FEB UI Meriahkan Acara Rakornas dan Workshop Bappenas dengan Pameran Pendidikan

FEB UI Meriahkan Acara Rakornas dan Workshop Bappenas dengan Pameran Pendidikan

 

Delli Asterina – Humas FEB
BALI (16/10/2018) – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia kembali ramaikan acara Rakornas dan Workshop Rencana Pengembangan ASN Pembangunan di Bali. Kontribusi FEB UI pada acara tersebut melalui partisipasi booth pameran promosi FEB Universitas Indonesia, khususnya Departemen Ilmu Ekonomi dan Program studi yang ada di bawah naungan Departemen Ilmu Ekonomi, seperti Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi (PPIE S3 & S2), Magister Perencanaan Kebijakan dan Pembangunan (MPKP), serta Magister Ekonomi Kependudukan dan Ketenagakerjaan (MEKK).
Acara yang berlangsung selama 2 hari  di Courtyard Marriort Nusa Dua Bali pada 14 – 15 Oktober 2018, sebagai lanjutan dari acara Rapat Koordinasi Nasional dan Workshop Rencana Pengembangan SDM ASN Pembangunan yang pernah berlangsung bulan lalu (27-28 September 2018) di Gedung Bappenas Jalan Taman Suropati No. 2 Jakarta Pusat.
Sementara itu dalam pembukaan Acara Rakornas dan Workshop Rencana Pengembangan ASN Pembangunan di Bali. Prof. Bambang P.S. Brodjonegoro selaku Menteri PPN/Kepala Bappenas membuka acara tersebut. Pada pembukaanya beliau membahas pendekatan baru kebijakan program pengembangan SDM Pusbindiklatern yang mulai diterapkan untuk proses selesi peserta tahun 2019.

“Arah kebijakan program pengembangan SDM di antaranya institutional needs approach. Penyusunan kebutuhan harus berdasarkan kebutuhan organisasi, dokumen rencana pengembangan SDM instansi menjadi salah satu persyaratan pendaftaran. Field study diperluas mencakup program – program pendukung pencapaian prioritas pembangunan nasional, adanya data dan pemetaan ASN yang dibutuhkan untuk mendukung pembangunan, BKD/BKPSDM  menjadi instansi pengusul peserta untuk mendaftar program diklat,” Ujar Bambang P.S. Brodjonegoro.

Perbedaan antusias pengunjung booth FEB UI di Courtyard Marriort Nusa Dua Bali lebih besar dibandingkan pengunjung booth FEB UI yang pernah diadakan di Gedung Bappenas, Jakarta. Berdasarkan data pengunjung FEB UI di Bali, pada hari pertama pengunjung booth sebanyak 70 orang, sedangkan pada hari kedua sebanyak 30 orang. Sehingga total pengunjung booth FEB UI di Bali sebanyak 100 orang. Hal tersebut kontras dengan pengunjung booth FEB UI di Gedung Bappenas sebanyak 70 orang.  Pengunjung FEB UI mayoritas berasal dari Bali, Maluku, Papua, Nusa Tenggara, Kalimantan, Lombok dan beberapa daerah tengah serta Indonesia timur lainnya. (Des)