Visiting Associate Professor UPM dan UKM Malaysia dalam Training Panel Data dengan STATA

Visiting Associate Professor UPM dan UKM Malaysia dalam Training Panel Data dengan STATA

 

Saskia Ananda ~ Humas FEB UI

DEPOK ─ Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia selenggarakan Applied Panel Data Analysis Workshop selama dua hari yang berlangsung di Laboratorium Komputer, Gedung A, selama dua hari (21–22/11/2018).

Workshop ini menghadirkan dua narasumber yaitu Assoc. Prof Law Siong Hook yang berasal dari University Putra Malaysia dan Assoc. Prof. Tamat Sarmidi dari Universiti Kebangsaan Malaysia. Di hari pertama peserta workshop memulai dengan mempelajari mengenai the nature of panel data.

Panel Data adalah gabungan antar data runtut waktu (time series) dan data silang (cross section) di mana unit cross yang sama diukur pada waktu yang berbeda. Panel Data juga merupakan data dari beberapa individu yang diamati pada kurun waktu tertentu.

Manfaat dari penggunaan Panel Data yang dapat mengendalikan heterogenitas individu, lebih banyaknya informasi data set, lebih baik untuk mempelajari dynamics of adjustment, dan mengidentifikasi parameter yang tidak dapat diidentifikasi menggunakan pure-cross sections atau pure time-series.

Dalam konteks Panel Data kita dapat memiliki 2 jenis variasi yaitu between variance dan within time series unit dan dua treatments of individual effects, yaitu random effects dan fixed effects. Terdapat dua tes untuk menentukan apakah pengguna harus menggunakan random effect atau fixed effects yaitu dengan breuch-pagan test dan tes kedua yang sering digunakan dalam applied panel data analysis dengan berusaha menetukan mana yang lebih tepat digunakan.

Selanjutnya, peserta melanjutkan workshop dengan lab sesi 1, di mana para peserta diajarkan mengenai STATA, dan bagaimana cara memasukan data. Pada lab sesi 2 para peserta juga diajarkan mengenai dynamic panel models, The Arellano-Bond Difference, The Blundell-Bond Difference dan dilanjutkan oleh lab sesi 3.

Di hari kedua para peserta mempelajari mengenai micro dan macro panels. Dengan meningkatnya penggunaan cross-country data, fokus ekonometrik panel data telah bergeser mempelajari asymptotics of macro panels dibandingkan dengan micro panels. Peserta juga diberikan hand on exercise yang dikerjakan bersama dengan para narasumber sehingga dapat memahami lebih baik lagi. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan lab exercise dan diskusi bersama dengan para narasumber.

Dengan demikian, diharapkan dapat memberikan ilmu mengenai Panel Data bagi para peserta. Selain menyelenggarakan Applied Panel Data Analysis Workshop ini juga sekaligus terdapat sisi pertemuan untuk menjajakan kerjasama riset dan publikasi dengan pengelola jurnal. (Des)