Ahmad Marda Jadi Doktor ke-256 Ilmu Riset Manajemen Stratejik Dengan Riset Unik Tentang Departement Store

Ahmad Marda Jadi Doktor ke-256 Ilmu Riset Manajemen Stratejik Dengan Riset Unik Tentang Departement Store

 

Nino Eka Putra – Humas FEB UI

DEPOK – Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyelenggarakan sidang terbuka Promosi Doktor Ahmad Marda (1206309945) berlangsung di gedung Pascasarjana, pada Jumat (6/7/2018).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, Ph.D., dengan pembimbing, Budi W. Soetjipto, DBA (Promotor), Sari Wahyuni, Ph.D. (Ko- Promotor 1), Dr. Setyo Hari Wijanto (Ko- Promotor 2). Selaku tim penguji, Prof. Dr. Adi Zakaria Afiff (Ketua Penguji), Prof. Martani Huseini, Ph.D., Dr. T. Ezni Balqiah, Dr. Jacob S. Mussry, dan Riyani Rahmawaty, Ph.D.

Selain itu, turut dihadiri oleh Bahrullah Akbar selaku Wakil Ketua BPK RI, Fahri Idris mantan Menteri Tenaga Kerja, Akbar Tanjung Mantan Menteri Sekretaris Negara. Promovendus ini merupakan putra dari Abdul Latief yang merupakan pengusaha di Indonesia dan pernah menjabat sebagai menteri pada era pemerintahan Soeharto. Saat ini, Ahmad Marda (Promovendus) juga sebagai pengusaha di Indonesia mengikuti jejak Ayahanda.

Judul disertasi yang diangkat mengenai “Perubahan Organisasi dan Kemampuan Beradaptasi di Department Store ”. Dengan tuntutan pelanggan yang cepat berubah dan persaingan yang ketat, department store menghadapi lingkungan yang sangat tidak pasti. Banyak penelitian menunjukkan perlunya perubahan organisasi untuk perusahaan dalam jenis industri tersebut. Namun beberapa penelitian berkaitan dengan adaptabilitas sebagai hasil aktual atau hasil perubahan di department store tersebut.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pemodelan persamaan struktural. Survei ini melibatkan 110 manajer sebuah department store Indonesia. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai-nilai manajer berpengaruh negatif tetapi signifikan terhadap perubahan sikap; tetapi kompetensi mereka memiliki pengaruh positif terhadap perubahan sikap; Kemudian sikap perubahan mereka memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap gaya belajar aktivis; dan semua gaya belajar mereka secara signifikan mempengaruhi kemampuan beradaptasi.

Studi tentang industri ritel ini memberikan kontribusi penting bagi pengetahuan manajemen strategis, terutama pada peran perubahan internal perusahaan dan kemampuan beradaptasi untuk merespons secara efektif terhadap tekanan lingkungan. Kerangka konseptual seperti itu berkontribusi pada penerapan paradigma penting dalam manajemen strategis pada “Organization-Environment-Strategy-Performance” (OESP).

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyoroti pentingnya tekanan lingkungan eksternal dan mengidentifikasi variabel yang mempengaruhi perubahan yang efektif terhadap kemampuan beradaptasi perusahaan. Kemampuan beradaptasi perusahaan adalah strategi untuk terlibat secara produktif di lingkungan internal dan eksternal. Faktor-faktor penting yang diteliti dalam penelitian ini dalam berkontribusi terhadap kemampuan beradaptasi perusahaan adalah: (1) nilai-nilai dan kompetensi para manajer, (2) sikap perubahan mereka, dan (3) jenis gaya belajar mereka.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Ahmad Marda dinyatakan lulus dengan predikat Memuaskan dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-256 dengan kekhususan Ilmu Manajemen Stratejik. Selamat kepada Dr. Ahmad Marda!