BEASISWA PRUDENTIAL UNTUK MAHASISWA PEMINATAN MANAJEMEN AKTUARIA PROGRAM STUDI MM-FEB UI

Salah satu implementasi dari kerjasama antara Program Studi MM-FEB UI dengan PT. Prudential Life Assurance adalah pemberian beasiswa kepada mahasiswa peminatan Manajemen Aktuaria Program Studi MM-FEB UI. Tahun 2015 ini telah memasuki tahun ketiga pelaksanaan pemberian beasiswa. Adapun mekanisme seleksi pemberian beasiswa diberikan kepada mahasiswa MM-FEUI melalui keikutsertaan dalam kompetisi pembuatan essay dengan topik Challenge and Opportunity for Insurance Business in the Economic Turbulence”  serta penulisan  analisis studi kasus yang berjudul “Unit-Linked Pricing Problems. Dari keseluruhan peserta yang mengikuti kompetisi , hanya enam kandidat yang berhak maju ke babak final dan diminta untuk mempresentasikan essay dan analisis studi kasus dihadapan dewan juri yang terdiri dari akademisi, praktisi dan asosiasi industri asuransi.

Dewan juri yang terdiri dari akademisi, praktisi dan asosiasi industri asuransi. Adapun susunan dewan juri adalah sebagai berikut:

Juri Babak Penyisihan:

  1. Bapak Ruslan Prijadi, Ph.D (Staf Pengajar MM-FEUI)
  2. Bapak Mohammad Mustaqim, MM AAAIJ, QIP    (Staf Pengajar MM-FEUI)                                   
  3. Ibu Yenie Rahardja (Assistant Vice President Actuarial – Head of Financial Risk Management, PT. Prudential Life Assurance)

Juri Babak Final

  1. Bapak Dony Abdul Chalid, Ph.D  (Ketua Departemen Manajemen FEUI)
  2. Bapak Vincentius Willianto, FSAI  (Ketua Komisi Kurikulum dan Ujian Persatuan Aktuaris Indonesia)
  3. Ibu Yenie Rahardja (Assistant Vice President Actuarial – Head of Financial Risk Management, PT. Prudential Life Assurance)

Babak Final diselenggarakan pada hari Jumat, 6 November 2015, pukul 09.00-18.30 di ruang Collaboration Prudential,  Gedung MM-FEB UI, lantai 2, Kampus UI Salemba,  Jl. Salemba No. 4, Jakarta. Bapak Vincentius menyampaikan kegembiraannya karena mahasiswa maupun peserta kompetisi tidak didominasi dari mahasiswa dengan latar belakang S1 MIPA saja, dan hal ini mengindikasikan bahwa aktuaris juga mulai diminati dari berbagai latar belakang program studi. Dalam upaya meningkatkan jumlah penyerapan sumber daya manusia, kedepannya PAI akan berusaha untuk memfasilitasi lulusan aktuaria dengan industri asuransi dalam hal penerapan program magang ataupun perekrekrutan tenaga kerja.

Ibu Yenie menyampaikan bahwa  penulisan essay dan studi kasus semua peserta bagus, namun karena keterbatasan jumlah penerima beasiswa, maka hanya empat yang menerima beasiswa. Juripun mengalami kesulitan untuk memilih yang terbaik, karena adanya perbedaan nilai yang tipis, lanjut Bapak Dony. Dalam kesempatan ini Bapak Dony berkesempatan menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dari asosiasi dalam hal ini PAI maupun industry swasta (PT. Prudential Life Assurance)

Berdasarkan hasil perolehan nilai dan setelah dilaksanakan rapat  internal oleh dewan juri, maka tim dewan juri memutuskan   pemenang dari kompetisi ini sebagai berikut:

  1. Andri Apriyana (1506699232)
  2. Martha Endika Sasongko (1506699882)
  3. Edy Riantoro (1506699516)
  4. Triastuti Chandrawati (1506700234)

Adapun keempat pemenang tersebut berhak mendapatkan beasiswa full yang meliputi:

  • Biaya pendaftaran mahasiswa baru
  • Biaya BOP untuk empat semester bagi mahasiswa kelas khusus malam, Biaya DP
  • Biaya pembelian buku, dan biaya penelitian karya akhir.