Cissy Fransisca Susanti: Foreign Intraday Herding Tidak Terbukti Membahayakan Stabilitas Pasar Modal dalam Menjaga Efisiensi Harga Saham

Cissy Fransisca Susanti: Foreign Intraday Herding Tidak Terbukti Membahayakan Stabilitas Pasar Modal dalam Menjaga Efisiensi Harga Saham

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Program Pascasarjana Ilmu Manajemen mengadakan sidang terbuka Promosi Doktor Cissy Fransisca Susanti (1206314056) yang berlangsung di Gedung Pascasarjana, pada Jumat (16/11/2018).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, Ph.D., dengan pembimbing, Prof. Dr. Irwan Adi Ekaputra (Promotor), Viverita, Ph.D. (Ko-Promotor 1), Dr. Buddi Wibowo (Ko-Promotor 2). Selaku tim penguji, Prof. Dr. Kresnohadi Ariyoto Karnen (Ketua Penguji), Prof. Roy Sembel, Ph.D., Dr. Darminto, Ruslan Prijadi, Ph.D., dan Zaafri Ananto Husodo, Ph.D.

Penulisan disertasi yang diangkat oleh Promovendus, berjudul “Foreign Intraday Herding, Interaksi dengan Investor Domestik dan Pengaruhnya Terhadap Inefisiensi Harga Saham pada Saham-Saham Teraktif di Indonesia”.

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan terjadinya foreign herding secara intraday pada saham-saham teraktif di Bursa Efek Indonesia, tingkat informatif dari foreign intraday herding yang terjadi, dan bagaimana perbedaan jenis herding mempengaruhi inefisiensi harga saham secara berbeda pula. Dengan menggunakan pengukuran herding berdasarkan intuisi informational cascade yang dibangun oleh Patterson dan Sharma (2010), ditemukan bahwa investor asing melakukan herding secara intraday pada hampir setiap hari perdagangan dengan tingkat informatif yang berbeda-beda.

Herding yang bersifat investigatif mendorong terjadinya harga yang lebih efisien, sedangkan herding yang sifatnya intentional cenderung mendorong harga menjadi kurang efisien. Penelitian ini juga menganalisis interaksi transaksi secara intraday antara investor asing dan domestik.

Dengan menggunakan Vector Autoregressive (VAR), tidak ditemukan bukti bahwa investor domestik melakukan herd terhadap investor asing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa foreign intraday herding tidak membahayakan stabilitas pasar modal dan kebijakan yang terkait dengan perilaku herding harus diterapkan secara lebih berhati-hati untuk menjaga efisiensi harga saham.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan Cissy Fransisca Susanti dinyatakan lulus dengan predikat Memuaskan dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-265 Bidang Ilmu Manajemen dengan Kekhususan Keuangan. Selamat kepada Dr. Cissy Fransisca Susanti! (Des)