Doktor Titi Dewi Warninda Kaji Pembiayaan dan Risiko Bank Syariah

Doktor Titi Dewi Warninda Kaji Pembiayaan dan Risiko Bank Syariah

 

Nino Eka Putra – Humas FEB UI

DEPOK – Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyelenggarakan sidang terbuka Promosi Doktor Titi Dewi Warninda (1306417162) yang belangsung di gedung Pascasarjana, pada Kamis (19/7/2018).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Dr. Nachrowi Djalal Nachrowi, Ph.D., dengan pembimbing, Prof. Dr. Irwan Adi Ekaputra, Ph.D. (Promotor), Rofikoh Rokhim, Ph.D. (Ko-Promotor). Selaku tim penguji, Prof. Dr. Suroso (Ketua Penguji), Dr. Cynthia Afriani, Maria Ulpah, Ph.D., Rahmatina Awaliah Kasri, Ph.D., Sigit Sulistyo Wibowo, Ph.D., dan Dr. Wahyoe Soedarmono.

Penulisan disertasi yang diangkat oleh Promovendus, berjudul “Studi Tentang Pengaruh Proporsi Pembiayaan Mudarabah dan Musharakah Terhadap Tingkat Risiko Bank Syariah”. Literatur yang masih ada masih merenungkan pengaruh pembiayaan bagi hasil kerugian pada risiko kredit bank syariah. Memahami bahwa Mudarabah dan Musharakah sebagai pembiayaan bagi hasil kerugian mempertahankan fitur yang berbeda, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki terhadap mereka yang mempengaruhi risiko kredit secara berbeda.

Secara khusus, penelitian ini bermaksud untuk menganalisis terkait Mudarabah lebih berisiko daripada Musharakah. Selain itu, Mudarabah dan Musharakah tidak berdampak secara linier terhadap risiko kredit. Mempekerjakan sepuluh tahun data panel yang tidak seimbang dari 63 bank Islam di Timur Tengah, Asia Selatan, dan Asia Tenggara, kami menemukan bahwa Mudarabah tidak lebih berisiko daripada Musharakah.

Selanjutnya, Mudarabah tidak menunjukkan dampak non-linear sementara pembiayaan Musharakah menunjukkan pengaruh terbalik berbentuk U (non-linear) pada risiko kredit bank syariah. Hasil empiris menunjukkan bahwa risiko kredit mencapai tingkat maksimum ketika proporsi pembiayaan Musharakah sekitar 37-39 persen dari total pembiayaan bank.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Titi Dewi Warninda dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-262 Ilmu Manajemen Keuangan. Selamat kepada Dr. Titi Dewi Warninda! (Des)