Departemen Akuntansi FEB UI Terima Penghargaan dari The Chartered Institute of Management Accountants (CIMA)

Departemen Akuntansi FEB UI Terima Penghargaan dari The Chartered Institute of Management Accountants (CIMA)

 

Delli Asterina – Humas FEB UI

JAKARTA – Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia diwakili oleh Prof. Dr. Lindawati Gani, CA.,FCMA.,CGMA. yang juga merupakan senat akademik UI sekaligus guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menerima penghargaan dari The Chartered Institute of Management Accountants (CIMA) atas komitmen UI dalam membangun profesi Akuntan Manajemen di Indonesia.

Acara First Exclusive Academic Event yang berlangsung selama satu hari bertempat di Ayana Midplaza, Jakarta Pada Selasa 09/10/2018 itu dihadiri juga oleh Dr. Ancella A. Hermawan, CA., MBA selaku Ketua Departemen Akuntansi FEB UI dan Dr. Dyah Setyaningrum, M.S.M selaku Ketua Program Studi S1 Reguler Akuntansi FEB UI. Acara tersebut memberikan informasi mengenai update terkini perkembangan akuntansi, kompetensi yang dibutuhkan industri dan kemungkinan mahasiswa akuntansi FEB UI dalam memperloleh job serta kesempatan networking dengan dosen akuntansi dari Thailand, Malaysia, dan Myanmar.

“Universitas Indonesia merupakan universitas pertama di Indonesia yang sejak tahun 2010 selalu memberi support terhadap perkembangan profesi akuntan manajemen, sehingga kami bisa diberi penghargaan dari Chartered Institute of Management Accountants (CIMA).” ujar Prof. Linda usai ditemui di ruang kerjanya. Sejak tahun 2012, Prof Linda merupakan member of Research Panel, Center of Excellence Southeast Asia, Chartered Institute of Management Accountants (CIMA).

Pada acara tersebut juga terdapat pemaparan dari professional panelis yaitu Dr. Irwan Djaja, ACMA., CGMA. selaku CEO KPMG, Prof. Dr. Lindawati Gani, CA., FCMA., CGMA. mewakili akademisi dan sebagai Dewan Pengurus Nasional Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Setiadi Sutanto ACMA CGMA Finance Controller Reckitt Benckiser Indonesia, dan Irreza (alumni FEB UI angkatan 2005), Manajer Management Consulting, Accenture.

The Chartered Institute of Management Accountants (CIMA) merupakan salah satu institusi akuntan manajemen profesional terbesar di dunia didirikan pada tahun 1919 dan berpusat di Inggris. CIMA memiliki fokus utama pada akuntansi manajemen. Pada tahun 2012, CIMA mulai bergabung dengan American Insitute of Certified Public Accountants (AICPA) untuk mendirikan Chartered Global Management Accountants (CGMA) designation. Pada tahun 2017, CIMA dan AICPA bersama sama mendirikan Association of International Certified Professional Accountants dengan 667.000 anggota.

Kerjasama antara CIMA dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia diantaranya melalui program beasiswa untuk mahasiswa akuntansi FEB UI semester 4 keatas yang telah lulus mengikuti perkuliahan akuntansi biaya dan akuntansi manajemen melalui ujian fundamental of management accounting. Tidak hanya itu, CIMA juga memiliki research program bagi mahasiswa dan dosen FEB UI yang akan melakukan penelitian di bidang akuntansi manajemen.