Analisis Permintaan Layanan Kesehatan Material dan Kesehatan Ibu dan Anak Menjadikan Evi Oktiana Doktor Bidang Ilmu Ekonomi

Analisis Permintaan Layanan Kesehatan Material dan Kesehatan Ibu dan Anak Menjadikan Evi Oktiana Doktor Bidang Ilmu Ekonomi

 

Nino Eka Putra – Humas FEB UI

DEPOK – Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyelenggarakan sidang terbuka Promosi Doktor Evi Oktiana (1106045185) yang belangsung di gedung Pascasarjana, pada Selasa (17/7/2018).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, Ph.D., dengan pembimbing, Prof. Dorodjatun Kuntjoro Jakti, Ph.D. (Promotor), Dra. Omas Bulan Samosir, Ph.D. (Ko-Promotor 1), Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc. (Ko- Promotor 2). Selaku tim penguji, Dr. Arie Damayanti (Ketua Penguji), Prof. Abuzar Asra, Ph.D., Jossie Pranata Moeis, Ph.D., dan Teguh Dartanto, Ph.D.

Penulisan disertasi yang diangkat oleh Promovendus, berjudul “Analisis Permintaan Layanan Kesehatan Material dan Kesehatan Ibu dan Anak”. Salah satu target MDGs yang tidak tercapai di sektor kesehatan adalah pengurangan rasio kematian ibu. Angka kematian yang tinggi masih merupakan masalah penting di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sisi permintaan pemanfaatan kesehatan ibu di Indonesia. Ini juga bertujuan untuk mengevaluasi efek pemanfaatan perawatan kesehatan ibu pada kesehatan ibu dan anak.

Penelitian ini menggunakan hasil dari data Demografi dan Kesehatan Indonesia 2012 (IDHS) dan PODES 2011. SDKI adalah survei yang representatif secara nasional untuk wanita usia reproduksi 15-49 tahun. Teknik regresi probit bivariat digunakan untuk menilai dampak status sosioekonomi perempuan, demografi dan faktor lain pada kesehatan ibu dan anak.

Hasilnya menunjukkan bahwa sisi permintaan layanan kesehatan ibu secara statistik signifikan terkait dengan tingkat pendidikan, akses ke media, status pekerjaan dan pekerjaan suami, cakupan asuransi kesehatan, fasilitas kesehatan masyarakat, usia saat melahirkan, jumlah anggota keluarga, area dan wilayah geografis. tempat tinggal.

Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa memperoleh layanan kesehatan ibu yang memadai dan status kesehatan ibu selama kehamilan memainkan peran penting dalam kesehatan ibu dan anak. Kondisi lingkungan yang sesuai sangat terkait dengan kesehatan anak-anak, sementara gaya hidup yang sehat dapat meningkatkan kemungkinan mencapai kesehatan ibu yang lebih baik.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Evi Oktiana dinyatakan lulus dengan predikat Memuaskan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-102 Bidang Ilmu Ekonomi. Selamat kepada Dr..Evi Oktiana! (Des)