Eduniversal Awards – FEB UI Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) tetap menduduki peringkat pertama di Indonesia dan peringkat ke 39 dari 150 sekolah bisnis terbaik di Asia. Pemeringkatan tersebut dirilis oleh The Eduniversal Best Business School Ranking. Melalui perwakilannya Dr. Beta Yulianita Gitaharie (Wakil Dekan I) dan Vita Silvira, SE, Ak., MBA, CA (Wakil Dekan II), FEB UI telah menerima penghargaan dariĀ Eduniversal Business School RankingĀ dalam acara The 9th Eduniversal World Convention di Curtin University – Bentley School, Perth, Australia pada 28 November-1 Desember 2016 lalu.

Dengan pencapaian ini, FEB UI menjadi sekolah bisnis terbaik di Indonesia. Prestasi lain yang diraih FEB UI adalah mendapatkanĀ 3 Palmes of Excellence dimana FEB UI masuk dalam klasifikasi Excellent Business School with Reinforcing International Influence.

Eduniversal melakukan pemeringkatan terhadap 1.000 sekolah bisnis yang tersebar di 154 negara pada sembilan zona geografis, yaitu Afrika, Amerika Latin, Amerika Utara, Asia Tengah, Asia Timur Jauh, Eropa Barat, Eropa Timur, Eurasia dan Timur Tengah, serta Oseania. FEB UI masuk dalam zona Aisa Timur Jauh yang terdiri dari 17 negara dengan terseleksinya 150 sekolah bisnis terbaik dalam zona tersebut. Sementara di Indonesia sendiri, hanya terpilih 7 sekolah bisnis yang terseleksi dalam pemeringkatan.

Proses pemeringkatan Eduniversal berlangsung dalam 3 tahap. Tahap pertama adalah pemilihan sekolah bisnis berdasarkan negara atas Kriteria Kuantitatif dan Kriteria Kualitatif. Tahap kedua adalah Klasifikasi Peringkat sekolah bisnis berdasarkan ā€œPalmes of Excellenceā€ dengan Kriteria Internasionalisasi. Terakhir atau tahap ketiga adalah Pemungutan Suara Dekan dari berbagai sekolah bisnis (Deanā€™s Vote).

Pada tahap Klasifikasi Peringkat sekolah bisnis, Eduniversal membagi peringkat ke dalam 5 Palmes of Excellence yang terdiri atas (1) Palmes Business School with Considerable Local Influence; (2) Palmes of Good Business School with Strong Regional Influence; (3) Palmes of Excellent Business School with Reinforcing International Influence; (4) Palmes of Top Business School with Significant International Influence; dan (5) Palmes Universal Business School with Strong Global Influence.

Kriteria yang digunakan pada pemeringkatan Palmes of Excellence tersebut didasarkan atas keikutsertaan sekolah bisnis dalam akreditasi internasional, pemeringkatan internasional, tergabungnya sekolah bisnis dalam jaringan maupun kolaborasi akademik pada tingkat internasional, dan partisipasi sekolah bisnis pada penelitian di tingkat internasional.

Atas berbagai upaya internasionalisasi yang telah dilakukan oleh FEB UI, pada tahap akhir FEB UI juga memperoleh peningkatan dalam Deanā€™s Vote dari 116ā€° di tahun 2014 menjadi 140ā€° di tahun 2016, yang menempatkan FEB UI dari peringkat 9 menjadi peringkat 4 besar diantara 50 sekolah bisnis 3 Palmes of Excellence di Asia.