Promosi Doktor Program Pascasarjana Ilmu Manajemen : Salusra Widya

IMG_6105Senin, 6 Juli 2015 Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI menyelenggarakan sidang terbuka dalam rangka penganugerahan gelar Doktor Program Pascasarjana Ilmu Manajemen (PPIM) di bidang Manajemen Strategi kepada Salusra Widya. Acara dilaksanakan di Gedung Pascasarjana Gedung Pascasarjana FEB UI Lantai.4 Kampus UI Depok dengan judul disertasi “Dynamic Capabilities dan Entrepreneurship pada Organisasi Pemerintah”.

Dalam riset ini mengupas tentang Penelitian ini menggunakan pendekatan Dynamic Capabilities dan Entrepreneurship dalam menganalisis pengaruh lingkungan dan faktor Organisasi terhadap pembentukan kinerja pada organisasi pemerintah. Penggunaan secara bersama konsep Dynamic Capabilities dan Entrepreneurship, dan belum dilakukan pada organisasi publik, Karena organisasi pemerintah memiliki tugas yang spesifik pada bidangnya, atau adanya spesialisasi, akan terjadi eksternalitas dan adanya tujuan bersama antar organisasi, maka diperlukan adanya Koordinasi untuk pencapaian Kinerja yag optimal.

Dalam penelitian diuji sepuluh hipotesis atas hubungan enam variable penelitian, yaitu Faktor Organisasi, Lingkungan, Dynamic Capabilities, Entrepreneurial Orientation, Koordinasi, dan Kinerja. Penelitian dilakukan terhadap unit organisasi Pemerintah tingkat eselon dua, atau level manajer menegah, pada sembilan Kementerian yang bertugas di bidang infrastruktur, melalui survei pada bulan Juni – Juli 2014. Analisis terhadap 138 unit organisasi yang menjadi sample penelitian dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM).

Berdasarkan hasil analisis, penggunaan konsep Dynamic Capabilities dan Entrepreneurship secara bersamaan dan saling melengkapi dapat dijalankan, dan model dapat diterapkan pada organisasi Pemerintah. Pola pembentukan Kinerja yang signifikan adalah Faktor Organisasi mempengaruhi Dynamic Capabilities dan Entrepereneurial Orientation, dimana Dynamic Capabilities secara simultan juga mempengaruhi Entrepreneurial Orientation, kemudian Entrepreneurial Orientation mempengaruhi Kinerja. Hal ini mengindikasikan bahwa pada unit organisasi Pemerintah level menengah, karena lebih focus pada rencana, governance, dan akuntabilitas, bagwa: (1) Faktor Organisasi yang dimiliki berkontribusi pada kemampuan Dynamic Capabilities dan Entrepreneurship yang meningkatkan Kinerja unit organisasi, (2) perubahan Lingkungan tidak segera membuat unit organisasi dapat merubah strateginya atau merealokasi resources dan capabilities yang dimilikinya, dan (3) belum signifikan membangun Koordinasi aktif dengan unit organisasi lain untuk meningkatkan Kinerja. Agar Kinerja organisasi Pemerintah dapat lebih ditingkatkan, diperlukan perhatian pada (1) masalah kewenangan dan prosedur pengambilan keputusan untuk melakukan perubahan strategi pelaksanaan kegiatan, (2) mekanisme Koordiansi dan perubahan strategi pelaksanaan sebagai bagian dari perencanaan kegiatan, dan (3) masalah pengukuran Kinerja organisasi.

Kata kunci: dynamic capabilities, entrepreneurship, entrepreneurial orientation, faktor organisasi, governance, kinerja, koordinasi, lingkungan, organisasi pemerintah, Resource Base View, SEM, spesialisasi, strategi, strategic entrepreneurship.

IMG_6095 IMG_6139  IMG_6104