MEKK Selenggarakan Kuliah Umum : Human Capital in a Global Age: How to Tap Our Abundant Resources

MEKK Selenggarakan Kuliah Umum : Human Capital in a Global Age: How to Tap Our Abundant Resources

 

Saskia Ananda – Humas FEB UI

DEPOK (10/92018) ─ Program Magister Ekonomi Kependudukan dan Ketenagakerjaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyelenggarakan kuliah umum pada Senin, 10 September 2018 pukul 08.30 WIB. Kuliah umum ini disampaikan oleh Pungkas Bahjuri Ali, STP, MS, Ph.D yang merupakan Director of Health and Community Nutrition Badan Perencanaan Pembangunan Nasional di Gedung Pascasarjana Kampus FEB UI.

Dalam kesempatan kali ini Pungkas Bahjuri Ali, STP, MS, Ph.D menjelaskan mengenai Human Capital In a Global Age: How To Tap Our Abundant Resources. “Human Capital adalah kemampuan, pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki seseorang yang dapat diubah menjadi nilai ekonomi,” ujar Pungkas Bahjuri Ali, STP, MS, Ph.D., menjelaskan mengenai Human Capital. Beliau juga menjelaskan mengenai 4 elemen dari Human Capital yaitu Capacity, Development, Deployment dan Know-How. 

Human Capital di Indonesia masih memiliki rangking yang rendah yaitu 65 dari 130 negara namun jika dibandingkan dengan negara-negara di sekitarnya seperti Maroko dan India, Indonesia masih lebih baik. Penyebab dari rangking yang rendah tersebut salah satunya adalah banyaknya sumber daya yang tidak dimanfaatkan dengan baik.

Dalam Gobal Competitiveness Index (GCI) Indonesia berada dalam rangking 36. Penilaian ini berdasarkan riset terhadap produktivitas dan kesejahteraan secara komprehensif. Sebab dari GCI Indonesia tumbuh lebih cepat adalah karena banyaknya pembangunan infrastruktur yang ada di Indonesia.

Rangking Human Capital di Indonesia dapat ditingkatkan dengan Population Balanced Growth, Health and Productive population, Educated, Employment and Entrepreneurship & Investment, dan Religious Community, Good Governance & Community Participation.

Kuliah Umum diakhiri oleh pemberian plakat dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia serta foto bersama seluruh Mahasiswa Program Magister Ekonomi Kependudukan dan Ketenagakerjaan FEB UI. (Del)