FEB UI Selenggarakan Yudisium Jenjang Program S1 Semester Genap 2017/2018

FEB UI Selenggarakan Yudisium Jenjang Program S1 Semester Genap 2017/2018

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Yudisium Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia bagi jenjang Program S1 semester genap 2017/2018 terselenggara di Auditorium Soeria Atmadja, Gedung Dekanat, pada Senin (27/8/2018).

Yudisium jenjang S-1 tahun ini meluluskan 619 mahasiswa. Acara ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pagi diperuntukkan bagi Prodi Ilmu Ekonomi Reguler, Manajemen, Akuntansi Reguler & Paralel. Kemudian, sesi siang diperuntukkan bagi Ilmu Ekonomi KKI, Manajemen KKI, Ekonomi Islam, Bisnis Islam, Manajemen Ekstensi, dan Akuntansi Ekstensi.

Rangkaian acara untuk sesi pagi, dibuka dengan pembekalan lulusan oleh Direktur SDM Bank HSBC Indonesia, sambutan dari Dekan FEB UI, kemudian sambutan oleh perwakilan wisudawan dari Ilmu Ekonomi, dan sambutan oleh Ketua Bidang Penggalangan Dana I ILUNI FEB UI sekaligus Direktur Bahana Investment. Dan untuk sesi siang, dibuka dengan pembekalan lulusan oleh CEO adskom, sambutan Dekan FEB UI, selanjutnya sambutan oleh perwakilan wisudawan dari Prodi Manajemen KKI, dan sambutan dari Wakil Ketua Bidang II Membangun Negeri ILUNI FEB UI.

Sesi pagi dibuka dengan pembekalan bagi lulusan yang disampaikan oleh Caecila Adinoto selaku Direktur SDM Bank HSBC Indonesia. Ia menyampaikan bahwa hari ini Anda merayakan kelulusan setelah melewati berbagai rintangan dalam masa studi. Setalah lulus dari sini yang ada di dalam benak pikiran ialah bekerja. Tetapi di era disruptif ini, Anda bisa membuka lapangan pekerjaan didukung dengan kemajuan teknologi.

“Untuk itu, gunakan ilmu yang sudah didapat selama ini untuk bersaing dengan lulusan lainnya dalam mencari kerja maupun membuka lapangan pekerjaan. Selain itu, gunakan waktu sebaik-baiknya dalam mencari pengalaman. Luangkan waktu untuk mengasah kerendahan hati kita dan harus yakin dengan kemampuan pada diri kita sendiri,” ucap Caecila Adinoto.

Sambutan dari Prof. Ari Kuncoro, Ph.D., selaku Dekan FEB UI. Ia mengatakan hari ini merupakan hari bahagia karena akan mengakhiri suatu proses yang dimulai beberapa tahun yang lalu. Sampai saat ini program S1 reguler masih menjadi basis FEB UI untuk menghasilkan alumni yang produktif yang memberikan sumbangan nyata bagi kehidupan bangsa.

Baik sebagai akademisi, pakar, pengambil keputusan di pemerintahan dan sektor swasta dan masih sebagai sumber utama rekrutmen staf pengajar. Karya bakti di masyarakat akan mempengaruhi posisi FEB UI di Indonesia dan dunia internasional. Tantangan bagi wisudawan selanjutnya, yaitu siap menghadapi kehidupan nyata dengan tantangan yang berbeda (tetap ada deadline dan target). “Ilmu kehidupan itu susah untuk diajarkan, ilmu hanya bisa diajarkan sebagai bekal tetapi untuk sukses hidup itu harus dijalani,” tutur Ari Kuncoro.

Selanjutnya, sambutan oleh Owen perwakilan wisudawan dari Prodi Ilmu Ekonomi. Ia berbicara bahwa empat tahun kuliah di FEB UI penuh dengan perjuangan, jatuh bangun, prestasi, dan kesuksesan bisa kita lewati masing-masing maupun bersama. Mungkin ada dari kita yang melewati halangan dengan speed yang cepat dan ada pula yang lambat dan harus beradaptasi, tetapi selama kita tidak pernah berhenti, maka niscaya apapun yang kita inginkan dapat tercapai dan ini adalah salah satu prinsip yang harus kita pegang teguh terus dalam menjalani masa depan yang dapat dibilang akan jauh lebih sulit dari ini.

“Sesaat lagi, kita semua akan menapak jalannya masing-masing. Terlepas dari apapun itu, kita semua tahu bahwa setiap dari kita mempunyai talentanya di bidang masing-masing dan setiap dari kita mempunyai waktu sendiri-sendiri untuk bisa sukses dalam kehidupan. Apapun jalan yang kita ambil, jangan pernah menyerah dan semoga apa yang kita lakukan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat,” kata Owen.

Dan sambutan oleh Budi Hikmat selaku Ketua Bidang Penggalangan Dana I ILUNI FEB UI sekaligus Direktur Bahana Investment. Di dalam sambutannya, Ia mengatakan peranan penting dari ILUNI tidak hanya support di kegiatan pendidikan, tetapi bisa memperelat tali silaturahmi dengan Fakultas tercinta. Saat ini dana yang dikelola sekitar 447 miliar rupiah dan sejak dibentuk, kita sudah memberikan sekitar 16,5 miliar yang digunakan untuk beasiswa di UI, FEB UI, bahkan seluruh Indonesia.

“Untuk itu, kami mengundang para lulusan nantinya bisa berkontribusi. Pesan saya, setalah Anda bekerja janganlah lupa dengan FEB UI dan pertahankan silaturahmi dengan sesama lulusan,” tutup Budi Hikmat.

Sesi Kedua dibuka dengan pembekalan bagi lulusan yang disampaikan oleh Italo Gani selaku CEO adskom sekaligus Alumni FEB UI. Ia mengatakan suatu hal yang saya alami dari tahun 1998 bahwa saya tidak pernah bekerja dengan orang lain. Setelah lulus dari FEB UI ini saya langsung membuka bisnis. “Jangan sampai memilih pekerjaan karena pilihan orang lain. Carilah pekerjaan sesuai dengan karakter dan passion Anda masing-masing”, jelas Italo Gani.

Sambutan oleh Vicky Andryanda Pratama perwakilan wisudawan dari Prodi Manajemen KKI. Ia mengatakan tak terasa empat tahun berlalu begitu cepatnya. Kebersamaan ketika duduk di bangku kuliah akan berhenti di sini. Mungkin kita akan berpisah, melanjutkan untuk mengejar mimpi kita masing-masing. Akan tetapi, saya percaya kita akan tetap menjaga silaturahmi antara satu dengan yang lainnya, walaupun masa studi kita di FEB UI telah selesai. Hari ini adalah hari yang bersejarah bagi kita semua, karena kerja keras, usaha yang tekun dan ulet, dan pengorbanan kita selama ini terbayar lunas.

“Hari ini juga menjadi awal kehidupan yang baru bagi kita semua. Awal dimana kehidupan yang sesungguhnya akan menanti kita semua. Oleh karena itu, selamat berbahagia untuk kita semua. Selamat merayakan atas keberhasilan kita semua dalam menyelesaikan studi kita di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. I wish all the best and good luck for our future journey!,” ucap Vicky Andryanda Pratama.

Dan terakhir, sambutan oleh Muhammad Fitriyadi selaku Wakil Ketua Bidang II Membangun Negeri ILUNI FEB UI. Di dalam sambutannya, Ia mengatakan dilihat dari sisi pendanaan pada ILUNI, kita membuat reksadana Makara Prima bekerjasama dengan Bahana, kemudian ada kartu kredit ILUNI FEB UI bekerjasama dengan Bank BNI. Selain itu, kita aktif mendorong renovasi ruang kelas yang ada di sini. Dari sisi pengabdian, kita ada beasiswa, bimbingan belajar untuk siswa SMA kelas 12, dan kita membantu korban bencana di Lombok. Dan paling popouler ialah acara Gathering dan buka bersama dengan keluarga besar FEB UI.

“Demikianlah sekilas kegiatan pengurus ILUNI FEB UI, saya harapkan kalian para lulusan S1 tidak segan-segan untuk bergabung dalam kegiatan kami yang akan datang,” tutupnya. (Des)

 

SESI PAGI

 

 

 

 

SESI SIANG