitu gelar profesi Chartered Accountant (CA) dan gelar Magister Akuntansi (M.Ak). Ada dua jenis kelas berdasarkan waktu pelaksanaan kuliah, yaitu kelas reguler (kelas pagi) dengan durasi 4 semester, dan kelas khusus (kelas malam) dengan durasi 5 semester.

Jika dibandingkan dengan MAKSI di universitas lain, MAKSI FEB UI memiliki beberapa keunggulan. Di antaranya kurikulum yang terpadu, terstuktur dan selaras dengan kebutuhan kontemporer. Ada juga tenaga pengajar dengan komposisi yang berimbang antara kalangan akademisi dan praktisi.

Keunggulan lainnya adalah metode dan proses belajar-mengajar yang dapat mengembangkan kemampuan mahasiswa untuk belajar secara berkelanjutan (learning to learn), dan tersedianya fasilitas yang menunjang terjadinya proses belajar mengajar yang baik.

Selain itu, mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk memilih salah satu konsentrasi peminatan yang sesuai dengan minat dan pilihan karier. Di antaranya Akuntansi Manajemen & Pengendalian, Pengauditan & Atestasi, Pengauditan Internal, Perpajakan, Sistem Informasi, Strategi & Keuangan, dan Akuntansi Pemerintahan.

Manfaat lain yang diperoleh jika menjadi mahasiswa MAKSI dan PPAk. FEB UI adalah mahasiswa dididik untuk menjadi tenaga profesional dan akuntan yang memiliki critical thinking, global awareness, oral & written communication, ethics & social responsibility, knowledge dan adaptability.

Mahasiswa juga dapat mengikuti kuliah dosen tamu dan kuliah umum dengan mendatangkan narasumber yang ahli di bidangnya. Selain itu, juga memiliki program kerjasama dengan perusahaan-perusahaan untuk mendukung penyusunan karya akhir. Ada juga kerjasama dengan asosiasi profesi untuk program sertifikasi.

Daftarkan diri Anda MENJADI calon mahasiswa Magister Akuntansi FEB UI melalui www.penerimaan.ui.ac.id atau simak.ui.ac.id. Ikuti juga tes SIMAK UI untuk Jenjang Magister yang akan dibuka untuk tahun ajaran 2019 pada Februari 2019. (Des)