SEMINAR NASIONAL ILMU MANAJEMEN 2016

SEMINAR NASIONAL ILMU MANAJEMEN 2016

Ā TEMA:

ā€œBusiness Competitiveness in The New Era of AECā€

Ā Sebagai salah satu pilar keilmuan FEB UI, Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen (PPIM) senantiasa berupaya memberi kontribusi akademik dan professional dalam bidang Ilmu Manajemen.

Depok, 20 Mei 2016ā€“ Selama 2 hari, 20-21 Nov 2016, Program Pascasarjana Ilmu Manajemen (PPIM), Fakultas Ekonomi dan Bisnis menyelenggarakan Seminar Nasional Ilmu Manajemen yang kedua kalinya dalam bentuk Diskusi Panel dan Paparan Makalah oleh peserta yang merupakan sivitas akademika dari beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia.Kegiatan ini terselenggara juga atas dukungan civitas akademika FEB UI, FEB perguruan tinggi lain di Indonesia, IFA(Indonesian Finance Association), IMSA(Indonesia Marketing Scholars Association), dan AMASTI(Asosiasi Manajemen Stratejik Indonesia).Selain memperkaya diskusi pada pelaksanaan seminar, peran asosiasi bidang keilmuan diharapkan menjadi nilai tambah dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan pengembangan dan penerapan keilmuan manajemen.

Kegiatan ini merupakan pertemuan ilmiah yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa, dosen, alumni perguruan tinggi se-Indonesia, dan para profesional untuk menyampaikan hasil pemikiran maupun hasil penelitian terkait bidang ilmu manajemen.Seminar kali ini meliputi tiga bidang ilmu:

(1) Stratejik dan Perilaku Organisasi,

Sub tema : Strategic Initiative, Process and Innovations

(2) Pemasaran,

Sub tema : Ethics in Marketing Strategy

(3) Keuangan dan Perbankan

Sub tema : Sustainable Finance

Seminar ini dibuka pada tanggal 20Mei 2016 oleh Bapak Dr. Irwan Adi Ekaputra dengan memberikan laporan kegiatan sejak awal hingga bisa terselenggaranya acara. Prof. Ari Kuncoro, Ph.D. sebagai Dekan FEB UI memberikan sambutan dan pembukaan bagi para peserta atas Seminar Nasional Ilmu Manajemen yang sudah terselenggara kedua kalinya.

Selanjutnyasebagai Keynote Speaker Bapak Ir. Harjanto, M.Eng yang merupakan Direktorat Jendral IKTA(Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka) Kementerian Republik IndonesiaĀ  akan memaparkan presentasinya mengenaiĀ  ā€œStrategi Industri di Indonesia dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)ā€. Topik tersebut merupakan topik yang sesuai dengan tema besar dari Seminar. Diskusi dan tanya jawab dipandu oleh Bapak Dony Abdul Chalid, Ph.D. yang merupakan Ketua Departemen Manajemen, FEB UI sebagai Moderator.

Pembicara selanjutnya adalah Prof. Pervez N. Ghauri, Ph.D. yang merupakan Profesor of International Business dari Brimingham Business School, UK yang akan memaparkan presentasinya mengenai ā€œGlobalization and Itā€™s Impact on Emerging Markets: Strategies for Companies from ASEAN Countriesā€.S

Pembicara sebagai penutup tetapi tetap memberikan informasi dan pengetahuan yang penting adalah Bapak Roby Muhamad, Ph.D. yang merupakan Sosiolog Indonesia dalam bidang Jejaring Sosial yang akan memaparkan presentasinya mengenai “Big Data untuk Ilmu Manajemen”.

Diskusi dan tanya jawab untuk Prof. PervezĀ  N. Ghauri, Ph.D. dan Roby Muhamad, Ph.D. dipandu oleh Bapak Dr. Darwin Cyrill NoerhadiĀ  yang merupakan Senior Managing Director PT. CreadorIndonesia sebagai Moderator.

Keesokan harinya, 21 Mei 2016 dilaksanakan presentasi makalah dalam 10track yang diikuti oleh 36 presenter yang telah lolos dari hasil review oleh scientific committee dan para reviewer yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia. Scientific Committee merupakan komite yang mengarahkan proses seleksi makalah agar sesuai dengan kualitas makalah yang memiliki kebaharuan konseptual dan empirical sehingga memiliki kontribusi keilmuan dan manajerial selaras dengan tema utama seminar ini.

Scientific Committee, diantaranya Prof. Dr. Adi Zakaria Afiff (UI), Prof. Agus W. Soehadi, Ph.D. (Univ. Prasetya Mulya), Prof. Basu Swastha Dharmmesta, Ph.D.(UGM), Prof. Eduardus Tandelilin, Ph.D. (UGM), Prof. Dr. Jann Hidayat T. (ITB), Prof. Rhenald Kasali, Ph.D.(UI), Prof. Sammy Kristamuljana, Ph.D.(Univ. Prasetya Mulya), Prof. Dr. Ujang Sumarwan (IPB), Dr. Boto Simatupang (UBInus), Budi W. Soetjipto, DBA.Ā Ā Ā Ā  (UI), Dr. Cynthia Afriani (UI), Irwan Trinugroho, Ph.D. (Univ. Sebelas Maret), Mamduh M. Hanafi, Ph.D. (UGM), Dr. Nurul Indarti (UGM), Dr. Putu Saroyeni (Univ. Udayana), Ruslan Prijadi, Ph.D.(UI), Dr. Sylvia Veronica Siregar(UI), Sri Gunawan, DBA.(UNAIR), T. Hani Handoko, Ph.D. (UGM), Tirta N. Mursitama, Ph.D.(UBInus), Viverita, Ph.D.Ā Ā  (UI), Zaafri A. Husodo, Ph.D. (UI)

Presentasi makalah yang lulus seleksi oleh para reviewer dilakukan mulai jam 08.30-15.30 yang dipandu oleh 17 session track yang juga berasal dari berbagai universitas, diantaranya Prof. Dr. Sucherly (Univ.Padjajaran), Dr. Anton Wachidin Widjaja (Univ. Bayangkara Jakarta),Ā  Dr. Asnan Furinto (UBinus), Dr. Buddi Wibowo (UI), Dr. Harris Turino Kurniawan (Univ. Prasetiya Mulya), Dr. M. Gunawan Alif (Univ. Sampoerna), Dr. Nurahma Tresani (UI),Dr. Nurdin Sobari (UI), Dr. Richard Pasaribu (UI), Dr. Rizal Edy Halim (UI), Wahyuningsih, Ph.D. (Univ. Tadulako)

Acara penutupan dilakukan sore hari nya dengan mengumumkan makalah terbaik serta ramah tamah dan makan malam bersama.Semoga dengan mengetahui strategi yang baik dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), maka kita dapat memenangkan persaingan saat ini dan masa datang.

Untuk informasi lebih lanjut harap hubungi:

Dr. Irwan Adi Ekaputra

Ketua Program Studi Ilmu Manajemen FEB-UI

Gedung Pascasarjana FEB-UI Depok

PhoneĀ  : 021-7270164

Email : semnasppim.ui@gmail.com

IMG_1979 IMG_1968 IMG_1964 IMG_1874